Suka Film Kartun? Kamu Ngga Boleh Ngelewatin Film-Filmnya Hayao Miyazaki!

Udah pada kenal sama Hayao Miyazaki belom? Beliau adalah seorang sutradara anime legendaris asal Jepang yang biasa berkolaborasi dengan Studio Ghibli. Karya-karyanya sangat unik, khas dan legendaris baik dari segi cerita maupun grafis. Film-filmnya pun mendunia. Jadi buat kamu yang suka banget nonton film kartun, ada baiknya kamu simak karya-karya sutradara legendaris dari negeri sakura berikut ini!

1. The Castle of Cagliostro

Ceritanya cukup sederhana yaitu tentang kawanan bandit yang berusaha menyelamatkan seorang putri dari sosok penjahat. Ini adalah film pertama Miyazaki. Steven Spielberg bahkan memuji film ini sebagai salah satu film petualangan terhebat yang pernah dibuat.

2. Ponyo

Film Ponyo disajikan dengan visual yang cukup dahsyat. Ceritanya tentang seorang anak laki-laki yang menemukan ikan mas setengah manusia yang ingin menjadi manusia sepenuhnya.

3. Howl's Moving Castle

Diangkat dari sebuah novel yang ceritanya tentang epik kepahlawanan seorang puteri yang dikutuk menjadi seorang wanita tua. Petualangan memasuki dunia sihir dan naik ke kastil terbang siap memukau penonton baik dari segi kualitas cerita maupun efek animasinya.

4. Porco Rosso

Jalan ceritanya cukup aneh yaitu tentang seorang veteran perang Vietnam yang berubah menjadi manusia babi. Ia menjadi pilot dan berperang melawan para bajak laut yang iri akan ketenarannya. Film ini memiliki pesan mendalam tentang kepedihan yang dialami para veteran perang.

5. My Neighbor Totoro

Film ini cocok ditonton keluarga. Ceritanya tentang dua orang gadis yang bertemu roh kelinci raksasa yang bisa mengeluarkan kekuatan sihir. Bersama-sama mereka menjalani kemampuannya, terutama dalam hal yang berhubungan dengan menanam pohon. Saking terkenalnya Totoro bahkan muncul sebagai cameo di Toy Story 3

6. NausicaƤ of the Valley of the Wind

Film ini merupakan film pertama sebagai hasil kolaborasi Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki. Kisahnya berkisar tentang seorang wanita muda bernama NausicaƤ, yang mati-matian melindungi ras serangga raksasa dari tentara musuh di masa depan yang telah hancur.

7. Castle In The Sky

Film ini bercerita tentang seorang putri muda bernama Laputa yang memiliki kalung ajaib dengan kemampuan untuk memimpin orang-orang ke arah istana terbang legendaris di langit. Laputa kemudian bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Pazu, yang bergabung dengannya dalam petualangan mencari benteng legendaris menghadapi rintangan dari para bajak laut dan agen rahasia.

8. Kiki's Delivery Service

Sebuah film yang penuh semangat bikinan Hayao Miyazaki. Berkisah tentang penyihir muda yang meninggalkan rumah dan orang tua untuk berlatih sendiri selama setahun. Saat itu semua penyihir diwajibkan untuk memiliki profesi, untuk itu dia memutuskan memulai layanan pengiriman barang menggunakan sapu terbang.

9. Princess Mononoke

Film ini mungkin bukan untuk dikonsumsi anak-anak mengingat adegan kekerasan cukup brutal yang tersaji di sini. Kisahnya tentang perang antara ras manuisa dan hewan aneh. Ini adalah film pertama Hayao Miyazaki yang penuh dengan adegan kekerasan sekaligus film pertama yang menggunakan kecanggihan teknologi CGI.

10. Spirited Away

Ajaib, menyenangkan, seram, pedih, menakjubkan, itulah gambaran dari film yang berkisah mengenai seorang gadis muda yang terjebak dalam dunia roh. Karakter dari setiap tokohnya disajikan begitu kuat, ceritanya pun mendalam dengan alur yang tidak bisa ditebak. Benar-benar kisah petualangan di negeri dongeng yang orisinil.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top