[FOR YOU GAMERS] 25 Game yang Sayang untuk Diselesaikan dalam Waktu Singkat

Dari awal konsol atau sistem game diciptakan sampai saat ini tentunya sudah ada banyak sekali game dalam berbagai genre dan jenis.Satu genre game yang sangat menarik untuk dimainkan bahkan dalam waktu yang lama adalah game berjenis free-roam. 

Pada dasarnya dalam game jenis ini para pemain dapat semaunya berkeliling dan melakukan berbagai macam hal disamping tentunya ada misi - misi utama untuk dimainkan. 

Jadi, sebenarnya game - game jenis ini dapat juga diselesaikan dalam waktu singkat. Namun, para pemain cenderung menghabiskan waktu lama dalam memainkannya. Berikut ini adalah 25 judul game free-roam yang sangat menarik untuk dimainkan.


25. Driver San Francisco

Pada dasarnya ini merupakan satu game balap. Namun, sisi free-roam berhasil ditampilkan dengan luar biasa menarik oleh game ini. Berlatarkan kota San Francisco, atmosfer serta layout dari kota tersebut sangat terasa dan terlihat sembari para pemain berpindah - pindah dari satu pengendara mobil ke pengendara lain untuk sekedar menikmati kota tersebut.




24. Dead Island

Satu game yang bisa dibilang tanpa rival sebagai game free-roam yang berhubungan dengan zombie. Berlatarkan keindahan resort satu pulau yang menjadi tempat tujuan wisata, perjuangan melawan ribuan zombie akan terasa sangat menyenangkan dengan luasnya area untuk dijelajah dan banyaknya benda yang bisa dirubah menjadi senjata mematikan.




23. Infamous: Second Son

Keberhasilan dari pengembang game dalam menciptakan edisi virtual dari kota Seattle dengan berbagai lokasi ikonik serta atmosfer khas kota itu sendiri merupakan satu nilai jual dari game ini.




22. Kingdoms of Amalur: Reckoning

Hampir tidak ada titik bosan ketika memainkan game ini. Satu dunia luas yang penuh dengan misteri, petualangan, serta magic yang sebagian besar tidak terduga. Pada dasarnya pemain justru bisa mengesampingkan misi utama dan menikmati berbagai misi sampingan yang tersedia sembari berinteraksi dengan dunia yang luar biasa dari game ini.




21. Crackdown

Disamping misi - misi utama dari game ini yang harus diselesaikan oleh para pemain, terdapat juga banyak hal menyenangkan yang bisa didapat pemain hanya dengan ber keliling Pacific City yang merupakan latar game ini. Pada dasarnya misi utama menjadi orang baik dapat diselingi dengan hal - hal rusuh dan menjadi orang jahat yang terasa menyenangkan dalam game ini.




20. Ultima VII

Game ini merupakan satu dari sekian game karya bapak game RPG modern yang bernama Richard Garriot. Satu dunia yang cukup luas bernama Britannia disediakan bagi para pemain yang dapat melakukan apapun namun akan ada konsekuensi yang muncul dari setiap tindakan tersebut.




19. Arcanum

Berbagai jenis makhluk hidup seperti elf serta orc berinteraksi dengan manusia di game ini. Bertemakan satu pertemuan antara industrialisasi dari masa depan dan magic dari masa lalu, berkeliaran dalam dunia game ini sangatlah menyenangkan apalagi mengingat game ini merupakan game RPG pertama.




18. GTA: San Andreas

Satu judul populer dan ikonik dari seri GTA. Bahkan beberapa seri yang keluar setelah game ini pun justru kalah luas dalam hal dunia gamenya. Interaksi yang tidak terbatas yang dapat dilakukan pemain disamping misi - misi utama untuk dimenangkan merupakan daya tarik luar biasa dari game ini.




17. Xenoblade Chronicles

Tidak ada kata yang tepat untuk menggambarkan game ini karena memang terlalu banyak aspek yang uar biasa menarik dalam satu kemasan JRPG dari Xemoblade Chronicles. Karakter yang dapat dirubah sesuai selera, cerita yang penuh intrik, serta dunia yang terlihat sangat rapi dan sempurna hanyalah sedikit dari yang ditawarkan game ini.




16. Borderlands 2

Berlatar di satu planet bernama Pandora dengan berbagai variasi dari karakter - karakter yang ada serta daerah - daerah yang berbeda, game ini dapat sangat memikat untuk dimainkan dalam waktu yang lama. Meskipun  misi - misi utamanya bisa diselesaikan dengan sangat cepat, sangat sayang untuk melewatkan hal - hal menarik lain yang ada di game ini.




15. Burnout Paradise

Satu dari sedikit game balap yang mengusung tema free-roam atau open-world dimana pemain dapat dengan bebas berkeliaran dijalanan dan bahkan mencoba tantangan - tantangan yang disediakan. Intinya, setiap sudut kota menyediakan tantangan yang berbeda dan sangat sayang dilewatkan di Burnout paradise.




