Lika-liku 7 Presiden RI Memimpin Negeri

Museum Presiden di Istana Bogor


Di usia yang mencapai 69 tahun, sudah banyak hal terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah pergantian presiden yang sudah terjadi berulang kali. Tercatat ,sudah ada 7 nama presiden Indonesia termasuk yang saat ini sedang menjabat. Tentunya dari 7 nama presiden tersebut, ada banyak hal yang sangat sayang untuk dilewatkan meliputi perjalanan karir mereka serta lika - liku yang terjadi di dunia politik Indonesia seiring terjadinya pergantian kekuasaan di Indonesia. Berikut 7 nama presiden Indonesia beserta segala hal baik serta buruk yang terjadi di masa kepemimpinan mereka.


Soekarno

Presiden pertama Indonesia ini lahir di Surabaya pada pada tanggal 6 Juni 1901. Masa jabatannya sebagai presiden berlangsung dalam periode 1945 sampai 1966. Satu peranan penting yang dimainkan oleh Soekarno adalah sebagai Proklamator Kemerdekaan indonesia bersama dengan Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945.

Tidak ada yang mudah bagi Soekarno ketika menjabat presiden pertama Indonesia karena bayangan penjajah yang masih enggan melepaskan serta meninggalkan indonesia masih sangat kelam. Terbukti dengan adanya kejadian - kejadian genting seperti Agresi Militer Belanda II yang bahkan menjadikan Soekarno ditahan Belanda meski posisinya sebagai presiden Indonesia saat itu. Wibawa yang kuat dari Soekarno bahkan membuat dunia internasional saat itu mengecam Belanda dan menganggap bahwa Soekarno memang satu - satunya pemimpin sah Indonesia. 



Positif
Kombinasi luar biasa dari Soekarno dan Hatta yang disebut sebagai Dwitunggal terbukti mampu menghadapi berbagai masalah internal. Satu ide cemerlang Soekarno adalah ketika mencetuskan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 atas keprihatinan Soekarno pada kondisi negara - negara Afrika. Soekarno juga berusaha untuk selalu terlihat di dunia internasional melalui politik bebas-aktif yang terbukti berdampak positif saat itu.

Negatif
Namun, tentunya keterpurukkan sudah pasti mempunyai masanya sendiri. Terjadinya pembunuhan 6 jenderal dalam peristiwa G30S yang menganggap PKI sebagai pelakunya adalah sumber malapetaka bagi Soekarno. Massa KAMI dan juga KAPI yang beranggotakan pelajar serta mahasiswa menyampaikan Tri Tuntutan Rakyat yang salah satunya meminta membubarkan PKI. Pandangan Soekarno bahwa hal itu bertentangan dengan Nasakom membuatnya menolak membubarkan PKI.

Satu surat perintah bernama Supersemar kemudian dikeluarkan oleh Soekarno yang meminta Letnan Jenderal Soeharto untuk menangani masalah PKI. Kemudian Supersemar yang sampai saat ini pun masih menjadi suatu misteri disahkan menjadi TAP MPR yang memberikan kuasa Soeharto untuk menjadi presiden kapan pun jika presiden berhalangan. Setelah dua pidato pertanggungjawaban sikap atas G30S dari Soekarno ditolak, akhirnya Soekarno diturunkan dari jabatan Presiden dan digantikan Soeharto.


Soeharto

Sebagai presiden kedua Indonesia, Soeharto bermula dari karir militer. Pada masa Soekarno, beliau menjadi pemimpin militer tertinggi. Menyusul kejatuhan Soekarno, Soeharto yang dikenal dengan julukan The Smiling General menjadi Presiden kedua Indonesia dalam rentang waktu sangat lama dari tahun 1967 sampai 1998. 

Masa kepemimpinan Soeharto yang lahir di Yogyakarta 8 Juni 1921, disebut sebagai masa Orde baru dengan berbagai peninggalan yang masih tetap menarik untuk diperbincangkan sampai hari ini. Awal mula pengambilalihan jabatan presiden oleh Soeharto pun juga masih bisa dibilang sebagai misteri. Khususnya apakah Supersemar memang sah dan benar adanya.



