[Penggemar Kopi Masuk] Kamu kudu Cicipi 10 sajian Kopi dari berbagai negara ini

Si hitam yang terkenal jago bikin melek semaleman ini mulai banyak penggemarnya. Terutama mereka yang menyukai sensasi rasa pahit yang ditimbulkannya atau ada beberapa juga yang menikmatinya sebagai 'penyemangat' di sela rutinitas. Kopi udah jadi lebih dari sekedar minuman. Ia adalah gaya hidup. Berbagai cafe mulai menyediakan varian kopi dari berbagai daerah dan cara pengolahannya pun beragam. Banyak juga komunitas seputar kopi terbentuk di berbagai daerah. Kalau kamu merupakan salah satu penggemar kopi, siap-siap karena artikel ini bakal bikin kamu gemeteran setengah mati karena pengen nyicipin!

1. Kopi Susu

Pasti udah banyak yang sering minum kopi susu. Sajian ini cara bikinnya sederhana, cukup kopi yang dicampur dengan susu manis. Kopi susu pertama kali diperkenalkan di Rhode Island, Amerika Serikat, pada awal abad ke 20-30 an. Paling enak sih kopi susu diminum anget-anget ditemanin biskuit kelapa. Apalagi pas musim hujan kayak gini, mantap!

2. Caffè Marocchino

Caffè Marocchino adalah minuman kopi yang dibuat di Italia, bukan Maroko. Kopi ini disajikan dalam gelas kecil dan terdiri dari campuran antara espresso, coklat bubuk dan susu buih. Rasanya manis dan ada sensasi lembut ditengah rasa espresso-nya.

3. Vietnamese Iced Coffee

Bosen minum kopi panas? Cobain sensasi Ca phe da yang dibuat dengan biji kopi Vietnam yang diseduh dengan saringan logam Perancis. Air kopi akan menetes ke dalam cangkir yang sudah dituangkan sekitar setengah susu kental manis. Setelah cangkir penuh kopi diaduk dan ditambahkan es batu. Kopi pertama kali diperkenalkan ke Vietnam oleh koloni Perancis.

4. Irish Coffee

Kopi ini bisa ditemukan di beberapa bar di Irlandia. Cara membuatnya, masukkan satu sendok makan gula merah di bagian bawah cangkir, tambahkan wiski bagus setempat, kemudian isi cangkir dengan kopi panas. Untuk finishing touch kamu bisa kasih sesendok whipped cream di atas permukaan kopi dan voilla! Rasakan sensasi Irlandia-nya.

5. Frappé

Frappé adalah sajian kopi kocok yang dicampur susu dan es batu. Yang kamu butuhkan untuk membuatnya adalah shaker. Caranya masukkan air dingin secukupnya, 1 sendok teh kopi instan, dan 2 atau 3 sendok gula. Tutup rapat dan kocok sampai kamu hanya melihat busa yang banyak banget, Tuangkan ke dalam gelas lalu tambahkan susu kental manis dan es batu..Mmmmm, gampang kan?

6. Cappuccino

Cappuccino juga jadi sajian kopi yang populer di antara kita. Pada dasarnya Cappucino merupakan minuman berbahan espresso, susu panas, dan busa susu yang dikukus. Secara tradisional, di Italia Cappuccino disajikan dalam gelas porselen untuk mempertahankan panas kopi di dalamnya.

7. Greek-Turkish Coffee

Baik antara Turki dan Yunani punya kesamaan soal resep sajian kopi yang satu ini. Rahasianya terletak pada pemanggangan biji kopi pilihan lalu setelah itu biji kopi ditumbuk sehalus mungkin. Kopi ini biasanya disajikan panas-panas tanpa gula.

8. Frappuccino

Kedai kopi ternama Amerika, Starbucks adalah yang bertanggungjawab dalam menemukan resep ini. Minuman Frappuccino adalah kombinasi dari "Frappe" dan "Cappuccino". Sebuah pencapaian besar yang diraih Starbucks setelah menemukan resep ini dan mendapatkan kesuksesannya.

9. Café au lait

Meskipun namanya kedengeran seksi, ini adalah sajian kopi dan susu di Perancis. Iya kopi susu, sama kayak yang biasa kamu minum. Bedanya terletak pada cara pengolahannya. Ini Perancis, men! Semua kudu diolah dengan ati-ati dan bercitarasa seni tinggi. Biji kopi Perancis juga terkenal akan kelezatannya bagi para penggemar kopi.

10. Espresso

Nah ini dia buat orang-orang yang demen sensasi pahit-pahit, kecuali kenangan pahit ya! Espresso sesuai namanya ditujukan buat orang-orang sibuk (ekspress) yang butuh asupan kafein banyak-banyak supaya betah melek. Kunci dari espresso adalah pada dosisnya. Espresso bisa disajikan single, double bahkan triple. Tergantung kamu pengen melek sampe jam berapa.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top