[Tips] 10 Langkah Buat Jadi Lebih baik Setiap Hari

Siapa sih yang ngga pengen jadi lebih baik setiap harinya. Ngga peduli apa yang kamu lakuin, kamu harus mempersiapkan dirimu untuk menerima hal baik yang membuatmu jadi lebih baik setiap harinya. 10 langkah ini akan membantumu menjalani hari dengan baik sekaligus meningkatkan kualitas dirimu.

1. Mulai Pagi dengan Hal-hal Baik

Bangun pagi-pagi, nikmati udara pagi yang seger dan sinar matahari yang hangat. Terus lakukan olahraga ringan kayak senam, stretching atau jogging. Abis itu makan sarapan lezat favoritmu biar kamu punya cukup energi menjalani aktivitas seharian. Kalau kamu tinggal sama orang lain, cobalah berkomunikasi sejenak dengan mereka.

2. Buat checklist kegiatan selama satu hari

Bakalan enak kalo kamu punya semuanya di buku catatan atau smartphone mu. Rencanakan semua agenda satu hari dan centang setiap agenda yang sudah kamu jalanin. Ngga apa-apa kalau kamu ngga bisa ngejalanin semua checklist. Pindahin hal yang belum kamu kerjain ke agenda buat besok. Ini berguna banget buat kamu yang suka nunda-nunda pekerjaan.

3. Tinggalin kerjaan dan bersenang-senang sejenak

Kerja terlalu keras bakal bikin badan dan otak jebol. Istirahat juga ngga kalah penting lho. Sisakan waktu istirahat yang cukup di sela-sela kebutuhanmu. Isilah dengan kegiatan yang menyenangkan seperti ngumpul bareng temen, traveling, main game dan agenda menyenangkan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan saat-saat ini untuk melakukan hobi atau mengembangkan minat dan bakatmu.

4. Lakukan hal baik untuk sekitarmu

Kamu selalu mendapatkan apa yang udah kamu berikan. Hal ini ngga cuma terbatas pada uang atau hal lain yang sifatnya fisik. Bagikan senyuman dan aura menyenangkan kepada orang-orang di sekitarmu maka kamu akan mendapat energi positif dari mereka. Bantu mereka yang kesulitan dengan pekerjaannya. Bukan ngga mungkin kamu bakal ketemu sama orang-orang baru yang menyenangkan.

5. Belajar menerima

Kalo yang namanya nerima itu enak dan gampang terus ngapain musti pake belajar? Ngga selalu yang namanya nerima itu enak dan gampang. Terutama ketika hal buruk menimpamu dan ngga ada yang bisa kamu lakuin buat mengubahnya. Yang perlu kamu lakuin cuma nerima. "Yah, oke gue ngalamin hal buruk. Ngga ada yang bisa gue lakuin kecuali nerima, lalu bangkit buat ngambil kesempatan lagi."

6. Cobalah belajar bahasa asing tiap harinya

Sekarang kita ngadepin globalisasi dimana ngga cuma pergaulan tapi persaingan akan berlangsung secara global. Artinya kita udah makin dekat sama orang-orang di berbagai penjuru dunia. Apa lagi yang bisa jadi amunisi utama buat ngadepin itu kalau bukan bahasa?

7. Mencoba hal baru

Kalau kamu punya kebiasaan, atau hal-hal tertentu yang kamu hindari cobalah sesekali lakuin yang sebaliknya. Kamu ngga pernah tau apa yang menantimu di depan sana. Ngga selalu lho hal yang kamu selalu lakuin itu baik dan hal yang kamu hindari itu buruk. Rusak pola dan mulailah melakukan hal-hal baru buat memperkaya pengalamanmu.

8. Hadapi ketakutanmu

Kamu mungkin ngga pernah jalan-jalan keliling komplek karena takut nyasar. Atau memendam bakat bermain musik karena malu diliat orang banyak. Come on! Saatnya nunjukin pada dunia siapa dirimu. Hadapi ketakutanmu dan percayalah hal besar menantimu setelah kamu melakukannya. Inget Bruce Wayne yang awalnya takut banget ama kelelawar dan malah jadi Batman kan?

9. Lupakan tujuan, hiduplah untuk hari ini

Sebuah teori mengatakan bahwa terkadang meraih sebuah tujuan hanya akan menimbulkan perasaan kosong semata terutama apabila ternyata hal yang sudah kita capai tidak seperti yang kita ekspektasikan sebelumnya. Ketimbang pusing memikirkan apa yang harus kamu tempuh untuk mencapai tujuanmu kenapa tidak nikmati hari ini dan berusaha buat selalu melakukan yang terbaik. Niscaya tujuanmu akan tercapai dengan sendirinya tanpa harus kamu pusing memikirkannya.

10. Jangan suka menunda pekerjaan

Ini nih yang ngga kalah penting. Kebiasaan menunda pekerjaan hanya memiliki satu akibat: penyesalan. Setiap pekerjaan yang kamu tunda akan menumpuk dan tentunya kamu akan kelabakan untuk menyelesaikan semuanya sekaligus. Percayalah ngga cuma kamu yang mengalaminya. Menulis 5 artikel setiap hari buat Pizna itu ringan sebelum saya kepikiran buat menundanya. Ceritanya curhat nih.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top