Masih Inget Game - Game PS1 yang Seru Banget Ini? Masa Kecilmu Bahagia

Tidak bisa dipungkiri bahwa PS1 atau sering hanya disebut dengan PlayStation pernah menjadi fenomena luar biasa di dunia game khususnya di Indonesia. Seiring populernya PlayStation di indonesia, rental PlayStation mulai muncul kemudian menjamur di berbagai lokasi.


Sony PlayStation atau PS1

Biasanya anak - anak akan terus menggerombol di rental - rental sepulang sekolah dan di hari libur. Ada bahkan yg sampai patungan untuk bisa bermain ramai - ramai. nah dari situ mulai dikenal game - game yang sangat seru dan juga mengasyikkan jika dimainkan beramai - ramai. Pizna dulu pernah juga lho Pizners tiap hari minggu bareng temen - temen ke rental PS rame - rame. Hmmm, jadi pengen balik ke masa kecil lagi...



1. Crash Team Racing
Game balap lucu - lucuan ini sangat populer dulu apalagi untuk dimainkan rame - rame. Grafis yang lucu serta fitur - fitur yang menjamin keseruan seperti adanya jebakan - jebakan yang bisa dipasang untuk menghalangi pemain lawan menang adalah alasan game ini kelewat seru.




2. Nascar Rumble
Game ini memang berlisensi resmi dari Nascar sehingga mobil dan nama - nama pembalapnya memang asli, namun konsepnya jauh dari balap Nascar. Balap mobil yang terkesan brutal dengan berbagai power-ups serta senjata - senjata yang bisa diaktifkan terbukti ampuh menarik minat banyak anak kecil untuk betah memainkan game ini rame - rame.




3. Metal Slug
Satu seri game petualangan yang sebelumnya populer di dunia arcade ini terbukti diminati banyak anak kecil. Karakter - karakter yang terlihat imut serta petualangan yang seru di berbagai latar tempat dan dikemas dalam grafis bergaya 2D namun memikat merupakan komposisi juara dari game ini.




4. Bishi Bashi Special
Konsep dari game ini sebenarnya adalah all-in-one game dimana memang ada berbagai jenis permainan yang bisa dimainkan bersama dengan banyak teman. Pada dasarnya masing - masing jenis permainan dikemas seperti satu mini game. Permainan yang tersedia tergolong unik sehingga sangat menyenangkan untuk dimainkan.




5. Bloody Roar 2
Salah satu game dengan konsep pertarungan yang mempunyai konsep lain daripada yang lain. Masing - masing karakter mampu berubah menjadi  sosok hewan buas yang mempunyai kekuatan - kekuatan uniknya. Keseruan dalam mengeluarkan kombo serta finisher adalah alasan game ini populer dimainkan rame - rame bahkan untuk semacam kompetisi.




6. Winning Eleven
Nah kalo game ini sudah jelas lah popularitasnya. Sampai sekarang pun di berbagai konsol masih terbukti game bola satu ini populer untuk main rame - rame. Jaman Pizna dulu masih aktif di rental PS, bahkan ada yang namanya kompetisi kecil - kecilan yang diadakan hanya untuk seru - seruan. Tanpa biaya dengan hadiah gratis akses selama 60 menit.




7. Tekken
Karakter seperti Kazuya Mishima, Jin Kazama, serta Lei Wulong adalah beberapa karakter populer dari seri game yang juga memang sangat terkenal ini. Mengambil konsep pertarungan dengan berbagai kombo dan finisher unik dari masing - masing karakter, game ini hampir pasti selalu ada di setiap rental PS. Tokoh favorit Pizna dulu adalah Yoshimitsu si Samurai dengan katana super hebatnya...




8. Army Men 3D
Dulu ketika belum ada seri game perang seperti Call of Duty atau Battlefield yang sangat populer saat ini, game Army Men3D adalah game perang yang sangat menarik. Mengambil konsep miniatur tentara yang bisa bergerak, perang yang berlangsung terjadi dengan latar area bermain atau bahkan kamar tempat mereka disimpan. Adanya menu game untuk bertanding satu lawan satu menjadikan game ini selalu seru dimainkan rame - rame.




9. Capcom vs SNK
Seri game pertarungan memang sangat banyak dulu ketika era PS1. Salah satu yang terkenal adalah seri Capcom vs SNK. Tokoh - tokoh buatan Capcom dan SNK digabungkan menjadi satu dalam seri game ini untuk saling bertarung. Keanekaragaman tokoh untuk dipilih menjadikan game ini menarik untuk dimainkan dengan banyak orang.




10. Rival Schools
Game ini mengambil tema persaingan antar sekolah. Terdapat berbagai jenis karakter yang menggambarkan anak - anak sekolah khususnya SMA pada waktu itu. Konsep tag-team yang unik dimana setiap pemain bisa memilih dua karakter yang bisa digunakan bergantian dalam satu pertarungan menjadikan game ini sangat seru.



