Inilah 10 Universitas Paling Keren di Sumatra

Universitas terkeren ga cuma di Pulau Jawa aja lho. Beberapa universitas di Pulau Suwarnabhumi, Sumatra juga keren-keren dan memiliki kilau prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Ranking universitas terkeren kali ini diambil berdasarkan dua sumber. Yang pertama adalah reputasi universitas tersebut di berbagai website internasional, seperti QS ranking, 4ICU dan Webometrics.

Sumber kedua berasal dari prestasi yang udah diraih universitas-universitas tersebut di level nasional dan internasional.


Langsung saja, berikut daftarnya:

1. Universitas Sriwijaya (UNSRI)



Universitas Sriwijaya merupakan salah satu universitas yang terkemuka di Indonesia khususnya di Sumatra. Universitas ini didirikan pada tanggal 29 Oktober 1960.

Universitas ini memiliki 2 lokasi kampus yang terletak di Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, provinsi Sumatra Selatan.

Saat ini Universitas Sriwijaya memiliki 10 fakultas yaitu fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Pertanian, Keguruan dan ilmu pendidikan, Ilmu sosial dan Politik, MIPA, Ilmu Komputer dan fakultas kesehatan masyarakat.

Soal prestasi, beberapa waktu yang lalu mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Fasilkom Unsri) kembali menorehkan prestasi di kompetisi nasional. Mahasiswa dari Jurusan Sistem Informasi (Susilo Giono, Muslim, dan Nur Ayu Wulantari) meraih prestasi juara Pertama pada lomba Web Development Competition. Kompetisi ini berlangsung pada 31 Mei 2014 lalu di Universitas Binus Jakarta.

Tidak hanya itu, di Kontes Robot Nasional tahun 2014 tim Cyber Rimau dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanggal 24 – 27 Juni 2014 yang lalu berhasil meraih kemenangan juga.

Mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro (Abdi Prsetyo, dan Prawzach Gari Papang) meraih prestasi juara Ketiga pada Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) divisi berkaki. Ga kalah deh sama ITB.

UNSRI saat ini juga berhasil menduduki ranking tertinggi versi Webometrics untuk kategori Universitas di Sumatra, dengan mengamankan peringkat ke 2.122. Peringkat pertama di Sumatra juga diraih oleh UNSRI dalam ranking versi 4ICU, di mana institusi ini berada di peringkat ke-19 nasional.


2. Universitas Sumatra Utara (USU)



Karena reputasi dan prestasinya, banyak yang beranggapan (termasuk beberapa tim redaksi) Universitas Sumatra Utara layak menduduki peringkat pertama dalam daftar ini.

Universitas Sumatra Utara (USU) merupakan salah satu universitas di Sumatra yang didirikan pada 20 November 1957. Universitas yang beralamat di Jl. Dr. T. Mansur No. 9, Padang Bulan, Medan ini merupakan universitas pertama di pulau Sumatra yang mempunyai Fakultas Kedokteran lho.

Dengan usia yang telah lebih dari setengah abad tidak dapat disangkal bahwa Universitas Sumatra Utara telah menjadi salah satu universitas yang sangat disegani di Sumatra bahkan nasional.

Baru-baru ini mahasiswa USU Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berhasil meraih medali dalam ajang Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) 2014 yang diselenggarakan di Semarang akhir Mei 2014 lalu.

Raihan medali tersebut terdiri dari satu medali emas yang diraih oleh Riris Delima Purba, Perak diraih oleh Stevens Taniwan, Perunggu diraih Muhammad Lintar Gardika dan Rico Situmeang serta medali harapan untuk Chandra Oktavianus Debataraja.

Selain itu, Tim Horas USU juga meraih juara internasional dalam kompetisi merakit mobil pick-up di ajang Sheel Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina.

Tim Horas USU ini meraih juara I bahan bakar ethanol dan juara II bahan bakar diesel dalam lomba mobil rakitan teririt.

