[Nggak Nyangka] Makanan-makanan ini ternyata baik untuk kesehatan

Banyak orang berpikiran kalau hidup sehat berarti mulai makan makanan organik, kayak sayur, daging dan buah tanpa sekalipun nyentuh makanan-makanan atau cemilan enak. Tapi pernah nggak kamu sadari kalau ada potensi tersembunyi dari makanan-makanan favorit kita. Bukan sembarang potensi, bahkan makanan-makanan yang sering dianggap nggak bergizi itu aslinya punya banyak manfaat buat tubuh kita. Nggak percaya? Baca artikel berikut biar kamu nggak was-was lagi kalau ngemil! hehehe

1. Permen bisa memperpanjang usia

Percaya atau tidak studi yang dilakukan para ilmuwan baru-baru ini menyatakan bahwa anak yang mengonsumsi permen ternyata memiliki berat badan ideal dan berkurangnya resiko penyakit jantung. Namun efek tersebut bisa berubah karena studi juga menunjukkan orang dewasa yang gemar mengonsumsi permen beratnya lebih besar daripada mereka yang tidak. Fakta yang tidak kalah mencengangkan lagi adalah bahwa para penggemar permen rata-rata memiliki umur setahun lebih panjang ketimbang yang bukan!

2. Popcorn mengurangi resiko kanker

Siapa sangka cemilan wajib ketika nonton bioskop ini merupakan salah satu makanan yang bisa mengurangi resiko kanker. Popcorn mengandung senyawa polifenol, sejenis antioksidan yang berfungsi untuk menangkal kanker dan amat baik untuk jantung. Kandungan polifenol dalam popcorn setara dengan yang biasa terkandung dalam buah dan sayur. Hal ini berlaku untuk popcorn tanpa mentega, garam atau rasa/

3. Cabai yang kaya vitamin C

Beberapa orang suka sensasi pedas dan panas yang ditimbulkan dari makanan satu ini. Tahukah kamu bahwa cabai mengandung vitamin C yang jauh lebih banyak ketimbang buah jeruk? Cabai juga sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk salep atau krim nyeri otot karena sensasi panas yang ditimbulkannya.

4. Mengunyah permen karet baik untuk otak

Banyak orang mengunyah permen karet agar merasa lebih rileks atau sekedar sebagai penyegar mulut. Di balik itu, ada banyak manfaat lain dari mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet akan membantu dalam meningkatkan kemampuan memori jangka pendek. Kebiasaan mengunyah permen karet juga akan membantu mengurangi nafsu makan yang tidak perlu dan menghindarkanmu dari cemilan-cemilan yang menggemukkan.

5. Pemanis xylitol jauh lebih baik ketimbang gula

Xylitol adalah pemanis pengganti gula yang biasanya terkandung dalam permen karet dan beberapa permen penyegar mulut lainnya. Pemanis ini bukan gula karena memiliki kalori yang lebih rendah dan jauh lebih bagus untuk kesehatan gigi. Tidak hanya menyehatkan mulut, namun konsumsi xylitol secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi telinga pada anak-anak.

6. Dark chocolate untuk jantung dan kulit

Sudah banyak diketahui kalau dark chocolate selain enak juga bermanfaat menormalkan tekanan darah dan menjaga fungsi jantung. Dark chocolate juga dikenal mengandung banyak sekali senyawa antioksidan dan flavanois yang bisa meningkatkan fungsi otot dan regenerasi. Itu artinya cokelat juga sangat baik untuk kesehatan kulitmu.

7. Gelato si lezat yang kaya nutrisi

Es krim lezat asal Italia ini ternyata juga memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Ia mengandung protein, gula, lemak dan kalori yang setara dengan seporsi makan siang. Jadi kalau kamu ingin variasi menu makan siang. Kamu tahu harus pergi ke mana kan?

8. Cake menambah berat badan?

Belakangan ini para ilmuwan punya fakta mengejutkan bahwa kue atau cake untuk sarapan tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan di pagi hari tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top