Serba - Serbi Tentang Otak Yang Kamu Nggak Tau (Otakku, Otakmu, dan Otak Kita Semua)

Pasti kalian semua sudah pada tahu dong guys, kalau salah satu komponen terpenting dalam hidup manusia selain nyawa dan jantung adalah otak?

Tapi taukah kamu tentang rahasia di dalam otak manusia? Ya, otak kita semua? Tau atau nggak? Pasti banyak yang pada nggak tau kan?
Nah, di bawah ini kita akan menguak rahasia dan fakta di dalam otak manusia. Chek it out, guys!


Penyebab Kerusakan Otak


Kekurangan oksigen di dalam otak selama 5 sampai 10 menit ternyata dapat menyebabkan kerusakan otak permanen lho guys. Padahal waktunya cuma sebentar kan?


Pertumbuhan Otak


Jadi guys, otak kita akan terus berkembang sampai usia kita 40 tahunan.


Memori Otak


Otak akan menciptakan koneksi-koneksi baru setiap waktu dalam bentuk memori. Tapi memori otak tidak sama dengan memori hp lho, guys.


Virus Dalam Otak


Ternyata bukan hanya memori hp kamu aja yang ada virusnya guys. Karena di dalam otak ternyata juga ada virus yang dapat menyerang DNA manusia dan dampaknya adalah akan membuat orang tersebut menjadi kurang cerdas, aktivitas yang melibatkan otak seperti belajar akan terganggu. Dan memori otak kamu pastinya juga akan ikut terganggu.
So, berhati-hatilah.


Jumlah Oksigen dan Darah Dalam Otak


Jadi, otak kamu menggunakan sekitar 20% dari total oksigen dan darah yang ada di dalam tubuh kamu, guys. Ternyata otak rakus juga ya? Mungkin inilah sebabnya kenapa para zombie selalu memburu otak manusia. Ya, kan?


Kekuatan Otak


Ketika terjaga, otak manusia bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu kecil.Wah, lumayan nih kalau mati lampu, ya?


Otak Einstein


Ahli Patologi yang mengotopsi tubuh Einstein, mencuri dan menyimpan otaknya di dalam botol selama 20 tahun.


Isi Otak


Sudah tau belum kalau 60% isi di dalam otak adalah lemak?


Otak dan Diet


Ilmuwan mengatakan, kalau diet bisa memaksa otak kamu untuk memakan dirinya sendiri.
Kanibal dong?

Tapi memang ini adalah sebuah fakta, guys. Diet yang terlalu berlebihan akan menyebabkan otak kamu memakan dirinya sendiri. So, be careful yah.


Konsistensi Otak


Otak manusia memiliki konsistensi yang sama seperti tahu. Nah lho?


Cokelat dan Otak


Aroma cokelat akan meningkatkan gelombang theta di otak yang memicu relaksasi. Jadi belilah cokelat banyak-banyak agar kamu terhindar dari stress, guys.


Melupakan Adalah Baik Untuk Otak


Wah, ternyata melupakan itu adalah hal yang baik untuk otak, guys. Karena menghapus informasi yang tidak perlu akan membantu sistem saraf mempertahankan plastisitasnya.
Inilah adalah saat yang tepat untuk melupakan semua hal buruk dalam hidup kamu. Ingat, melupakan adalah hal yang baik untuk otak!


Alkohol Tidak Membuat Kamu Lupa Segalanya


Alkohol tidak akan membuat kamu melupakan segalanya. Ketika kamu dalam keadaan mabuk, maka otak hanya akan kehilangan kemampuannya untuk menciptakan kenangan selama sementara.


Tidak Ada Pembagian Otak


Tidak ada pembagian kerja antara otak kiri dan otak kanan. Ini hanya mitos. Karena faktanya otak bekerja sama dalam segala hal.


Pengaruh Ponsel Terhadap Otak


Sebuah studi menemukan, jika penggunaan ponsel dan gadget dalam jangka panjang secara signifikan akan meningkatkan resiko terkena tumor otak. Mengerikan sekali ya, guys?


Resiko Kurang Tidur Terhadap Otak


Nah guys, ternyata kurang tidur bisa mempengaruhi otak lho. Ini bisa menyebabkan kamu menjadi lambat dalam berpikir dan bertindak. Nah lho? Coba aja kalau nggak percaya.


Penolakan


Menurut para ilmuwan, otak akan memperlakukan penolakan yang kamu terima seperti rasa sakit fisik lho. Mungkin itulah sebabnya ketika cinta kamu ditolak maka timbul pernyataan "sakit hati", padahal otak kamu juga merasakan sakit yang sama lho.


Reaksi Otak Terhadap Alkohol


Sel-sel otak hanya membutuhkan waktu 6 menit untuk bereaksi terhadap alkohol. So, jauhilah alkohol demi kesehatan otak kamu.


Perubahan Struktur Otak


Ketika kamu mempelajari sesuatu yang baru, maka secara otomatis struktur otak kamu akan berubah, guys. Jadi ternyata otak itu fleksibel ya, dia bisa berubah struktur dan nggak ketinggalan jaman "Hahaha".

Oleh: Desy L

Scroll To Top