Katanya Mahasiswa ITB itu keren. Yakin?

Banyak anak SMA yang sangat mendewakan ITB, sampai mau ngelakuin apapun agar bisa kuliah di sana. Ternyata banyak fakta yang belum mereka tahu. Dan fakta-fakta tersebut justru bikin mahasiswa ITB makin keren. Cek artikel ini..........................................................

Jadi bagian dari Kampus Ganesha menjadi impian bagi sebagian anak SMA dan SMK yang berniat untuk melanjutkan kuliah. Bagi mereka, nama ITB sangat berkilau. Selain kampusnya bagus, banyak juga yang berpendapat kalo jadi mahasiswa ITB itu super keren. Apa yang membuat mereka berpendapat seperti itu? Ini dia penjelasannya:


Mahasiswa ITB itu keren karena sering ‘dicari’ sama beasiswa



Beasiswa di ITB memang cukup banyak loh. Berlebih malahan. Buat mahasiswa yang tidak mengajukan kadang-kadang malah dipaksa-paksa buat ngajuin. Jadi, bukan mahsiswa nya yang nyari, tapi malah dicari. Jadi sayang banget kalo dilewatin kan.


Mahasiswa ITB itu keren karena kalo UTS, belajarnya H-2 atau H-1



Karena tuntutan banyaknya tugas kuliah, laporan praktikum, maupun banyaknya kuis mendadak,  mahasiswa ITB punya kebiasaan belajarnya mendekati ujian, yaitu H-2, H-1, atau dengan sistem kebut semalam. Keren kan?


Mahasiswa ITB itu keren karena jagonya eksis, soalnya buat mahasiswa yang berprestasi biasanya ditempel poster raksasa di gerbang Ganesha




Jadi mahasiswa ITB itu keren karena sering eksis, contohnya ya kalo sering menang lomba, foto mereka akan dipajang di gerbang Ganesha.


Mahasiswa ITB itu keren karena kalo setelah lulus udah pasti ‘dilirik’ sama perusahaan ternama, baik dalam maupun luar negeri



Alumnus ITB merupakan alumnus yang dinilai banyak dilirik perusahaan-perusaahn besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk duduk di posisi-posisi strategis. Bahkan, beberapa pendapat orang menyebut bahwa fresh graduate ITB terkenal berani pasang tarif tinggi.


Mahasiswa ITB itu keren karena terkenal kritis dan memiliki pola pikir terbuka



Walaupun (katanya) sombong, alumni ITB secara terbuka ramai mengkritik almamaternya sendiri. Lihat milis dan blog bertema ITB. Terkadang kritiknya pedas, sehingga debat kusir sering terjadi di dunia maya. Uniknya, pemikiran terbuka dan perdebatan itu berjalan konstruktif.  Mahasiswa ITB itu keren karena mereka  dibiasakan untuk bisa memiliki pola pikir open minded. Pola pikir ini keren loh, karena sangat berguna untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik


Mahasiswa ITB itu keren karena banyak yang akhirnya berkecimpung di dunia politik Indonesia atau jadi tokoh politik yang terkenal



Saat Dies Emas ITB 2009 kemarin,  Jusuf Kalla yang diberi amanah untuk untuk memberi pidato berkata. “Kalau negeri ini gagal, maka ITB harus bertanggung jawab,” Argumen Kalla waktu itu dinilai cukup benar karena ITB menempatkan tujuh alumninya di kabinet SBY-JK. Kalau jadi mahasiswa ITB, berkesempatan untuk menjadi penerus dua orang ITB yang pernah meraih kursi RI 1. Siapa lagi kalo bukan Soekarno dan Habibie.


Mahasiswa ITB itu keren karena bisa menembus ketatnya seleksi masuk ITB



Faktanya, ga semua mahasiswanya diterima di jalur Seleksi Undangan atau SNMPTN. Apalagi, Passing Grade untuk masuk ITB terkenal tinggi. Contohnya FTMD, salah satu fakultas di ITB, pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Passing Grade nya mencapai 42% dengan peminat sebanyak 6955 orang, sedangkan kursi yang tersedia hanya 300. Ngeri banget kan? Nah, makanya akan tercipta sebuah kebanggaan apabila jadi mahasiswa ITB, karena mereka berhasil menembus ketatnya seleksi masuk ITB


Mahasiswa ITB itu keren karena punya kesempatan besar buat lanjut kuliah di luar negeri




Saat ini, Institut Teknologi Bandung telah mengikat kerja sama dengan berbagai universitas luar negeri, antara lain salah satunya dengan Technischen Universitat Hamburg-Harburg (TUHH) Hamburg, Prude University, Portland University, Portland State University, University of Arizona, South Carolinna University, dan masih banyak lainnya. Kerjasama ini memungkinkan mahasiswanya untuk mencicipi gimana rasanya kuliah di luar negeri, sekaligus jalan-jalan di sana. Keren banget kan.


