[WOW] Platform & Konsol Game Paling Sukses Sepanjang Masa

Dunia game merupakan satu lingkup hobi yang sangat populer dengan banyak sekali orang yang berinteraksi didalamnya. Dari pertama kali dimunculkannya konsol atau platform untuk bermain game hingga saat ini, sudah sangat banyak inovasi - inovasi serta teknologi - teknologi yang tercipta demi menuju pengalaman bermain game yang lebih memuaskan. Peningkatan di berbagai hal serta pengembangan game - game jenis baru selalu mewarnai perkembangan dunia game. Berikut ini ada 10 konsol serta platform game yang sangat sukses pada masanya.


10. Apple Mobile Platform - 2007

Bersamaan dengan dimunculkannya Apple iPhone, platform mobile gaming mulai berkembang menjadi lebih bagus. Layar yang lebih luas dengan kontrol yang lebih baik menjadi kunci pengembangan mobile gaming serta menjadi tonggak kepopuleran dari platform gaming di Apple. Beberapa judul yang terkenal diantaranya Street Fighter IV for iPhone, Scrabble HD, serta Mirror's Edge.



9. Atari 2600 - 1977

Konsol game bernama Atari 2600  ini merupakan ccikal bakal dari konsol game modern yang ada saat ini. Dengan kemasan panel kayu yang sangat stylish pada zamannya serta dilengkapi dengan dua kontroller menjadikan Atari 2600 sangat dikenal pada masanya. Kesuksesannya diteruskan oleh seri Atari 5600 dan juga Atari 7800 namun ketika menyebutkan nama Atari maka yang akan langsung muncul dibenak orang - orang adalah Atari 2600. Beberapa game populernya meliputi Pitfall, Frogger, dan juga Yar's Revenge.



8. Nintendo Gameboy - 1989

Dirilis pada tahun 1989, Nintendo Gameboy pada awalnya disebut - sebut sebagai satu kegagalan. Ukuran yang besar, warna kehijauan dari layarnya, serta penggunaan 4 buah baterai AA adalah penyebab kegagalan Nintendo Gameboy. Namun, harga yang murah yaitu $89 dibanding kompetitornya seperti Sega Game Gear serta Atari Lynx membuat Gameboy cukup mendapat penggemar. Didukung pula oleh judul - judul game yang ternyata memikat seperti Super Mario Land, Tetris, serta Pokemon sehingga Nintendo Gameboy pada akhirnya justru menjadi salah satu platform atau konsol game paling sukses dan populer sepanjang masa.



7. Neo Geo Advanced Entertainment - 1990

Pada dasarnya Neo Geo Advanced Entertainment merupakan versi rumahan dari SNK versi arcade. Sistem ini merupakan penghancur dari semua sistem game 16-bit yang muncul pada era 1990an. Meski harganya mahal, $649 untuk konsolnya serta $200 untuk cartridge gamenya, grafis yang luar biasa serta kualitas audio yang mantab mampu menaikkan pamor Neo Geo Advanced Entertainment. Beberapa judul gamenya yang terkenal meliputi Metal Slug 3, King of Fighters 98, dan juga Garou: Mark of the Wolves.



6. Sony PlayStation - 1994

Konsep dasar Sony PlayStation yang merupakan konsol game berbasis CD sebenarnya bukan hal baru. Namun konsep dari game - gamenya yang lebih luas dengan menampilkan sisi yang lebih kelam dan dewasa itulah yang membuat Sony PlayStation lebih terkenal dan sukses. Judul - judul game seperti Metal Gear Solid, Xenogears, serta Resident Evil 2 merupakan sedikit dari sekian banyak game PlayStation yang populer di kalangan para gamer.



