TOP 8 Kampus Paling Angker di Yogyakarta versi Pizna

Ada banyak universitas di kota pelajar ini. Gedung-gedung kaum intelektual ini menjadi saksi bisu dari banyak fenomena spiritual. Kisah-kisah ini sudah menjadi urban legend. Banyak diketahui, tapi benar tidaknya masih menjadi tanda tanya.

Berdasarkan rumor di lapangan dan cerita dari berbagai narasumber, Pizna menyusun ranking "8 Kampus Paling Angker di Jogja". Berikut daftarnya:



8. UIN Sunan Kalijaga

Peringkat ke-8 dalam daftar ini diduduki oleh UIN Sunan Kalijaga. Lokasinya yang berada di salah satu wilayah paling ramai di Jogja ternyata tak membuat UIN bebas dari kesan angker. Apalagi di malam hari, jalan di depan UIN masih sangat minim penerangan, begitu pula dengan beberapa bagian kampus universitas ini.

Hantu di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN



Jangan salah, ada hantu juga di Universitas Islam ini. Tak banyak memang, tetapi beberapa mahasiswa kerap menemui berbagai gangguan ketika mereka mengambil kuliah sore atau malam. Salah satunya adalah hantu yang berada di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN. Menurut pengakuan salah satu mahasiswa yang menjadi responden Pizna, hantu itu kerap berulah dengan memainkan pintu atau mematikan lampu. 


7. Universitas Kristen Duta Wacana

Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (F.Teo. UKDW) sudah berdiri  pada tahun 1906 menduduki peringkat ke-7 dalam daftar ini. Udah lama banget ya. Fakultas ini berada di belakang. Minimnya cahaya matahari yang masuk membuat tempat ini lembab.

Hantu Wanita di Fakultas Teologi (Ruang Kuliah Lama Teologi) Universitas Kristen Duta Wacana


Banyak mahasiswa yang sering melihat penampakan sesosok wanita yang mengenakan baju panjang putih.  Tapi, sayangnya tak ada yang tahu siapa nama wanita itu.  Terkadang mbak-mbak yang tak bernama ini kerap duduk di tangga naik ruang kuliah.


6. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia. Terletak di Yogyakarta dan dibangun pada tahun 1945. Salah satu tempat horor di UII adalah di Ruang CLDS (Centre for Local Law Development Studies ) Fakultas Hukum UII. Mahasiswa fakultas ini sering dikejutkan dengan penampakan sesosok perempuan cantik, tetapi tidak memiliki kaki.

Hantu  “Fitri” di Ruang CLDS Fakultas Hukum UII



Wanita cantik tersebut terkenal dengan sebutan Fitri. Tidak ada yang tahu apakah Fitri itu mahasiswi fakultas Hukum UII atau bukan. Tetapi yang pasti, jika kamu memasuki ruang CLDS sendirian, sehabis maghrib atau malam hari, dapat dipastikan kamu akan bertemu hantu cantik ini.

Update: Berikut klarifikasi dari pihak CLDS UII yang disampaikan via email ke redaksi Pizna:



5. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1957. Walaupun relatif masih muda, UAD ternyata menyimpan cerita mistis yang melegenda di kalangan mahasiswa.

Penampakan sesosok wanita di Koridor Lantai 2 Kampus 2 UAD



Beberapa mahasiswa menuturkan bahwa sering terlihat sesosok wanita yang berjalan di koridor lantai 2. Terutama di depan ruangan dosen PBSI UAD. Tak hanya itu, sering terlihat juga penampakan di belakang ruang BK atau di parkir belakang. Terutama pada malam hari. Kerap juga tercium aroma wangi yang janggal di hari-hari tertentu, terutama hari Jumat dan Selasa.


4. UPN Veteran




Kampus yang belakangan makin difavoritkan oleh mahasiswa baru ini ternyata juga memiliki banyak cerita seram. Nggak hanya satu, ada banyak mahasiswa yang dikabarkan melihat berbagai sosok makhluk halus di lantai 4 kampus tersebut. Yang lebih ngeri lagi, penampakan ternyata juga kerap muncul di kelas dan laboratorium.

Salah satu lokasi yang nggak kalah angkernya terletak di dekat kampus ini, di sebuah pohon beringin yang berlokasi kurang lebih 100 meter dari pertigaan belakang UPN. Kabarnya, banyak kecelakaan yang memakan korban jiwa di tempat ini. Lokasi pohon beringin tersebut juga dianggap sebagai salah satu tempat paling angker dan mistis di Yogyakarta.


3. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup lama berdiri. Universitas kebanggaan warga DIY ini didirikan pada 21 Mei 1964. Di usia-nya yang telah menginjak 50 tahun ini, UNY telah menjadi saksi bisu berbagai macam kejadian. Berbagai kejadian horor juga banyak terjadi disini. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah "Hantu Sisca".

Hantu "Sisca" di Student Center UNY



Suatu ketika, mahasiswa UNY berniat untuk mengembalikan alat yang digunakan setelah manggung dalam acara kemahasiswaan UNY. Seperti biasa, alat-alat tersebut disimpan dalam gedung Student Center. Setelah semua alat dimasukkan, para mahasiwa berniat untuk mengunci pintu SC. Tak disangka, muncul sesosok wanita dari balik kaca jendela gedung SC tersebut. Dia tampak memanggil-manggil meminta untuk mendekat. Setelah dibukakakan pintu, wanita itu menghilang.

Di kalangan mahasiswa UNY sendiri, hantu wanita itu bernama Sisca. Ia merupakan hantu yang menjadi penunggu gedung Student Center UNY.

Hantu Mbak Nur di Basecamp  EDSA yang saat ini menjadi Fakultas Ekonomi UNY


Tempat yang satu ini cukup horor terutama ketika FE belum dibangun. Dulunya, lokasi ini adalah basecamp UKM EDSA (English Department Student Association). Memang terlihat angker karena pohon-pohon besar yang menjadi favorit para dedemit bergelantungan. 

Hantu yang terkenal ditempat ini salah satunya adalah Mbak Nur. Biasanya Mbak Nur berada disekitaran ruang kuliah dan kamar mandi. Menurut beberapa mahasiswa lawas yang pernah berjumpa, Mbak Nur biasanya berjalan-jalan di depan EDSA. 

Mbak Nur dipercaya masih berkeliaran disekitaran FE sekarang, namun menurut pengakuan beberapa orang, Mbak Nur pindah ke Student Center UNY. Keisengan Mbak Nur yang paling yang paling sering dilakukan adalah mematikan kran air dikamar mandi ketika ada yang menggunakannya. Kamu anak UNY? Hati-hati aja ya kalo ketemu mbak Nur.


2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta




Peringkat kedua universitas paling angker di Yogyakarta diduduki oleh Institut Seni Indonesia. Memang, kampus ini cukup aktif dan kita bisa menemui banyak mahasiswa yang asyik nongkrong dan berkarya hingga larut malam. Walaupun demikian, ternyata banyak juga urban legend dan kisah-kisah seram di ISI.

Hantu Donna di Fakultas Seni Rupa
Donna dikabarkan sebagai sosok mahasiswi seni rupa yang bunuh diri, jauh di masa lalu saat ISI masih dikenal dengan nama ASRI. Penyebab bunuh dirinya masih simpang-siur, namun beberapa sumber mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena rasa frustasinya. Menurut seorang narasumber, Donna memiliki lagu favorit "Donna, Donna". Penampakannya berwujud seorang wanita berwajah seperti orang Jepang, namun saat tersenyum ukuran mulutnya sangat lebar dan gigi-giginya juga sangat runcing.


Hantu mahasiswa di Gedung Grafis
Kampus calon para seniman besar ini ternyata juga tak luput dari berbagai kisah mistis. Salah satu yang paling terkenal adalah kisah mahasiswa angkatan 2001 yang dikabarkan meninggal dalam kecelakaan. Mahasiswa itu sedang dalam perjalanan menyelesaikan Tugas Akhir-nya yang disimpan di Studio Grafis.

Sejak saat itu, dikabarkan bahwa mahasiswa yang niatnya hanya sekedar "main-main" atau melakukan hal-hal yang nggak bener di studio (tidur-tiduran, bolos, dan sebagainya) akan diganggu oleh sosok hantu tersebut. Beda halnya kalau benar-benar berniat berkarya, semalaman di tempat itu pun akan aman-aman saja.