Mahasiswa ITB itu keren karena memiliki ikatan alumni yang solid



Kekuatan alumni inilah yang sering terlupa. ITB terkenal punya jaringan yang menggurita di pemerintahan, BUMN, BUMS, dan memiliki kekuatan ikatan alumni. Kesolidannya terihat dimana ketika ada alumninya yang promosi jabatan, maka semua alumni serentak mendukung. Mereka juga secara aktif menempatkan alumni terbaiknya di institusi penting itu dan merekrut juniornya untuk turut mewarnai institusi.


Mahasiswa ITB itu keren karena ga pernah nyontek dan punya pelajaran khusus buat anti-korupsi



Jadi mahasiswa ITB itu keren karena mereka punya program anti nyontek saat ujian. Program ini punya tujuan, yaitu memberikan pendidikan awal untuk tiidak korupsi. Nah, setiap akan ujian banyak spanduk atau poster dilarang menyontek yang dipasang di kampus. Peraturan ini berlaku untuk semua mahasiswa, dan mahasiswa yang melanggar harus bersedia menerima konsekuensi nya. Ga main-main, kalo nyontek, mereka dilarang kuliah untuk satu semester.


Mahasiswa ITB itu keren karena berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan



Jadi mahasiswa ITB itu keren karena mereka diwajibkan untuk ikut serta dalam pengabdian masyarakat. Jadi, mereka harus terjun ke masyarakat gitu. Contohnya adalah Ganesha Hijau. Saat ini Ganesha Hijau ikut berpartisipasi melakukan program Walikota Bandung yaitu Kampung Berkebun di daerah Cisitu, kelurahan Dago. Mereka membantu masyarakat berkebun dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Masyarakat pun terbantu dengan banyaknya relawan dari Ganesha Hijau.


Mahasiswa ITB itu keren karena mereka punya kantin kejujuran. Karena kantin ini, mereka dibiasakan untuk selalu bersikap jujur kapanpun dimanapun.



Sikap jujur ini merupakan sikap yang harus dipertahankan dimanapun, termasuk ketika di dalam lingkungan kampus. Nah, untuk melatih sikap ini, maka ITB memiliki kantin kejujuran. Makanan diletakkan di kantin tanpa ada penjaga makanannya. Jika ingin membeli makanan, pembeli membeli makanan dan meletakkan uang sesuai harga yang tertera. Hal ini dapat memupuk kejujuran untuk setiap mahasiswa.


Mahasiswa ITB itu keren, karena mereka terkesan sebagai anak nerd sekaligus gaul



Sudah bukan rahasia lagi kalo orang yang bisa masuk ITB cuma orang yang punya kapasitas intelektual diatas rata-rata. Ujian masuk kampus ini pun seperti harga mati, karena memang tidak sembarangan yang bisa menduduki 3000 kursi setiap tahunnya lewat jalur SNPMTN dan SBMPTN.

Tapi, meskipun tuntutan kampus yang mensyaratkan mereka buat rajin belajar, hal itu gak serta merta membuat image mahasiswa ITB jadi cupu loh. Hal ini dikarenakan posisi geografis Institut ini terletak di kota Bandung, kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Selain itu, Bandung juga dijuluki kota wisata kuliner karena banyaknya variasi makanan maupun tempat hang-out untuk makan. Apalagi ditambah dengan banyaknya komunitas anak muda yang tersebar se-antero kota. Jadi, anak ITB itu keren karena mereka punya image pinter tapi tetep gaul.


Mahasiswa ITB = Menantu Idaman



Udah pinter, keren, prospek kerja cerah, gaul...pokoknya mahasiswa ITB itu menantu idaman banget!


Arditya G.F

Scroll To Top