Positif
Diluar kontroversi naiknya Soeharto menjadi presiden, dalam masa jabatannya, terdapat juga prestasi yang luar biasa. Salah satunya adalah berhasilnya swasembada beras pada tahun 1984. Bahkan pada 1985, satu juta ton gabah disumbangkan Soeharto atas nama Indonesia yang membuat satu medali emas dianugerahkan oleh FAO. 

Pada tahun 1988 program KB sukses dilaksanakan sehingga Soeharto mendapat piagam penghargaan dari PBB pada 1989. Bahkan, dalam usia 76 tahun pada 1997 Soeharto mendapat anugerah Bintang Lima atau Pangkat jenderal Besar.

Negatif
Krisis keuangan yang terjadi di Asia pada 1997 juga berdampak bagi Indonesia yang ternyata menjadi awal jatuhnya Soeharto dari kursi presiden. Pada 1 Mei 1998, tuntutan agar Soeharto mundur yang mengarah pada kerusuhan Mei 1998 akhirnya berhasil membuat Soeharto melepas jabatannya. Saat itu hanya berselang 70 hari dari pelantikan sebagai Presiden untuk periode ke tujuh. 

Banyak hal yang dianggap sebagai peninggalan Soeharto termasuk fakta bahwa masa Orde baru merupakan masa terkorup dari Indonesia. Satu usaha untuk mengadili Soeharto dihalangi oleh kondisi kesehatan yang memburuk hingga akhir hayatnya pada 27 Januari 2008.


Bacharuddin Jusuf Habibie

Meski menjadi wakil presiden dan juga presiden dengan masa jabatan paling pendek, namun tetap saja satu nama ini pernah menjadi orang nomer 1 di indonesia. Lahir di Parepare pada 25 Juni 1936, Habibie naik menjadi presiden Indonesia pada 21 Mei 1998 menyusul pengunduran diri Soeharto setelah kerusuhan Mei. 

Pada 20 Oktober 1999 beliau digantikan oleh Gus Dur sebagai presiden terpilih pemenang pemilu 1999. Hanya selama 1 tahun 5 bulan Habibie yang lebih dikenal dalam bidang teknologi menjabat sebagai presiden Indonesia. Dalam masa jabatan singkatnya, beliau yang diwarisi keadaan kocar - kacir dari Indonesia justru mampu menunjukkan bukti nyata usaha - usahanya dalam memperbaiki peninggalan Soeharto.



Positif
Meski ditengah kontroversi karena adanya pihak pro dan kontra menyoal naiknya Habibie sebagai presiden, berbagai langkah dilakukannya untuk Indonesia yang lebih baik. Satu bukti nyatanya adalah menguatkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS yang mencapai titik Rp 6500 saja. 

Berbagai hal dalam bidang ekonomi juga dilakukan seperti melikudasi bank - bank bermasalah serta mereformasi ekonomi sesuai instruksi IMF. Paling tidak, dalam masa jabatan yang hanya singkat, justru terlihat usaha keras dan bukti nyata dari usaha Habibie demi Indonesia.

Negatif
Disamping adanya hal - hal positif dalam masa pemerintahan Habibie, beberapa masalah juga terjadi. Salah satunya adalah kasus merdekanya Timor Timur dari indonesia. Hal ini dituding sebagai kesalahan pemerintahan Habibie yang tidak meminta pendapat terlebih dahulu sebelum memberikan pilihan untuk merdeka bagi Timor Timur dalam jajak pendapat. Hingga akhirnya membawa Timor Timur lepas dari RI. Hal ini kemudian berimbas pada Aceh dan Papua yang juga menuntut kemerdekaan dari Indonesia.


Abdurrahman Wahid

Lahir di Jombang pada 7 September 1940, Abdurrahman Wahid merupakan seorang tokoh muslim Indonesia yang sangat dikenal dan juga merupakan pemimpin politik. Dikenal juga dengan nama Gus Dur, PKB atau partai kebangkitan Bangsa adalah pembuka jalan untuk meraih kursi presiden Indonesia. Menggantikan Habibie pada 20 Oktober 1999, Gus Dur menjabat sebagai presiden Indonesia hingga 23 Juli 2001.



