Ngga cuma ada di Mesir, Piramida ternyata juga tersebar di seluruh dunia!

3 hal yang pertama kali terlintas di kepala ketika mendengar kata "Piramida" mungkin adalah: mesir, firaun dan prisma. Ngga sepenuhnya salah emang, tapi yang perlu dikoreksi apakah memang piramida hanya ada di mesir? Bentuk prisma nya yang khas ternyata banyak menginspirasi arsitek-arsitek ternama di dunia untuk membuat bangunan yang serupa. Nggak percaya? Berikut laporan piramida-piramida lain dari seluruh penjuru dunia bahkan ada juga yang di planet Mars!

1. Inggris

Seperti piramida yang ada di Mesir, piramida di Inggris juga berfungsi sebagai makam. Bedanya kalau di Mesir, itu adalah makam bagi seorang raja atau Firaun, piramida di Inggris ini adalah makam bagi 5 juta orang Inggris yang meninggal. Pembangunannya diprakarsai oleh Thomas Willson pada tahun 1829, piramida ini tingginya mencapai 94 lantai.

2. Roma

Kekaisaran Romawi kuno terkenal dengan kejayaannya. Hal tersebut membuat seorang hakim Romawi yang bernama Gayus Cestius ingin membuat sebuah piramida Mesir di tengah-tengah kota Roma yang difungsikan layaknya piramida Mesir yaitu sebagai makam dan tempat penyimpanan harta. Piramida ini tingginya 37 meter.

3. Piramida terbalik Meksiko

Meksiko juga terkenal dengan piramida milik bangsa Maya. Seorang arsitek kemudian bermaksud untuk membangun piramida yang letaknya di bawah tanah. Piramida ini nantinya akan diproyeksikan sebagai sebuah pusat kota di bawah tanah yang berupa perkantoran, rumah bahkan pusat perbelanjaan.

4. Piramida Agung Cholula

Apa piramida terbesar di dunia? Giza. Benarkah? Coba simak piramida terbesar di wilayah Meksiko tengah sampai timur ini. Konon meski tidak setinggi Giza, namun luasnya dua kali lipat lebih besar. Menurut para arkeolog, Piramida Agung Cholula dibangun oleh banyak peradaban kuno yang bermukim di Meksiko.

5. Sudan

Negara Sudan juga memiliki banyak sekali piramida yang dibangun sekitar abad ke-3 masehi. Tingginya bermacam macam mulai dari yang 6 meter sampai yang mencapai 36 meter.

6. Cina

Piramida ini masih dalam tahap penelitian. Konon raja pertama dinasti Cina kuno membangunnya tahun 246 - 208 SM oleh 700.000 pekerja pria. Sang raja dikuburkan bersama permaisuri dan putera mahkotanya juga tidak lupa harta kekayaannya. Tapi diketahui di dalamnya mengandung banyak jebakan untuk menghalau pencuri.

7. Piramida jungkir balik Slovakia

Biasanya piramida berbentuk prisma dengan ujung runcing menghadap ke atas. Piramida unik di Bratislava, Slovakia ini justru bagian runcingnya yang menghadap bawah. Tingginya mencapai 80 m dan gedung ini berfungsi sebagai gedung seni dan pergelaran setempat.

8. Piramida Helm

New York meski hanya sementara, pernah memiliki piramida sendiri. Pada akhir Perang Dunia I, ribuan helm dari tentara Jerman yang tertangkap dibawa kembali ke Amerika lalu mereka menumpuk helm-helm tersebut menjadi piramida di Grand Central Terminal.

9. Gunung Padang

Indonesia juga punya piramida loh! Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikumt. Lokasinya berada Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ini merupakan kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Konon situs gunung padang dibangun oleh sebuah peradaban yang lebih tua yaitu diperkirakan 4.700-10.900 tahun SM. Hingga kini penelitian masih dilakukan untuk menguak misterinya.

10. Piramida di Mars?

The Curiosity, sebuah robot penjelajah yang dikirim ke Mars menemukan sebuah penampakan batu yang lebih dari sekedar batu biasa. Itu adalah sebuah piramida yang sangat mirip dengan apa yang ada di Mesir. Kira-kira siapa yang bikin ya? Marvin the Martian mungkin, hehehe.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top