Bisa tuh prototipe-nya di aplikasikan di negeri sendiri.



3. Universitas Riau



Berdiri di tahun 1962, universitas ini memiliki reputasi yang bagus di Pulau Sumatra. Tak hanya memiliki kualitas akademik yang mengagumkan, UR juga aktif berperan dalam berbagai proyek kemasyarakatan, bekerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah. Universitas Riau memiliki sejarah yang cukup panjang dan sudah mengalami berbagai transformasi sebelum mencapai bentuknya seperti sekarang ini.

Beberapa prestasi membanggakan yang sudah didapatkan oleh Universitas Riau antara lain adalah juara I Orasi Ilmiah 2007, JUARA 1 QUANTUM PRESENTATION FMIPA 2011, dan peringkat 2 tingkat nasional Stan untuk kategori produk terinovatif tahun 2008.



3. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)



Peringkat ketiga dalam daftar ini dibagi dua, antara UNRI dan UNSYIAH. Universitas Syiah Kuala adalah universitas negeri tertua yang berada di Banda Aceh tepatnya di Kota Pelajar dan Mahasiswa Darussalam. Universitas ini berdiri sejak 2 Juni 1961. Universitas ini juga menawarkan kualitas pendidikan yang berkualitas dan modern.

Prestasi? Jangan salah, mahasiswa universitas ini kembali meraih gelar juara pada Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2014 di Semarang, 20-24 Mei 2014. Kali ini, Unsyiah berhasil menjadi tiga terbaik dan berhak memperoleh medali perunggu.

Medali perunggu untuk Unsyiah tersebut diraih Ade Agus Hidayat, mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas MIPA. Prestasi ini menjadikan Unsyiah sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menjaga tradisi selalu meraih medali setiap tahun ajang lomba bergengsi bidang sains tersebut diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).


4. Universitas Bengkulu (UNIB)



Perguruan tinggi ini terletak di Bengkulu, yang didirikan pada tanggal 24 April tahun 1982. Kampus UNIB terletak di 3 lokasi berbeda yaitu di Rawa Makmur, Cimanuk dan Air Sebakul.

Fyi, universitas ini masuk kedalam 50 universitas terbaik di Indonesia versi Direktorat Jendarl Pendidikan Tinggi. Sehingga tidak salah jika universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di Sumatra.

Untuk program studi, Universitas Bengkulu menawarkan program sarjana, diploma dan pasca sarjana.

Tanggal 15 sampai 17 November 2013 lalu, tim Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, berhasil menorehkan prestasi cukup membanggakan yaitu menjadi juara 7 pada lomba mobil hemat bahan bakar bertajuk Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Dirjen Dikti bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), berlangsung di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya.

Ga cuma itu, tim mahasiswa Unib juga berhasil meraih juara III dalam Proyek Sains kategori Rancang Bangun OSN Pertamina. Tim juara itu beranggotakan tiga orang yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik, yaitu Rudi Setiawan, Hari Harbeno, dan Sri Nugroho.


5. Universitas Andalas (UNAND)




Universitas Andalah adalah universitas tertua di luar pulau jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desembar 1955 oleh Wakil Presiden Muhammad Hatta.

Sejumlah perhargaan juga pernah didapat oleh universitas kebanggaan orang padang ini diantaranya Siti Khairani Elhakim, salah satu mahasiswi Unand meraih peringkat III Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Pertanian Nasional 2014.

Selain itu, kelompok Cinta Alam dan Lingkungan Hidup (KCA-LH) Rafflesia FMIPA Unand juga berhasil meraih juara III pada final kompetisi The Quarry Life Award 2014 pada tanggal 6 November 2014 di Cirebon. Judul penelitian yang diusung adalah “Bats Diversity in Disturbed Area in Quarry Cirebon, West Java, Indonesia”.