14. Batman: Arkham City

Meneruskan kesuksesan seri pertamanya namun dengan satu gebrakan luar biasa yaitu membawa konsep free-roam dengan latar kota yang cukup luas. Misi - misi sampingan serta tantangan - tantangan dengan bonus - bonus menarik tersedia untuk dimainkan pemain dalam game ini.




13. STALKER: Shadow of Chernobyl

Atmosfer adalah satu hal yang diunggulkan dari seri game STALKER. Bertemakan survival dengan tipe FPS, atmosfer khas dari STALKER sebagai game horor free-roam sangatlah terasa. Berbagai jenis makhluk berkeliaran di dan siap menghabisi karakter para pemain kapan saja.




12. Assassin's Creed 3

Berlatarkan Boston dan New York, stu dari seri game Assassin's Creed ini menjanjikan pengalaman luar biasa dalam menjelajahi area yang luas. Disamping misi utama yang harus dijalankan untuk menyelesaikan game ini, ada banyak misi sampingan yang juga berguna dalam menyelesaikan misi utamanya.




11. Fallout 3

Bethesda sebagai pengembang dari game ini pada dasarnya memberikan kesempatan bagi para pemain untuk menciptakan petualangan mereka sendiri. Dunia yang sagat luas dengan banyak interaksi yang bisa dilakukan serta berbagai hal yang bisa dinikmati tentunya menjadikan satu kombinasi yang luar biasa dari game free-roam.




10. Watch Dogs

Satu judul game yang relatif baru namun terbukti sangat menarik untuk dimainkan terus menerus. Diluar memainkan misi - misi utama yang berhubungan dengan aktivitas sebagai hacker, banyak hal lain yang juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan skill sebagai hacker.




9. Saints Row IV

Dalam Saints Row IV para pemain benar - benar diberikan kebebasan untuk melakukan apapun yang disukai. Tidak ada satu alur pasti yang harus diikuti oleh para pemain dalam game ini sehingga siapapun yang menyukai tipe game free-roam akan sangat menikmati game ini apalagi dengan banyak hal yang bisa dilakukan.




8. Fallout

Game ini merupakan satu dari game - game pertama yang menawarkan free-roam bagi para pemainnya. Disamping itu, sisi RPG dari Fallout juga terbukti berhasil dan dapat dibilang sebagai salah satu RPG paling sukses yang pernah dibuat.




7. Far Cry 3

Dengan konsep FPS yang dilengkapi dengan ide untuk berburu dan membuat berbagai macam benda dari hasil buruan serta berbagai sumber daya yang ada, Far Cry mampu memberikan keseimbangan juga dalam hal alur ceritanya.Akan ada banyak waktu tersedia untuk sekedar mencari satu hewan langka demi membuat satu benda dalam game ini.




6. Morrowind

Pada masanya game ini terbilang sangat langka dengan konsep free-roamnya. Pada dasarnya pemain dapat melakukan apapun, kapanpun, dan dimanapun. menjadi seorang ksatria atau mungkin pencuri bisa dilakukan dalam game ini.




5. Just Cause 2

Meskipun pada dasarnya cerita dari game ini tidaklah lama, namun luasnya area game ini beserta banyaknya misi sampingan serta interaksi yang bisa dilakukan membuat game ini sangat mungkin dimainkan sangat lama. Sisi free-roam sangat sayang untuk dilewatkan dari game yang berlatar di satu pulau tropis bernama Panau.




4. Red Dead Redemption

Seperti beberapa game lain dari Rockstar yang mengetengahkan sisi free-roam, game ini mencoba menggabungkan latar era Old West dengan mode free-roam yang menarik untuk diikuti seperti seri GTA. Akan menjadi satu pengalaman menarik tentunya untuk berkeliaran kemanapun di era Old West.




3. Minecraft

Kebebasan untuk bahkan menciptakan satu dunia game merupakan kunci utama dari kepopuleran game ini. Meskipun hanya menggunakan grafis jadul, namun tidak bisa dipungkiri justru itulah yang menarik banyak pemain game untuk menghabiskan waktunya memainkan game ini dan membangun istananya sendiri.




2. The Elder Scrolls V: Skyrim

Game ini merupakan seri kelima dari RPG buatan Bethesda yang bisa dibilang berada di puncak kesempurnaannya. Satu kata dari game ini adalah interaktif, itu juga yang menjadi senjata utama game ini sebagai game free-roam yang sangat menarik untuk dimainkan.




1. Grand Theft Auto IV

Satu kota yang begitu hidup bernama Liberty City berhasil digambarkan dengan sempurna oleh Rockstar. Berbagai hal yang mampu membuat kota ini lebih hidup dengan segala aspeknya terbukti mampu mengangkat seri GTA ke level berikutnya dari seri game - game free-roam. Saat ini, GTA IV merupakan seri game free-roam terbaik untuk dimainkan.





Itu tadi adalah judul - judul game free-roam yang menarik untuk dimainkan dalam waktu lama meskipun sebenarnya dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat. Berbagai hal serta interaksi yang ada dalam game - game tersebutlah yang menarik banyak pemain game dalam menhabiskan waktu lama memainkan game - game tersebut.



oleh Denal Sukna Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top