Positif
Bersama dengan kabinet yang berwarna - warni karena terdapat berbagai partai politik yang berkoalisi serta TNI serta non-partisan, Gus Dur melancarkan serangan mengakhiri rezim orde baru. Pembubaran Departemen Penerangan serta Departemen Sosial merupakan bukti nyata dari langkah Gus Dur menghapus orde baru.

Negatif
Ditengah langkah - langkahnya dalam mereformasi politik dengan mengeluarkan militer dari panggung politik, justru terjadi berbagai skandal yang disangkutkan dengan Gus Dur. Bullogate serta Bruneigate merupakan dua skandal yang melibatkan Gus Dur.

Banyaknya pemecatan dan pencopotan menteri - menteri dari kabinetnya lama kelamaan melemahkan hubungan Gus Dur dengan berbagai partai dan kalangan politik. Berbagai keputusan kontroversial juga memperburuk posisi politiknya. Contohny,a diizinkannya bendera bintang kejora berkibar di Papua Barat di bawah bendera Indonesia. 

Pencetusan untuk membubarkan DPR jika Indonesia masuk dalam anarkisme semakin meningkatkan gejolak gerakan anti-Wahid. Pada 23 Juli 2001, setelah melalui kemelut yang cukup rumit akhirnya Gus Dur resmi diberhentukan sebagai Presiden dan digantikan oleh Megawati.


Megawati Soekarnoputri

Lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947 dengan nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri, presiden Indonesia kelima ini merupakan presiden wanita pertama Indonesia dan satu - satunya sampai saat ini. Masa jabatannya sebagai presiden berlangsung dari 23 Juli 2001 sampai 20 oktober 2004 meneruskan masa jabatan kepresidenan Gus Dur. Pada masa Gus Dur, Megawati menjadi wakil presiden.



Berawal dari tahun 1986 ketika terjun ke dunia politik, Megawati hanya butuh satu tahun untuk menjadi anggota DPR. Perjalanan karir politiknya diwarnai perjuangan yang luar biasa dalam kubu Partai Demokrasi Indonesia yang merupakan partai yang diusung Megawati. 

Pendomplengan posisi Megawati dari ketua PDI pada 1996 justru menaikkan semangatnya untuk melawan. Pada akhirnya di pemilu 1997, dibawah ketua yang PDI diakui yaitu Soerjadi, perolehan suara PDI merosot tajam.

Positif
Pada tahun 1999 akhirnya Megawati mengubah nama PDI yang dia pimpin menjadi PDI Perjuangan yang langsung mampu mendominasi pemilu 1999. Meski plot politik menjadikan Gus Dur sebagai presiden pada saat itu, akhirnya pada tahun 2001 Megawati menggantikan Gus Dur. 

Satu prestasinya adalah menguatkan demokrasi di Indonesia dengan mencetuskan pemilu presiden secara langsung meskipun pada akhirnya karena pemilu seperti itu Megawati kalah dari SBY pada tahun 2004. Sejak berhentinya Megawati dari jabatan presiden beliau masih aktif dalam dunia politik hingga pada 2014 memuluskan jalan Joko Widodo untuk menduduki kursi presiden Indonesia.

Negatif
Hal yang dianggap menjadi sisi negatif atau kegagalan pemerintahan Megawati adalah maraknya privatisasi BUMN. Hal ini berarti bahwa BUMN semakin diminimalisir pengelolaannya serta kepemilikannya oleh negara. Tentunya hal ini merugikan negara. Disisi lain semakin longgarnya penanganan BLBI juga satu hal negatif dari era presiden Megawati.


Susilo Bambang Yudhoyono

Pacitan, Jawa Timur merupakan tempat kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono yang kembali menunjukkan eksistensi kalangan militer di Indonesia. berlatarkan militer, SBY menjabat sebagai presiden Indonesia dalam dua periode mulai dari 20 Oktober 2004 sampai 20 oktober 2014. 

Setelah runtuhnya orde baru dan dimulainya reformasi Indonesia, SBY merupakan presiden Indonesia yang mampu menyelesaikan masa jabatannya selama 5 tahun dan bahkan terpilih kembali untuk kedua kalinya.



