[MENYEDIHKAN...] 9 Bencana Alam Terdahsyat

Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kejadian buruk, apalagi sebuah bencana alam. Saatnya sekarang kita berduka, dan mari coba lihat bencana alam apa saja yang terburuk dan pernah terjadi di dunia ini. 

1. Badai Katrina


Badai ini sungguh terkenal sampai keseluruh dunia. Badai tersebut terjadi pada bulan Agustus dan menyebabkan area New Orleans 80% tertutup oleh banjir. Kerugian yang dialami pun mencapai lebih dari USD 80 Milliar.

2. Topan Nargis


Pada tahun 2008, Topan ini menghantam Sri Lanka serta Burma. Lebih dari 135,000 orang meninggal dalam bencana ini.

3. Banjir China 


Meskipun sudah cukup lama, tetapi di tahun 1930 pernah terjadi sebuah banjir bandang besar yang terjadi karena peluapan pada sngai Yangtze serta Huai. Angka kematian pun diprediksi lebih dari 400,000 orang.

4. Topan Bhola


Terjadi pada tahun 1970, topan tersebut membobardir kota Bangladesh. Saking dahsyatnya, topan ini memakan korban sebesar 500,000 orang.

5. Bocornya Tanggul Banqiao


Tanggul ini dirancang untuk menapung air hujan setinggi 12 inci perharinya. Namun, pada tahun 1975, terjadi hujan deras hingga ketinggian mencapai 40 inci, sehingga tanggul pun tak sanggup menampungnya lagi. Sebanyak 6 juta gedung runtuh karenanya.

6. Volkano Nevado del Ruiz


Erupsi yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik ini memberikan kerugian sebesar USD 7.7 Miliar bagi negara Kolombia

7. Gempa Bumi Tangshan


Satu lagi bencana alam di China. Kali ini, bencana yang terjadi pada tahun 1976 memakan korban hingga 250,000 orang. Gempa 7.8 skala richter ini memang sungguh heboh dan benar-benar memukul seluruh warga China.

8. Tsunami di Samudera Hindia


Ingatkah kejadian di Aceh pada tahun 2004? Ya, ini disebabkan oleh karena tsunami dari Samudera Hindia yang menewaskan lebih dari 225,000 orang di 11 negara korban bencana. Namun, respon atau pertolongan dari dunia pun sungguh hebat. Hampir lebih dari USD 7 Miliar disumbangkan melalui badan sosial.

9. Erupsi gunung Vesuvius


Ketika erupsi, tidak hanya mengeluarkan lahar panas, gunung ini juga menghasilkan hujan abu bercampur batu sehingga menghujani kta Pompeii dan menghancurkan kota Herculaneum. Belum cukup sampai disitu, erupsi ini memakan korban hingga 25,000 orang.

Pizna berharap, tidak akan terjadi lagi bencana alam atau hal lain yang membahayakan seluruh umat manusia di negeri ini.

[Megan Faustine]

Scroll To Top