[WAHH] 18 Karya Alam Wajib Dilihat


Keajaiban alam memang tidak ada duanya. Bagaimanapun manusia ingin membuat sesuatu yang indah, pasti tidak bisa mengalahkan menakjubkannya alam. Inilah daftar 18 karya alam yang wajib kamu masukkan dalam list jalan-jalanmu!

1. The Wave


Berlokasi di Utah, USA bebatuan ini tampak seperti gelombang ombak yang terbentuk dari bebatuan pada jaman purba dahulu yang bernama Navajo. Perkiraan umur dari bebatuan ini sendiri adalah 190 juta tahun. 

2. Door to Hell


Tempat ini berbentuk seperti sebuah kubangan, namun senantiasa mengeluarkan api terus menerus sepanjang masa. Door to Hell terbentuk dengan cara tidak sengaja karena manusia pernah melakukan kegiatan menggali sumber daya gas di wilayah Turkmenistan tersebut. 

3. Rainforest sinkhole


Terletak di Venezuela, tepatnya Jaua-Sarisarinama National Park, lubang ini memang terbentuk secara alami tanpa bantuan apapun dari manusia. 

4. The Puente del Inca


Berlokasi di Argentina, ini adalah sebuah batu alam yang ditutupi oleh jutaan bakteri bewarna kuning dan oranye. Bakteri-bakteri ini dapat muncul karena terdapat zat sulfur yang menutupi dinding bebatuan tersebut.

5. Bryce Amphitheatre 


Bebatuan ini terbentuk oleh karena erupsi alam. Kamu bisa mengunjungi Bryce Amphitheatre ini di Bryce Canyon National Park, Utah, Amerika Serikat.

6. Tufa Pinnacles


Salah satu keunikan dari tempat ini adalah aliran airnya yang tidak pernah keluar, tetapi hanya aliran masuk saja. Satu-satunya cara supaya jumlah volume air tersebut berkurang adalah melalui evaporasi. 

7. The Champagne Pool


Ini adalah sebuah kolam air panas dengan temperatur 74 derajat celcius. Juga, Champagne pool ini mengeluarkan gelembung-gelembung karena kandungan karbon dioksidanya yang tinggi. Jadi, jangan coba-coba untuk berendam di kolam ini, ya! 

8. Tsingy


Berlokasi di Ankarana National Park, Madagascar Utara, tempat ini merupakan sebuah perkumpulan batu kapur yang memukau untuk dilihat.

9. Badwater Salt Flats


Nampak seperti retakan-retakan bumi, tempat ini berlokasi di California, Amerika Serikat. Ini adalah tempat di Amerika yang berada dibawah 282 kaki dari permukaan laut. 

10. The Great Blue Hole 


Sebuah lubang selebar kapal selam pada tengah laut dengan kedalaman 407 kaki serta seluas 984 kaki. Lubang tersebut terbentuk secara bertahap pada saat “quatermary glaciation” 

11. Hiller Lake


Terletak dibagian barat Australia, para ilmuwan sendiri pun tak bisa menjelaskan kenapa warna danau ini bisa menjadi merah muda. Yang jelas, warna tersebut bukan disebabkan oleh ganggang.

12. Balls Pyramid

Ini merupakan tumpukan laut tertinggi di dunia, setinggi 562 meter. Terbentuk melalui proses geomorfologi yang alami, Balls Pyramid terletak di Pulau Lord Howe, New South Wales, Australia. Tidak ada satupun tangan manusia yang ikut campur dalam pembentukan lokasi tersebut. Waktu, angin, serta airlah yang sepenuhnya membentuk Balls Pyramid.

13. Elephant Rock


Berbentuk seperti gajah asli yang mempunyai belalai panjang, batu tersebut terletak di Valley of Fire State Park, Nevada, Amerika Serikat. 

14. Crater Lake 


Danau tersebut terbentuk pada 150 tahun lalu akibat runtuhnya Gunung Mazama di Oregon, Amerika Serikat.


15. The Peculiar Pinnacles


Struktur batu kapur alami ini begitu menakjubkan, ada yang berdiri setinggi 5 meter, serta bentuk unik lainnya. Pembentukan tersebut diakibatkan karena surutnya air laut pada 25,000 sampai 30,000 tahun yang lalu. Sekarang, tempat ini berlokasi di Nambung National Park, Australia Barat.

16. The Sliding Stones


Mewakili namanya, entah mengapa, bebatuan di tempat ini selalu bergerak terus menerus. Para ahli pun tak bisa menjelaskan mengapa bebatuan tersebut berpindah, apalagi ketika beratnya mencapai lebih dari 1 ton per buahnya. Kamu bisa melihat batu satu ini di Death Valley, California, Amerika Serikat.

17. The Moeraki Boulders


Batu-batu raksasa ini terbentuk di dasar laut New Zealand. Oleh karena erosi, sekarang kamu bisa melihat batu-batu tersebut terjejer misterius di daerah pantai.

18. The Beauty Pool


Kalau kamu mengunjungi Yellowstone National Park, Amerika Serikat, jangan lupa berkunjung ke The Beauty Pool. Tempat ini adalah sebuah pemandain air panas serta terdapat ganggang bercahaya serta bakteri yang menyebabkan warna lautnya bergradasi indah. 

[Megan Faustine]


Scroll To Top