Pengen liat bianglala-bianglala paling indah di seluruh dunia?

Bianglala pertama diresmikan di tahun 1893 di Pameran Columbus di Chicago, Illinois, dalam rangka memperingati empat ratus tahun penemuan benua Amerika. Konstruksi legendaris ini dirancang oleh George Washington Gale Ferris, Jr., seorang insinyur baja asal Pittsburgh. Kini bianglala bisa ditemukan di banyak tempat seperti taman bermain atau pasar malam. Dengan bianglala kamu bisa ngeliat pemandangan sekitar dari tempat yang tinggi banget, dan itulah yang jadi daya tarik wahana ini. Pengen tau bianglala paling indah yang ada di dunia, yuk simak artikel berikut ini

1. Navy Pier (Chicago)

Bianglala ini akan memberikan pemandangan indah danau Michigan dan kota-kota di sekitarnya. Kamu cukup membayar $6 dan Navy Pier akan membawamu berputar selama 7 menit.

2. Singapore Flyer (Singapura)

Bianglala ini tingginya mencapai 165 meter dan resmi dibuka pada tanggal 11 Februari 2008. Terdiri dari 28 kapsul yang masing-masing bisa memuat hingga 28 penumpang, Singapore Flyer akan membawamu berputar searah jarum jam hingga kamu tepat menghadapi keindahan Marina Bay.

3. Santa Monica Pier (Los Angeles)

Bianglala ini adalah bianglala bertenaga surya pertama di dunia. Ada sekitar 160.000 lampu LED warna-warni yang hemat energi dipasang di bianglala ini dan membuatnya nampak indah saat malam tiba. Tingginya hampir 90 meter di atas dermaga.

4. Big O (Tokyo)

Big O terletak di tempat wisata Tokyo Dome City, salah satu tempat hiburan, wisata dan belanja terbesar di Tokyo. Bagian tengah wahana ini dilalui trek rollercoaster "Thunder Dolphin" salah satu rollercoaster tertinggi dan tercepat di Jepang.

5. Texas Star (Texas)

Wahana ini menjadi pusat dari Texas Fair sejak tahun 1985. Terdiri dari 44 gondola dengan kapasitas masing-masing 6 penumpang. Bianglala ini mampu menarik jutaan pengunjung Texas Fair setiap tahunnya.

6. Wonder Wheel (Brooklyn)

Dibangun pada tahun 1920, Wonder Wheel adalah wahana pertama yang terletak di Coney Island, di Brooklyn, New York. Bersamaan dengan rollercoaster Cyclone, keduanya adalah wahana di Coney Island yang paling ikonik dan populer.

7. Riesenrad (Austria)

Nama lengkapnya adalah "Wiener Riesenrad" (harfiah, "Roda Besar Wina"). Dibangun pada 1897 Golden Jubilee Franz Josef I dari Austria, dalam rangka perayaan lima puluh tahun jabatan kaisar di wilayah Austria. Bianglala ini melewati masa ketika perang dunia II meletus, setelah direnovasi bianglala ini hanya membawa 15 penumpang.

8. Cosmo Clock 21 (Yokohama)

Cosmo Cliock 21 adalah bianglala sekaligus jam yang ada di Yokohama, Berdiri 107 m, konstruksi ini pernah jadi yang tertinggi di duniaselama delapan tahun, dari 1989 sampai 1997. Bianglala ini juga jadi jam terbesar di dunia dari tahun 1989 sampai sekarang.

9. London Eye (Inggris)

Bianglala ini berdiri setinggi 135 meter di tepi sungai Thames. Rodanya bergerak sangat perlahan dengan kecepatan 0,6 mph dengan satu putaran penuh yang memerlukan waktu 30 menit. London Eye sanggup menarik 10.000 penumpang per hari untuk berputar bersamanya.

10. Tianjin Eye (Cina)

Tianjin Eye merupakan bianglala setinggi 120 m. Bianglala ini dibangun di atas sebuah jembatan yang melintasi Sungai Hai di Tianjin, Cina. Dibangun pada tahun 2007, Tianjin Eye menjadi satu-satunya Bianglala di dunia dalam sejarah yang berdiri di sebuah jembatan.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top