[Nostalgia] Meski dianggap ketinggalan zaman, hayoo siapa yang masih punya barang ini di rumah

Great things come in small way, yah begitulah kata yang cocok buat ngegambarin era digital sekarang. Semuanya serba portable. Sekarang udah kamu punya alat pinter bernama smartphone yang bisa ngelakuin semuanya di kantong kamu. TV LED supertipis, PC super canggih dan sebagainya. Di balik itu semua, beberapa perangkat teknologi masa lalu ternyata ngga semuanya ditinggalin. 10 benda yang bakal Pizna bagiin ini mungkin masih ada di rumah kamu, simak ya

1. Windows XP

Masihkah kamu pakai Windows XP? Hahaha, jangan ketawa dulu. Menurut survey 30% dari komputer di seluruh dunia masih menggunakan sistem operasi ini. Windows XP memang dianggap sebagai OS paling stabil, enteng dan nyaman digunakan. Namun pihak Microsoft udah resmi menghentikan pengembangan untuk OS ini, jadi sekarang Windows XP makin rentan terhadap serangan. Ada baiknya pikir-pikir buat diganti deeh...

2. Floppy Disk

Eh buset dah..siapa yang masih pakai Floppy Disk alias disket kayak gini buat nyimpen data? Artefak peninggalan tahun 1980 yang cuman bisa nyimpen data mentok 1,44 MB ini tentunya udah digantiin keberadaanya sama flashdisk dan harddisk. Tapi tahukah kamu kalau diluar sana mungkin aja masih yang pake disket karena komputer tua kadang ngga support buat flashdisk.

3. Internet Dial-up

Meski kita udah kenal modem highspeed dan wifi tapi jangan pernah lupain internet dial-up! Apaan sih dial-up? Itu loh internet yang musti nyambung ke line telepon dulu baru bisa dipake. Percaya ngga percaya, layanan ini masih banyak dipakai terutama buat orang-orang yang tinggal di wilayah yang ngga terjangkau high speed internet access.

4. Printer Dot Matrix

Di mana kamu masih bisa ngeliat printer jadul yang berisik banget kayak gini? Yap benar sekali di beberapa minimarket dan toko kelontong!

5. Kaset VHS

Sebelum kenal cakram padat/CD, kaset VHS adalah sarana hiburan keluarga jaman dulu yang ciamik banget. Menurut riset, 50% orang Amerika masih menggunakan kaset VHS di rumahnya. Beberapa kaset kosong yang dijual di Amazon menunjukkan kalau entah diluar sana masih ada orang yang nyari.

6. Pita magnetik

Coba cek bagian belakang kartu ATM atau kartu kredit kamu di dompet. Sepintas ngga ada yang aneh sama pita magnetik hitam yang berfungsi sebagai media penyimpanan data ini. Tapi tahukah kamu di banyak negara maju, teknologi ini udah ditinggalin karena tingkat keamanan datanya yang rentan. Woy, orang-orang di sono udah pakai sistem chip dan pin tuh!

7. Buku telepon

Anak 90'an tau banget ni rasanya pdkt via telepon ke rumah gebetan. Di masa itu, buku tebel berwarna kuning ini sangatlah berguna. Cukup tau nama babenya gebetan, tinggal cari di buku telepon bisa deh kita teleponan sama gebetan sampe dimarahin ibu gara-gara tagihan telepon bengkak.

8. Telegram

Rasa-rasanya udah ngga mungkin ya ada yang masih ngirim pesan singkat pake alat jadul ini ditengah-tengah fasilitas pengirim pesan kayak, sms, chat messenger, dan email. Tapi di beberapa negara kayak Inggris dan Amerika, layanan ini masih disediakan buat lucu-lucuan aja gitu ngerasain sensasinya ngirim telegram.

9. Mesin Ketik

Mesin ketik adalah alat yang ngga pernah mati. Onderdilnya masih banyak dijual dan tukang reparasinya pun masih ada. Buat orang-orang tua, mesin ketik lebih dari sekedar alat. Jadi meski udah ada PC, mereka masih setia sama alat yang satu ini. Kayak kakek Pizna pernah bilang, "suara 'cetek..cetek..' yang keluar dari mesin ketik itu kayak musik buat kakek...uhuk..uhuk."

10. Monitor/Televisi CRT

Ngga peduli udah setipis apa monitor LCD/LED yang dibikin perusahaan elektronik sekarang, pokoknya monitor CRT alias monitor tabung tetep ngga ada matinya! Ayo tunjuk tangan yang masih punya monitor kayak gini di kamar kosnya. Tagihan listriknya pada naek juga ngga?

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top