[Siap-siap] Kamu nggak bakalan nyangka Mozaik ini dibikin dari apa!

Mozaik adalah salah satu cabang seni yang menciptakan sebuah gambar baru dari potongan-potongan kecil gambar atau kertas. Seni ini termasuk seni tertua di dunia yang diawali sejak zaman peradaban mesopotamia. Kini kemajuan zaman dan kreatifitas seniman, memungkinkan seni mozaik dilakukan dengan bahan yang tidak pernah disangka-sangak. Termasuk 10 foto mozaik yang akan kamu lihat berikut ini!

1. Mozaik dari kertas "post-it"

  Tahu kertas post-it? Itu lho kertas warna-warni yang bisa ditempel-tempel, Biasanya dipakai buat nulis pesan atau memo. Nah bagi para murid SMP Eisenhower di Utah Amerika Serikat, kertas post-it bukan cuma sekedar buat nulis memo. Mereka berhasil membuat mozaik terbesar dengan 38.400 kertas post-it warna-warni yang memecahkan rekor dunia!

2. Mozaik Jimi Hendrix dari kartu remi

David Alvarez seorang mahasiswa seni dari Washington, AS membuktikan kepiawaiannya dalam menghasilkan karya seni berkualitas dengan membuat potret gitaris legendaris Jimi Hendrix setinggi 25 kaki dengan sekitar 8.500 lembar kartu.

3. Dari amplop surat jadi mozaik keren

Ini adalah contoh orang yang memanfaatkan barang bekas untuk membuat sesuatu yang lebih indah dan berguna. Sandy Schimmel, seniman asal Arizona AS sukses membuat lukisan diva pop Madonna dari amplop-amplop bekas.

4. Mozaik ini dibikin dari permen karet!

Di tangan Franz Spohn yang emang suka bikin mozaik bergambar orang-orang terkenal, apa aja bisa jadi keren. Termasuk 'bola' permen karet yang disulapnya jadi mozaik bergambar presiden Amerika Barrack Obama.

5. Bosen ngoleksi perangko? Dibikin mozaik kayak gini aja!

Seniman asal Inggris bernama Pete Mason juga nggak mau kalah sama orang yang bikin mozaik dari amplop bekas. Dia memanfaatkan perangko buat bikin gambar orang-orang terkenal kayak Princess Diana dan Martin Luther King. Nggak tanggung-tanggung 20.000 perangko dia habiskan untuk setiap karya-karyanya.

6. Para insyinyur juga nggak kalah jago bikin mozaik

Nggak cuma seniman aja yang bisa bikin karya mozaik keren. Buktinya kumpulan insinyur dari Beijing ini sukses bikin mozaik Monalisa dari barang yang nggak jauh-jauh dari pekerjaan mereka yaitu, spare part komputer!

7. Mozaik ini dibikin dari buah apel

Duo seniman asal Swedia Emma Karp dan ayahnya Helge Lundstorm memang udah nggak diragukan lagi kemampuannya buat bikin lukisan mozaik dari buah apel. Untuk satu lukisan ia bisa menghabiskan 75.000 buah apel yang berbeda-beda jenisnya.

8. Dari stiker jadi mozaik

Hobi koleksi stiker? Ketimbang ditempel di helm atau motor, itu mah udah biasa! Coba tiru Barry Snyder yang bisa bikin stiker-stiker jadi sebuah mozaik yang indah. Stiker-stiker tersebut adalah hasil dari sumbangan sukarela orang-orang dari seluruh dunia. Tertarik ikut nyumbang?

9. Mozaik dari barcode


Scott Blake adalah seniman yang hobi bikin mozaik dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dia memanfaatkan software desain grafis Photoshop untuk bikin potret orang dari kumpulan barcode!

10. Roti panggang, mmm enak! Apalagi kalau dibikin mozaik

Maurice Bennett kayaknya nggak mau kalah aneh ketimbang seniman-seniman lainnya. Ia bikin mozaik dari roti panggang. Untuk mendapat sentuhan warna yang berbeda ia memanggang roti-roti tersebut dengan suhu tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sebelum bikin kayaknya Bennett kudu makan dulu deh, kalau nggak bisa-bisa abis duluan itu roti panggangnya!

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top