[WOW] Ruang Pesta Bawah Air Rahasia!



Berjalan jauh ke dalam hutan dekat Desa Witley di Surrey, Inggris, kamu akan menemukan sebuah harta karun. Petunjuk untuk pergi ke sana kira-kira begini: Berjalanlah satu mil dan seperempat barat, ke hutan yang telah lama diabaikan. Cari dinding batu yang mengelilingi sebuah kebun dapur. Di sana, kamu akan menemukan sebuah bangunan kecil dengan pintu melengkung. Masuk ke dalam, turuni tangga spiral, dan berjalan menyusuri terowongan panjang sampai akhir. Tidak ada "X" yang menandai harta karun ini, tetapi kamu akan tahu bahwa kamu telah menemukan itu. Sekarang kamu dalam sebuah ruangan dengan langit-langit berbentuk kubah terbuat dari kaca, cahaya kuning lembut menyelinap masuk melalui air di atas. Selamat datang di ruang pesta (ballroom) tersembunyi Whitaker Wright, yang terendam jauh di bawah danau berair keruh.


Ruang ini akan dianggap luar biasa sebagaimana yang orang-orang pikirkan setelah melihatnya, tapi tidak begitu dikenal. Dibangun sekitar pergantian abad, ruang ballroom/merokok era Victoria ini hanyalah salah satu bagian dari 32 ruangan neo-Tudor yang terabaikan dibandingkan danaunya. Satu-satunya petunjuk tentang keberadaan ballroom yang terendam air ini adalah patung Neptunus yang berdiri di atas, sehingga tampak berjalan di atas air.



Whitaker Wright merupakan rekan yang sangat menarik. Dia memiliki uang jutaan yang didapatkan melalui serangkaian penawaran spekulatif yang membentang di seluruh dunia, sering meninggalkan kekayaannya, pendukung masyarakat kalangan atas dengan apa-apa yang menunjukkan keterlibatan mereka.

Pada tahun 1903, di tengah-tengah serangkaian kegagalan keuangan yang spektakuler, surat perintah dikeluarkan untuk penangkapannya. Wright adalah tidak dapat ditemukan di manapun. Bagaimanapun, dia melarikan diri ke New York selama empat hari sebelumnya dengan nama palsu. Setelah pertempuran ekstradisi panjang, ia kembali ke Inggris dan mencoba pada tahun 1904. Ditemukan bahwa ia telah menghabiskan £ 5.000.000 uang investor (sekitar £ 400,000,000 sekarang), dan juga memiliki hutang hingga £ 3.000.000 - sebagian besar uang digunakan untuk properti mewahnya.



Whitaker Wright meninggalkan dunia dengan cukup spektakuler sebagaimana saat dia masih hidup di dalamnya. Detik-detik setelah dihukum tujuh tahun penjara karena memalsukan neraca, ia berjalan keluar dari ruang sidang, merokok cerutu, dan kemudian pergi ke kamar mandi. Di sana ia menelan kapsul sianida dan mati dalam hitungan menit.

Sekarang, properti Wright adalah bayangan dari diri sosok pendirinya. Rumah besarnya jatuh dalam kerusakan segera setelah kematiannya, kemudian terbakar pada tahun 1952 dan sudah diruntuhkan. Ballroom bawah airnya masih tetap ada - pengingat bahwa pernah ada seorang pria yang hidup di sana.




Penulis: Esmeraldah Prasetya

Scroll To Top