Final kompetisi penelitian tersebut juga dilaksanakan di 22 negara di dunia antara lain Australia, Jerman, Ceko, Ghana, Bulgaria, Benelux, Bosnia, Georgia, Kazakhstan, Indonesia, Amerika Utara, Tanzania, Rusia, Spanyol, Ukraina, UK dan Negara di Eropa Utara, dan lain-lain.

Universitas Andalas juga menjadi salah satu universitas yang paling banyak menawarkan pilihan fakultas kepada calon mahasiswanya. Terdapat 15 jurusan yang di tawarkan antara lain Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas MIPA serta Fakultas teknologi Pertanian.


6. Universitas Lampung (UNILA)



Universitas Lampung adalah universitas negeri pertama dan tertua di provinsi Lampung. Universitas yang beralamat di Jl. Sumantri Bojonegoro No.1 Rajabasa, Bandar Lampung ini didirikan pada tanggal 23 September 1965.

Saat ini Universitas Lampung memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam. Banyak juga yaa.

Dengan Banyaknya fakultas yang ditawarkan serta kulitas pendidikan yang mumpuni tidak salah jika Universitas Lampung dimasukan dalam kategori daftar 10 universitas terbaik di Sumatra.

Salah satu prestasi yang diraih oleh universitas ini datang dari Fakultas Hukum Unila. Fakultas Hukum Unila meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia dengan kategori sosialisasi sekolah anti korupsi. Ini adalah pencapaian yang diraih oleh UKM Fakultas Mahasiswa Pengkaji Masalah Hukum (UKMF Mahkamah). UKMF ini telah menyosialisasikan anti korupsi kepada 130 sekolah di Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia. Awesome!

Selain itu, Tri Sujarwo, mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) lolos dalam program pelatihan inisiatif anak muda dan perubahan sosial dan konsultasi nasional. Pelatihan bertema “Youth Initiative and Civic Engagement” diselenggarakan oleh organisasi Pamflet bekerja sama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Unila juga dikenal sebagai “rajanya” kontes robotik nasional, lho.


7. Universitas Negeri Medan (UNIMED)


Universitas Negeri Medan adalah salah satu Universitas yang didirikan pada tanggal 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan.

Saat ini kampus Universitas Negeri Medan berlokasi di Jl. Pasar V Medan Estate, Kecamatan Medan Tembung, Medan. Mahasiswa di Unimed juga tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga berasal dari negara tetangga khususnya Malaysia. Hali ini membuktikan bahwa Unimed telah menjadi salah satu universitas terbaik di Sumatra.

Salah satu mahasiswi Unimed, Sri Hayuni meraih Juara II dalam Olimpiade Sains Nasional Pertamina bidang Biologi.


8. Universitas Negeri Padang (UNP)



Universitas Negeri Padang adalah salah satu universitas yang berada di Padang, Sumatra Barat. Universitas ini berdiri pada tangggal 8 Januari 1997.

Pada tahun 2011 UNP menjadi salah satu dari 28 perguruan tinggi negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia atau 50 Promising Indonesian Universities. Hal ini tentunya semakin mengokohkan posisi UNP sebagai Universitas yang terkemuka baik di Sumatra maupun nasional.

Prestasi UNP juga tidak bisa dianggap enteng. Baru-baru ini, dua mahasiswa Universitas Negeri Padang, Syafriko Yuliusman dan Aga Tasrifan meraih posisi bergengsi dalam National University Debate Championship (NUDC) yang merupakan program debat berbahasa Inggris Tingkat Nasional yang diselenggarakan secara rutin oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti).


9. Universitas Bangka Belitung (UBB)




Universitas Bangka Belitung adalah perguruan tinggi negeri di Kepulauan Bangka Belitung yang didirikan pada tangggal 12 April 2006.

Saat ini Universitas Bangka Belitung memiliki 5 fakultas pilihan yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

UBB juga menampilkan kilaunya juga dalam “Pemilihan Puteri Indonesia Bangka Tengah” dan “Pemilihan Bujang Dayang Bangka Tengah 2014?.