11. Gran Turismo
Di PlayStation ada dua seri game Gran Turismo yaitu Gran Turismo serta Gran Turismo 2. Meski pada dasarnya game ini merupakan game simulasi, namun fiture multiplayernya terbukti sangat menarik. Berbagai mobil yang realistis dalam tampilan maupun pengendalian akan mampu menunjukkan kemampuan pemain memainkan game ini. Bahkan terdapat fitur untuk menampilkan mobil yang dimiliki pemain di mode karir untuk bertanding.




12. Dance Dance Revolution
Sebelum ada game seperti Guitar Hero, yang sangat Pizna sukai, dulu ada game berjudul Dance Dance Revolution yang sebetulnya memiliki konsep sama dengan Guitar Hero hanya dalam hal yang sedikit berbeda karena diasosiasikan dengan berjoget. Untuk dimainkan bersama teman, game DDR ini terbukti sangat seru dan menyenangkan dengan berbagai lagu yang tersedia.




13. Tony Hawk's Pro Skater
Game berkonsep permainan skater ini sangat sering terlihat dimainkan salam mode multiplayernya. Sangat seru memang ketika beradu dengan teman dalam hal skor yang tercipta dari bergaya bebas di game ini seperti yang dulu Pizna sering lakukan meski seringnya kalah.




14. 3 Xtreme
Game ini merupakan game berkonsep balap dengan peserta dari berbagai macam latar belakang serta bentuk. Hal itu sudah menjadikan game ini sangat menarik karena pada era PS1, masih sedikit game yang memberikan banyak pilihan karakter untuk dimainkan. Tentunya menu multiplayernya sangat seru apalagi ketika dimainkan beramai - ramai bahkan bisa sampai 4 orang.




15. Crash Bash
Konsep game ini hampir mirip dengan Bishi Bashi Special dimana ada berbagai mini game yang dapat dimainkan beramai - ramai. Tujuan akhir dari berbagai mini game yang tersedia adalah utnuk saling mengalahkan pemain - pemain lain yang ikut bermain. Yang pasti, mini game yang tersedia cenderung lucu bahkan aneh yang menambah keseruan game ini.




16. International Track & Field
Pada masanya mungkin cenderung terasa membosankan dan tidak begitu populer. Namun untuk merasakan keseruan bermain PS bersama teman - teman, game ini satu game yang layak dimainkan. Kemampuan utnuk menekan tombol secepat mungkin berulang - ulang dan pada saat yang tepat terbukti menjadi satu hal yang sangat menarik untuk diadu.




17. Bust-A-Move 2
Game dengan konsep sederhana ini sangat mampu memberikan keseruan dalam bermain PS bersama teman - teman. Idenya sederhana yaitu siapa yang berhasil membersihkan gelembung - gelembung dari layar paling cepat dialah yang menang. Konsep sederhana yang bahkan sampais ekarang masih bertahan bahkan di berbagai konsol.




18. Bomberman World
Game yang identik dengan meledak - ledakan sesuatu ini ternyata juga populer di PS apalagi dengan adanya fitur multiplayer yang membuatnya semakin seru. Intinya adalah bagaiman meletakkan bom di tempat yang tepat agar pemain lawan terkena bom tersebut.




19. Dragon Ball GT Final Bout
Diangkat dari satu serial anime favorit berjuta - juta anak kecil bahkan orang dewasa, game ini terbukti ampuh untuk menghidupkan suasana bermain game rame - rame. Tokoh - tokohnya cukup banyak yang dapat dilengkapi tepat diawal game dengan menekan tombol - tombol yang ada dalam urutan dan jumlah tertentu. Gambar yang terbilang sangat bagus pada masanya juga menambah popularitas serta keseruan game ini. Satu hal yang menurut Pizna ngeselin adalah joystik yang jadi gampang rusak karena harus ditekan berulang - ulang dan cepat.




20. Eternal Wings
Game ini adalah game balap mobil miniatur yang disebut Mini 4WD atau lebih dikenal dengan sebutan Tamiya. Adanya film seri dari game ini yang juga tayang di Indonesia saat itu membuat game ini cukup populer dimainkan rame - rame. Pizna sendiri dulu sangat nge-fans dengan game ini. bahkan nggak cuma memainkan gamenya, Pizna juga rajin memainkan Tamiya dalam wujud aslinya lho.





Itu tadi game - game di PS1 atau PlayStation yang memang sangat populer dan sangat mengasyikan jika dimainkan beramai - ramai. Gimana, Pizners jadi merasa kembali ke masa - masa memainkan game - game itu? Sangat disayangkan bahwa game - game yang ada saat ini sangat sedikit yang mampu memberi kesan seperti game - game itu tadi. Game - game yang ada sekarang hanya fokus pada tampilan grafis dan biasanya hanya bisa dimainkan oleh satu orang dalam satu konsol atau media yang sama. Sayang sekali...



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top