[PENTING] Gimana Mau Lulus Kuliah Kalau Kamu Masih...

Tips buat kamu yang pengen cepet lulus kuliah. Hindari hal-hal berikut ini.

1. Males-an


Ini penyakit mahasiswa tingkat akhir yang nggak lulus-lulus jugak. Sebenernya penyakit ini cuma bisa dia sendiri yang neyelesein, mungkin sedikit tips dari pisna, kamu harus punya tujuan hidup yang kamu impikan. Niscaya kamu akan bersemangat dan tidak males. Intinya harus punya target.


2. Nge-game Melulu


Cowok biasanya yang punya penyakit ini, dia kadang nggak sadar biaya skripsi itu nggak kecil, tapi begitu punya duit selalu beli barang-barang yang mendukung peralatan gamesnya. Alasannya sih nge-game buat pengisi waktu luang, tapi kebanyakan malah skripsi yang jadi pengisi waktu luang. Bikin Nggak lulus-lulus deh..


3. Cari Duit Melulu


Asiknya cari duit kadang bikin lupa seseoran harus menyelesaikan tugas akhirnya. Pasti dari kamu punya anggapan bahwa kuliah cuma dapet gelar, dan kerja dapet duit bisa buat seneng-seneng. Kamu mungkin lupa bahwa gelar juga bisa mendukung kemapanan kamu untuk mencari nafkah yang layak.

5. Traveling Melulu


Hoby yang satu ini emang menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran banget, sehingga mahasiswa yang punya hoby ini terkadang sampai lupa ingatan bahwa harus menyelesaiakn tugas akhirnya. Habis kuliah kan bisa bro??

4. Pacaran Melulu


Kalo punya pacar yang uda lulus atau adek tingkat pasti susah ya menahan godaan untuk nggak hang-out malam minggu, atau untuk jalan bareng tiap hari. Nah mulai sekarang bikin perjanjian sama si do'i kapan harus kencan kapan harus nyelesein tugas akhir. Kalo semua balance kan enak tuh bro..

6. Bad Mood-an


Perlu kamu tau bahwa sebenernya mood itu nggak dateng cuma-cuma, tapi perlu di bangun. Tiap orang punya cara tersendiri buat bangkitin moodnya. Kamu gimana? masi nyari apa lagi ngebangun?


7. Lupa Tanggung Jawab


Saking enaknya kuliah jauh dari orang tua, kadang mahasiswa merasa bebas melakukan apa aja termasuk melupakan tanggung jawab menyelesaiakan tugas akhirnya. Inget ya sob, kamu kan kuliah biaya orang tua, otomatis kamu punya tanggung jawab lulus tepat waktu pada beliau.


8. Nunggu Disemangatin


Semangat yang paling awet adalah timbul dan dibangun dari diri sendiri, kalo kamu menghabiskan waktu buat nunggu disemangatin, gak akan kelar-kelar deh tuh tugas akhir, yakin!

Oleh : Puri Candraditya

Scroll To Top