Beberapa mahasiswi Universitas Bangka Belitung Fakultas Ekonomi ini berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya Meita Purnama (Puteri Intelegensia sekaligus Runner Up 1 Puteri Indonesia daerah Bangka Tengah 2014), Monica Agustin (Puteri Indonesia Berbakat daerah Bangka Tengah), Elvira (Puteri Indonesia Pariwisata daerah Bangka Tengah), Meri Agustian (Dayang Persahabatan daerah Bangka Tengah 2014), serta Dwi Regita (Dayang Pariwisata daerah Bangka Tengah 2014).


10. Universitas Jambi (UNJA)



Universitas Jambi adalah sebuah universitas yang didirikan pada tanggal 23 Maret 1963, sekaligus merupakan universitas yang terkemuka di Sumatra.

Sampai saat ini Universitas Jambi memiliki 10 Fakultas terbaik yang ditawarkan kepada setiap calon mahasiswa. 10 fakultas tersebut antara lain adalah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sains dan teknologi serta Fakultas teknologi Pertanian.

Universitas Jambi juga memiliki banyak prestasi yang cukup membanggakan juga. Beberapa waktu yang lalu, atlit putri panahan Nopri Sumandari mahasiswi Program Studi Forkes Unja berhasil mengharumkan nama Universitas Jambi dan Provinsi Jambi pada kancah nasional dengan berhasil meraih medali perunggu cabor panahan.

Yup, itu tadi adalah 10 universitas terkeren se-Sumatra versi areaKAMPUS.com. Apa universitasmu masuk kategori? Jangan ragu untuk merekomendasikan universitas lain ke dalam daftar ini.

Menurutmu, universitas manakah yang layak menyandang gelar sebagai yang terbaik di Sumatra?
========================================================================

Halo mahasiswa Sumatra, kami punya info menarik buat kamu.

Kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan lancar? Ingin mendapatkan skor TOEFL tinggi untuk melamar beasiswa S-2 di luar negeri? Kami punya solusi untukmu. Berikut produk revolusioner kami:

Baca ini, kamu pasti dapat skor TOEFL 600!
Dijamin 100%! Jika tidak, uang kembali 100%!


Dengan TOEFL Killer ini, kamu bisa...

  • Mendapat skor TOEFL minimal 600, kami jamin!
  • Nggak sekedar menjamin, uangmu akan kami kembalikan 100% kalau tidak puas. 
  • Kamu bisa menghemat biaya kursus yang mencapai jutaan rupiah. Ya, dengan ebook "TOEFL Killer" ini kamu bisa mendapat skor 600, tanpa perlu kursus. Cukup belajar sendiri.
  • Udah punya skor TOEFL 600? Mau melamar beasiswa ke negara manapun jadi gampang banget. Tinggal pilih negaranya. Mau di Eropa? Amerika Serikat? Australia? atau di negara-negara Asia? 
  • Dengan skor TOEFL 600, kamu jadi makin pede saat melamar pekerjaan. Nggak cuma di perusahaan-perusahaan besar Indonesia, dengan skor TOEFL setinggi itu, perusahaan multi nasional juga akan menganggapmu sebagai kandidat yang kuat. Tentu, kamu juga akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar.


Apa saja isi TOEFL Killer?

Paket TOEFL Killer terdiri dari buku setebal 302 halaman dan sebuah DVD berisi ebook dan DVD tutorial TOEFL.

Dalam ebook dengan total 500 halaman dan video TOEFL berdurasi 8 jam yang tidak membosankan ini, kamu akan mendapat bocoran supeeeerrr lengkap mengenai  listening, structure and written expression, reading comprehension, writng, dan tips serta strategi lainnya baik secara teknis maupun psikologis.

Siapa penulisnya?