5. Platform PC Engine - 1987

Konsl ini merupakan hasil kerjasama antara NEC dan Hudson Soft guna menjatuhkan Nintendo Entertainment System dari posisi terbaik konsol game saat itu. Meski tidak berhasil mengalahkan NES, namun platform ini terbukti menjadi satu produk yang sukses di pasar karena merupakan konsol game pertama yang berbasis CD. Dengan penggunaan CD maka game - game yang bisa dibuat mampu menampung detil yang lebih bagus baik dalam hal visual maupun audio. Dracula X: Rondo of Blood, PC Genjin 2, serta Lords of Thunder merupakan sedikit dari judul - judul yang populer di konsol ini.



4. Sega Genesis - 1989

Sega mengeluarkan konsol ini untuk beradu dengan Super NES dalam segmen komsol game 16-bit. Meskipun cenderung inferior dibanding Super NES namun beberapa hal mampu mendongkrak popularitas konsol ini. Dalam hal game, diizinkannya Mortal Kombat yang terkenal berdarah - darah untuk dirilis di Sega Genesis memang mendongkrak popularitasnya. Game - game seperti Sonic The Hedgehog 2, Gunstar Heroes, serta Street of Rage 2 adalah beberapa game yang populer di Sega Genesis.



3. Microsoft Xbox 360 - 2005

Meskipun dalam hal jumlah dan jenis game serta hardware dari Xbox 360 tidak terbilang luar biasa, namun satu fitur yang menjadikan konsol ini sukses besar adalah fitur Xbox Live. Konsep dasar untuk membawa online gaming kedalam lingkup konsol, yang sebelumnya diasosiasikan dengan game offline, merupaka ide yang brilian. Terbukti dari respon yang luar biasa besar dari komunitas - komunitas game yang menjadikan Xbox 360 semakin populer. Ditambah lagi dengan eberapa judul game yang eksklusif hanya ada di Xbox 360 yang semakin meningkatkan popularitasnya.Beberapa game yang populer diantaranya Mass Effect 2, Alan Wake, serta Halo 3.



2. Nintendo Entertainment System - 1985

Bisa dibilang, di akhir era 80an, konsol inilah yang mampu merubah setiap anak kecil menjadi seorang gamer. Dalam hal variasi game yang tersedia, NES merupakan satu yang paling banyak serta paling beraneka ragam. Berbagai judul game dalam berbagai genre tersedia untuk dimainkan. Satu judul yang paling legendaris tentunya adalah Super Mario Bros yang bahkan masih dikenal dan terus dikembangkan sampai saat ini. Super Mario Bros, The Legend of Zelda, serta Megaman 2 merupakan judul - judul game populer di NES.



1. Sega Dreamcast - 1999

Satu hal yang sangat disesalkan dari Dreamcast adalah fakta bahwa konsol ini terlalu cepat ditarik dan menghilang dari dunia game. Dianggap sebagai puncak keberhasilan Sega dalam menghasilkan konsol game dengan variasi game yang luar biasa banyak serta inovasi - inovasi teknik yang betul - betul baru. Cikal bakal online gaming dari konsol juga sudah disertakan dengan tambahan fitur Ethernet. Bagi sebagian gamer yang sempat memainkan konsol ini, Dreamcast memang satu yang terbaik. Game seperti Street Fighter III: Third Strike, Gigawing, Chu Chu Rocket, serta Marvel vs Capcom 2 merupakan beberapa game yang terkenal di Dreamcast. Hanya satu setengah tahun setelah debutnya, Dreamcast ditarik oleh Sega karena masalah keuangan dalam perusahaan serta ketertarikan para gamer akan konsol baru dari Sony pada saat itu yaitu PlayStation 2.



Dengan mengetahui konsol serta platform tersebut, kita yang sekarang menikmati game - game modern paling tidak akan sedikit memahami perkembangan dunia game itu sendiri. Bagi yang pernah memainkan satu atau bahkan beberapa konsol tersebut tentunya masih ingat betapa serunya memainkan game - game dahulu kala bersama teman - teman di hari libur. Faktanya, hanya sedikit dari game - game modern yang mampu memberikan sensasi luar biasa ketika memainkan game.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top