Setelah sempat terhenti karirnya pada masa Gus Dur, SBY mendirikan Partai Demokrat yang kemudian mengangkat namanya untuk berhasil menjadi presiden padaa pemilu 2004. Sebagai presiden pertama yang terpilih dalam pemilu presiden secara langsung, beban berat memang ditanggung SBY. Fokus pada masa pemerntahan SBY adalah pemberantasan KKN serta penanggulangan narkoba, perdagangan manusia, serta perjudian.

Positif
Bisa dibilang juga bahwa SBY merupakan presiden dengan banyak cobaan dari bencana alam karena dalam masa jabatannya terjadi bencana alam besar seperti tsunami Aceh, gempa bumi Yogyakarta, gunung meletus di berbagai daerah, banjir besar, serta bencana lumpur Lapindo yang semakin menjadi beban SBY. 

Layanan SMS presiden serta akun media sosial Twitter dibuat dan dijalankan untuk lebih mendapat masukan serta dukungan langsung dari masyarakat. Satu lembaga kepresidenan yang dibentuk SBY dalam membantu upayanya memulihkan Indonesia adalah Unit Kerja Presiden Pengelolaan Program dan Reformasi yang awalnya ditentang Partai Golkar.

Satu hal yang pasti adalah sejak berakhirnya Orde Baru dan sepanjang Reformasi, masa jabatan SBY adalah yang bisa dibilang lancar dari awal sampai akhir.

Negatif
Sudah pasti ada hal - hal yang tidak mengenakkan pada masa pemerintahan SBY. Satu hal yang pasti terasa adalah terjadinya kenaikkan harga BBM bersubsidi berkali - kali dalam era pemerintahannya. Meski pada akhirnya terjadi juga penurunan harga BBM bersubsidi tersebut tapi tetap saja harga terakhir dari SBY naik dari masa awal SBY berkuasa. 

Sistem pajak Neoliberalisme yang juga dianut SBY terbukti membebani masyarakat menengah kebawah. Dalam sistem pajak ini, orang kurang mampu justru membayar lebih namun orang mampu justru dikurangi pajaknya.



Joko Widodo


Nama ini merupakan nama yang saat ini sangat populer di Indonesia khususnya setelah menjadi presiden ke tujuh Indonesia. Lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961, sejak 20 Oktober 2014 resmi menggantikan SBY yang telah menjadi presiden Indonesia selama dua periode. Perjalanannya menuju kursi orang nomer 1 di Indonesia tergolong cepat. Berawal sebagai Wali Kota Surakarta dari 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 sampai 16 Oktober 2014.



Perjalanan
Berawal sebagai pengusaha mebel, namanya makin dikenal ketika dianggap mampu merubah kota Surakarta menjadi kota pariwisata serta budaya. Dianggap juga sebagai pemimpin baru yang benar - benar bersih karena latar belakangnya yang sangat berbeda dari presiden - presiden terdahulu, akhirnya Megawati mencalonkan Joko Widodo yang pada akhirnya terpilih sebagai presiden Indonesia. 

Pada awal kepemimpinan Joko Widodo sebagai presiden tentunya masih sangat banyak konflik pro dan kontra dari masyarakat.

Sebagian masih berpikir bahwa belum pantas seorang Joko Widodo menjadi presiden. namun satu hal yang pasti adalah segala sesuatu membutuhkan proses untuk mencapai hasil, karena itu alangkah lebih baiknya jika presiden Joko Widodo betul - betul diberikan kesempatan berkarya selama masa jabatannya dahulu sebelum dinilai.


Pada dasarnya, semua presiden Indonesia telah memberikan kemampuan terbaiknya selama menjabat sebagai presiden. Berbagai prestasi pastinya telah diberikan diiringi dengan perbaikan - perbaikan serta perubahan - perubahan demi indonesia yang lebih baik. Sudah saatnya bahwa masyarakat Indonesia meninggalkan peribahasa "karena nila setitik rusak susu sebelanga" yang berarti hanya karena satu kesalahan maka segala kebaikan yang sudah dibuat tidak lagi dianggap. 


Jika menghargai masa lalu beserta segala orang yang berperan di masa lalu saja tidak mampu, apakah mungkin kedepannya kita mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan menghargai satu sama lain?



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)


Menurutmu, siapakah presiden terbaik yang pernah memimpin Indonesia?

Scroll To Top