Wajib Baca! Anak Teater Pasti Identik dengan Hal-hal Ini

Klub teater menjadi pilihan yang menarik untuk beberapa mahasiswa. Di kelompok ini seseorang bisa mengekspresikan bakat beraktingnya dengan bebas tanpa ada batasan. Selain bisa menyalurkan hobi di wadah yang tepat, bergabung dengan klub teater juga bisa memperluas pergaulanmu dan membauat kamu semakin eksis di kampus. Teater juga membantu seseorang bisa mengembangkan kemampuan aktingnya dengan memberi kesempatan untuk menjajal beragam karakter yang berbeda. Nah, kali ini Pizna akan membahas hal-hal yang berhubungan dekat dengan mereka, anak-anak yang tergabung dalam klub teater. Simak yuk!



Hafalan naskah


Ini adalah hal wajib yang harus dilakukan pemain teater, menghafal naskah. Anak teater pasti sudah terbiasa menghafalkan deretan kata yang berlembar-lembar. Karena sudah terbiasa, mereka punya kemampuan menghafal yang lebih cepat dari teman-teman lainnya.


Latihan sampai malam


Supaya tampil maksimal, latihan juga harus maksimal. Anak teater sudah biasa pulang larut malam karena harus menyelesaikan latihan. Apalagi kalau sudah dekat dengan waktu pentas.


Percaya diri


Anak teater harus punya kepercayaan diri yang tinggi. Dia harus bisa membawakan karakternya dengan penuh keyakinan sehingga penonton bisa dengan mudah terbawa alur cerita. Kalau tidak percaya diri, mana mungkin bisa berdiri di atas panggung menghadap ribuan pasang mata penonton?


Demam panggung


Meskipun memiliki kepercayaan diri, anak teater juga bisa merasa gugup atau demam panggung. Ini sudah menjadi hal yang biasa apalagi di pementasan yang cukup besar. Setiap dari mereka biasanya memiliki cara masing-masing untuk mengatasi rasa gugup itu.


Lupa dialog


Namanya juga manusia biasa, meskipun sudah merasa menghafal dengan benar tetap saja ada kemungkinan untuk lupa. Lupa dialog seringkali dialami oleh anak teater baik ketika latihan atau saat tampil. Kalau sudah begini ya pintar-pintar saja melakukan improvisasi. Teman yang ada di satu panggung juga wajib untuk membantu supaya pementasan tetap berjalan lancar.


Riasan wajah


Riasan adalah faktor yang memperkuat karakter yang akan dibawakan oleh si pemain. Teman-teman yang tergabung dengan klub teater pasti sudah akrab dengan berbagai jenis riasan. Mungkin ada beberapa dari mereka yang sudah mahir merias wajah mereka sendiri.


Jago akting


Kalau yang satu ini ya sudah harga mati. Masa anak teater nggak jago akting? Meskipun tingkat kecanggihannya berbeda-beda, tapi setiap anak teater pasti bisa berakting. Jadi hati-hati ya, kalau punya pacar anak teater karena mungkin saja dia selalu berakting di depanmu.


Karakter khusus


Setiap anak teater pasti pernah memainkan sebuah karakter yang sangat khas dan kemudian menjadi ciri khasnya. Teman-teman di lingkungan kampus seringkali menjuluki dengan nama-nama karakter tertentu yang mereka mainkan.


Hobi tampil


Sebagian besar anak teater itu hobi tampil. Ini penting sih, kan pekerjaan mereka memang tampil di depan umum. Sifat ini juga membuat anak teater terpacu dan semangat untuk mendapatkan peran-peran tertentu dengan porsi cukup besar dan penting dalam sebuah pementasan.


Mendalami karakter


Selain jago menghafal naskah, anak teater juga jago melakukan pendalaman karakter. Ini penting lho untuk mereka yang akan membawakan karakter tertentu di sebuah pementasan. Anak teater wajib membuat penonton merasa bahwa karakter itu memang ada di dalam dirinya. Mereka juga harus mahir memainkan karakter yang berbeda-beda setiap pentas.


Jago improvisasi


Improvisasi adalah kemampuan yang harus diasah oleh anak teater. Jago berimprovisasi di atas panggung akan membuat si pemain tidak gugup dan panik ketika ada masalah seperti lupa dialog misalnya.

Adelina Mayang

Scroll To Top