TOEFL Killer ditulis oleh tim Inspira Research Center. Inspira telah melakukan riset selama 8 tahun untuk menemukan formula paling cerdas menaklukkan tes TOEFL. Tak hanya itu, tim Inspira Research Center juga telah memiliki pengalaman menghasilkan buku-buku di dunia pendidikan, salah satunya adalah "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN) yang sudah membantu banyak mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di negeri asing.



Tak hanya itu, Inspira Research Center juga bekerjasama dengan "Mr. TOEFL" Tonee Emti untuk menulis buku ini. Mr. Tonee sudah berkecimpung dalam dunia pendidikan bahasa Inggris lebih dari 15 tahun. Ia juga merupakan owner dari Albibek Smart English dan sudah berkeliling ke puluhan kampus di berbagai penjuru Indonesia untuk memberikan pelatihan TOEFL. Di setiap pelatihananya, ia memberikan garansi kepuasan nilai TOEFL tinggi untuk setiap peserta.

Dijamin, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa saat membaca buku ini!

Berapa harganya?

Tanyakan dulu, berapa kerugian kamu kalau nggak baca buku ini?
Kalau nggak tahu caranya, kursus TOEFL bisa habis jutaan rupiah per bulan.
Bolak-balik ke tempat les cuma buang-buang waktu.
Beli buku satu per satu di toko, bisa habis jutaan! Padahal bukunya belum tentu bagus dan sesuai.
Ikut tes berkali-kali tanpa informasi yang komprehensif dan pola sukses, rugi umur! Nggak terhitung harganya.

Cukup dengan Rp 158.000, peluangmu untuk mendapatkan skor tinggi dalam tes TOEFL akan meningkat 100%. 


Murah banget ya harganya?

Selain itu, masih ada bonus gila-gilaan yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut. 

Ebook bonus: Tips teknis (Grammar, Vocabulary, Phrase, Idioms, dan kisah sukses peraih TOEFL) senilai Rp 100.000,00
100+ Infografis TOEFL senilai Rp 100.000,00
Bank soal: 1000+ soal TOEFL senilai Rp 150.000,00

Total bonusnya senilai Rp. 350.000,00


ADA LAGI, BONUS SPESIAL INSPIRA CERIA:



Beli produk Inspira Book setiap minggunya  (Periode 15 Sept '15 - 15 Januari '16) kamu akan mendapatkan :
  • Kesempatan mengikuti undian 1 Paket Liburan Singapore (diundi setiap minggu)
  • Kesempatan mengikuti undian 3 Paspor untuk 3 orang (diundi setiap minggu)
  • Kesempatan memenangkan undian Coaching Clinic senilai 1,6 juta (diundi setiap hari)
  • 20 buku LPDP / Kuliah di Inggris diundi setiap hari.
Sudah banyak yang mendapat hadiahnya di periode pertama. Ayo, kamu juga pasti bisa!

Naely Syarifah, mahasiswa Yogya lulusan UGM yang berhasil mendapat Grand Prize Inspira Ceria


Kapan lagi bisa dapat buku TOEFL berkualitas seharga Rp. 158 ribu, dapat bonusnya senilai Rp 350 ribu! Belum lagi, ada jaminan kepuasan uang kembali!


Bagaimana cara pemesanannya?


Untuk pemesanan, silakan klik saja tombol "Beli Sekarang" di bawah ini. Silakan kontak HP atau LINE di bawah jika kamu ingin bertanya lebih jauh mengenai TOEFL Killer dengan customer service kami.

HARGA 
Paket Lengkap TOEFL KILLER 
(BUKU + DVD):
Rp 158.000,-
*


SMS/WA : 0815-7357-1433

LINE: @inspirabook

official.inspirabook@gmail.com · www.kuliahabroad.com

Jl. Langenarjan Lor No. 12 Yogyakarta

Telp: 0274-411862





Scroll To Top