Propinsi yang Jadi Tujuan Utama Untuk Transmigrasi

Meledaknya jumlah penduduk Indonesia cukup membuat panik pemerintah dalam menerapkan upaya penyejahteraan secara menyeluruh. Untuk itulah diberlakukan program transmigrasi, yaitu pemindahan/pengembangan penduduk dari daerah padat penduduk ke daerah yang lebih sedikit penduduknya agar masa depannya lebih terjamin.

Sebenarnya ada 14 provinsi yang menjadi tujuan utama untuk transmigrasi, tapi saya hanya akan membahas sebagian diantaranya.
Mau tau provinsi apa saja yang menjadi tujuan utama untuk transmigrasi? Cek di bawah ini.


Aceh


Hasil sensus penduduk pada tahun 2009 saja menunjukkan kalau ada sekitar 400.023 jiwa SUKU Jawa yang tersebar di seluruh Aceh. Bagaimana dengan hari ini ya?

Penyebarannya tidak semuanya terkosentrasi kecuali yang didatangkan melalui program transmigrasi seperti kawasan ekonomi Patek (Aceh Jaya), Janthoe (Aceh Besar), Jagong Jeget (Aceh Tengah), Trumon (Aceh Selatan), Peunaroh (Aceh Timur), Subulussalam, dan banyak lagi lainnya.

Ini menandakan bahwa Aceh termasuk salah satu provinsi yang menjadi tujuan utama transmigrasi masyarakat dari Pulau Jawa.


Riau


Karena provinsi ini memiliki sumber daya alam, baik kekayaan yang terkandung di perut bumi, berupa minyak bumi dan gas, serta emas maupun hasil hutan dan perkebunannya. Maka provinsi ini pun menjadi salah satu provinsi yang menjadi tujuan utama, biasanya masyarakat yang bertransmigrasi ke Riau akan mengolah perkebunan kelapa sawit.


Sumatera Barat


Sumber daya aam yang ada di Sumatera Barat antara lain adalah berupa batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao,gambir, dan hasil perikanan.

Kekayaan alam inilah yang mendorong pemerintah untuk menjadikan daerah ini sebagai salah satu tujuan utama untuk transmigrasi


Sumatera Selatan


Kalau baca nama Sumatera Selatan yang beribukota di Palembang ini pasti mikirnya langsung empek-empek, ya kan?

Nah, ini adalah salah satu provinsi yang jadi tujuan transmigrasi. Tapi sepertinya provinsi ini mulai mengalami masalah kepadatan penduduk. Jadi yah, sebaiknya kita beri waktu kepada provinsi ini untuk mengambil nafas dulu.


Kalimantan Barat


Kalimatan Barat memiliki potensi perkebunan dan pertanian yang melimpah. Hasil pertaniannya antara lain adalah padi, jagung, kedelai, dan sebagainya.

Sedangkan hasil perkebunannya antara lain karet, kelapa sawit, kelapa, dan lain-lain.
Tidak heran kalau provinsi ini menjadi tujuan utama untuk transmigrasi.


Kalimantan Timur


Provinsi yang luasnya satu setengah kali pulau Jawa dan Madura ini memang menjadi primadona sebagai tempat transmigrasi. Selain karena populasi penduduknya yang hanya 3.6 juta jiwa, faktor lainnya adalah karena sumber daya alam yang terbilang cukup banyak.


Sulawesi Barat


Selain memiliki banyak objek lokasi wisata, Provinsi yang dibentuk pada 5 Oktober 2004 ini juga memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah, seperti kakao, kopi robusta atau kopi torabika (Inilah tempatnya), kelapa dan cengkeh. Sedangkan di sektor pertambangan ada emas, batubara, dan minyak bumi.


Sulawesi Tenggara


Nah, provinsi ini memiliki berbagai macam komoditi yang berhasil menarik minat banyak orang dan menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai tujuan utama untuk transmigrasi.

Bidang pertaniannya meliputi kakao, kacang mede, kelapa, cengkeh, kopi, pinang lada dan vanili. Di bidang kehutanan ada kayu gelondongan, dan kayu gergajian. Di bidang perikanan ada perikanan darat dan laut. Di bidang peternakan ada sapi, kerbau dan kambing. Dan di bidang pertambangan ada aspal, nikel, emas, marmer, batu setengah permata, onix, batu gamping dan tanah liat.


Maluku


Provinsi yang beribukota di Ambon dan memiliki julukan "Ambon Manise" ini memiliki berita sedih untuk yang menjadikannya sebagai tujuan utama transmigrasi.

Kenapa? Karena kota Ambon sudah semakin padat, sumpek, dan tidak layak lagi menampung jumlah penduduk. Ada rencana dari pemerintah daerah untuk memindahkan ibu kota provinsi ke kabupaten Maluku tengah.

Tapi kalau kamu ingin bertransmigrasi ke desa-desanya saya yakin masih ada tempat kok, bahkan banyak. Provinsi ini memiliki sumber daya hutan, tambang dan mineral, perikanan,  pariwisata, dan lainlain.


Maluku Utara


Maluku Utara yang biasa disebut Malut ini memiliki berbagai sumber pendapatan seperti dari sektor pertanian, perikanan, dan hasil laut lainnya.
Siap untuk hijrah ke sini?

Oleh: Desy L

Scroll To Top