[UNIK] 10 Kegunaan Permen Karet Bekas yang Tidak Biasa


Meskipun kegunaan utamanya kemungkinan besar masih tetap sebagai 'penjinak' bau napas sebelum nge-date, permen karet ternyata memiliki beberapa manfaat lain yang mungkin kamu belum pernah tahu, lho!

1. Mengambil barang berharga yang jatuh ke dalam lubang sempit

Misalnya cincinmu atau antingmu nggak sengaja jatuh ke westafel, gunakan sepotong permen karet yang melekat pada benang atau kawat kecil (bisa juga pakai alat pancing, kalung liontin, atau gantungan kawat). Lalu masukkan ke dalam lubang keluaran westafel dan lekatkan pada benda berhargamu yang jatuh di sana.

2. Menambal retakan ataupun lubang

Nggak sengaja memecahkan vas bunga atau pot keramikmu? Coba perbaiki kembali bongkahan besar yang masih bisa disusun kembali dan siasati lubang-lubang yang tak dapat diperbaiki dengan secuil bekas permen karet.

3. Memperbaiki gagang kacamata yang longgar/lepas

Apakah lensa kacamatamu mendadak jadi agak kendor dari frame-nya? Atau gagangnya lepas? Ambil secuil permen karet yang telah dikunyah dan perbaiki kacamatamu sementara sebelum diperbaiki di optik. Kalau lensanya retak, kamu mungkin bisa menggunakan selotip :) #nerdalert

4. Perbaiki radiator atau pipa knalpot bocor mobil/motor kesayanganmu sampai kamu bisa benar-benar membawanya ke bengkel

5. Mengobati sakit maag

Permen karet spearmint mengandung minyak yang dapat meredakan perut mulasmu, meredakan sakit maag, dan bertindak sebagai antiflatulent. Permen karet juga bertindak sebagai bantuan pencernaan karena air liur berlebih yang dihasilkan membantu untuk menetralkan asam lambung.

6. Membuat kesenian dari permen karet


Jamie Marraccini adalah seniman yang terobsesi permen karet. Dia mulai mengolesi dinding dengan permen karet yang telah dikunyah dan membuat seni dari permen karet pada tahun 1998.

7. Menempelkan kertas ketika kamu nggak punya staples atau lem

8. Untuk umpan ikan

Kamu sudah mengunyah permen karet dan siap untuk membuang bungkusnya - tapi ikan lele suka gelembung dan kilauan bungkus keperakan permen karet, dan kepiting cinta spearmint. Siapa tahu, kan?

9. Menjaga kaca jendela yang kendur

Hampir mirip kegunaannya seperti untuk kacamata (poin 3)

10. Mengusir serangga

Permen karet spearmint di dalam bahan kering di dapurmu (tepung, tepung jagung, dan lain-lain) adalah pembasmi alami yang baik untuk mengusir serangga dan binatang-binatang 'merangkak' menyeramkan lainnya.


Penulis: Esmeraldah Prasetya

Scroll To Top