[Lady Rocker] Ini Dia Rocker Perempuan yang Mengguncang Dunia di Tahun 80'an

Hari ini, para ladies ini memang sudah nggak secantik dulu. Namun kualitas suara dan karyanya yang pernah mengguncang dunia tidak pernah pudar. Mereka membuktikan jika bukan hanya laki-laki saja yang bisa menguasai panggung megah music rock, perempuan juga bisa.

Mau tau siapa aja para Lady Rocker yang pernah mengguncang dunia di tahun 80'an? Chek it out, guys!


Chrissie Hynde


Yups, di urutan pertama ada Chrissie, ia adalah vokalis dari band "The Pretenders" yang memiliki karir sangat gemilang pada masanya dan bahkan lagu-lagunya masih bertahan hingga saat ini.

Sebelum mendirikan dan memimpin The Pretenders, Chrissie sudah menjelajahi musik Inggris dan Eropa beberapa tahun sebelumnya. Dan pada tahun 1978, ia akhirnya membentuk Pretenders. Salah satu lagu terbaiknya adalah Dont get me wrong.


Tina Turner


Tidak hanya terkenal sebagai perempuan yang seksi, Tina Turner adalah seorang bintang rock pada tahun 1984. Meskipun sebelumnya, ia mengawali karir sebagai penyanyi R&B, soul, punk. Tapi di tahun 80'an ia sukses menjadi penyanyi rock bonafit dan sukses dalam membawakan setiap lagunya.


Pat Benatar


Ia adalah Lady Rocker yang sukses membuat serangkaian album mainstream rock dengan genre hard rock, new wave, dan pop. Tidak bisa dipungkiri, ia memiliki pengaruh besar terhadap masa depan musik rock perempuan.


Patty Smyth


Ia adalah seorang Lady Rocker yang mumpuni pada zamannya. Ia menelurkan lagu-lagu rock kenangan yang menjadi hits di tahun 80'an dan menjadi salah satu rock star perempuan yang tercatat dalam sejarah seperti Chrissie Hynde dan Joan Jett.

Ia juga pernah merilis lagu duet dengan Scandal band dan lagu-lagu mereka yang bergenre mainstream rock seperti seperti Goodbye to you, The warrior, dan Never enough mendapatkan kesuksesan besar pada tahun 1987.


Joan Jett


Ia adalah musisi rock perempuan dengan silsilah rock paling lengkap. Karena statusnya sebagai anggota pendiri Runaways, yang membuktikan bahwa dia memang pantas dikagumi oleh penggemar punk rock, hard rock, mainstream rock dan bahkan heavy metal.

Ia berhasil memadukan feminimitas dengan gambar agresif yang didominasi oleh band hard rock laki-laki.


Stevie Nicks


Lady Rocker yang terkenal dengan suara rock yang kuat dan serak ini sudah sejak tahun 70'an menjadi anggota Rock Kingpins Fleetwood Mac. Lagu-lagunya yang masih eksis dan banyak digemari antara lain Edge of seventeen, stand back, dan talk to me.


Annie Lennox


Saat mendengar nama Annie Lennox, mungkin yang jelas terbayang dalam ingatan kamu adalah seorang perempuan berambut orange yang mengenakan pakaian ketat. Betul nggak?

Lagu-lagunya yang menjadi hits antara lain sweet dreams, here comes the rain again, would I lie to you?, missionary man, dan lain-lain. Ia adalah seorang Lady Rocker yang membawakan musik bergenre mainstream rock klasik.


Kim Gordon


Ia adalah seorang vokalis band aliran rock bernama Sonic Youth. Ia mungkin bukan seorang Lady Rocker yang paling populer di era 80'an, tapi  kontribusi dan pengaruh dari bandnya dalam sejarah musik rock memang pantas untuk dihargai.

Oleh: Desy L

Scroll To Top