Reportase tentang penampakan hantu di ISI sendiri diliput di sebuah video Youtube berjudul "Ghostly (Campus)"


1. Universitas Gadjah Mada

UGM ternyata nggak hanya dikenal sebagai kampus terfavorit di Jogja. Perguruan tinggi yang berlokasi di Bulaksumur ini ternyata juga memiliki reputasi sebagai tempat angker. Nggak hanya satu, ada banyak cerita hantu di UGM yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Jogja. Berikut beberapa di antaranya:

Hantu Mbak Yayuk ”Mahasiswi Abadi” Fakultas Ekonomi UGM



Hantu Mbak Yayuk sangat populer di kalangan mahasiswa UGM, terutama mahasiswa Fakultas Ekonomi. Menurut cerita mahasiswa UGM sendiri, hantu yang disebut Mbak Yayuk ini sering terlihat di CCTV. 

Mbak Yayuk merupakan mahasiswi UGM angkatan lama. Waktu itu mbak Yayuk sedang dalam masa pengerjaan skripsi. Skripsinya ditolak berkali-kali. Karena stres, dia bunuh diri.

Cerita tentangnya sudah belasan bahkan puluhan tahun mungkin, tapi beberapa mahasiswa UGM masih sering melihatnya sekitar sore atau malam. Biasanya ada di sekitar koridor lantai 3 gedung utara sayap barat atau ruangan U-305 sampai U-302. Sosoknya sih seperti mahasiswi biasa, tapi penampilannya jadul. Orang yang ga tau pasti ga ngeh kalau ngeliat atau ketemu dia. Hanya berpikir,"Ini mahasiswi jadul banget sih?"

Ada juga yang bilang kalau sekarang mbak Yayuk suka berkeliaran juga di kampus sebelah timur. Di sekitar Fakultas Ilmu Budaya yang berdekatan dengan Fakultas Psikologi. Kalau menurut orang pinter, katanya mbak Yayuk tidak akan pernah meninggalkan UGM. 

Dilarang menyanyi lagu Gugur Bunga di Bundaran Teknik UGM


Ada sebuah mitos yang sudah dipercaya banyak mahasiswa UGM dari generasi ke generasi tentang larangan menyanyikan lagu di Bunderan Teknik UGM. Buat kamu yang mungkin lupa lagu Gugur Bunga, berikut versi instrumennya. Lagu ini memang kesannya suram, sendu, dan mungkin sedikit ngeri; namun sebenarnya lagu ini dibuat untuk mengenang jasa-jasa pahlawan nasional.


Menurut cerita yang beredar, kita tidak boleh menyanyikan lagu Gugur Bunga saat berada di area itu. Konon, akan ada sosok yang menampakkan diri dan mengikuti. Atau akan ada kejadian mengerikan.  Dulu ada mahasiswa UGM yang putus cinta dan memutuskan untuk bunuh diri di tempat tersebut. 

Hantu Bapak Tua Tanpa Kaki di Balairung UGM


Arsitektur Balairung UGM yang terkesan kokoh dan berwibawa memang membawa nuansa tersendiri. Di balik kesan tersebut, ternyata banyak cerita mistis yang terjadi di sana.

Suatu hari,  sekitar pukul 10 malam, dua mahasiswa dari jurusan Geofisika UGM sedang memanfaatkan wifi di kampus. Saat mengerjakan tugas, tiba-tiba datang seorang bapak tua yang langsung duduk bersama mereka.

Ketika salah satu mahasiswa itu akan mengambil alat tulisnya yang jatuh, ia menyadari bahwa bapak tua itu tidak memiliki kaki. Karena ketakutan, ia memutuskan untuk pulang. Ia beralasan ingin pulang karena sudah malam, dan temannya ditinggal bersama bapak itu. Mungkin karena saking takutnya, mahasiswa ini sampai tidak bisa bercerita ke temannya.

Merasa tidak enak dengan temannya yang ditinggal bersama "bapak" itu, ia meng-sms temannya. Memintanya melakukan hal yang sama seperti dia. Yaitu menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Mengikuti perintah temannya, dia langsung kaget saat tahu kaki bapak itu mengambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan di depan bapak itu, anak itu pamit kepada bapak, di bilang, ”udah malam pak saya permisi dulu”.

Terus si bapak tua bilang gini, ” UDAH MALAM apa masnya UDAH TAHU?”

Mahasiswa itu langsung kabur tanpa melihat ke belakang. Sampai saat ini belum ada yang tahu mengenai asal usul dari bapak tua tersebut. Mungkin mantan pegawai gedung rektorat atau malah mahasiswa UGM sendiri. Tapi, sampai saat ini, legenda si bapak tua masih terkenal di kalangan mahasiswa UGM.

Konon, hantu yang sama juga muncul di Universitas Sanata Dharma. Bedanya, sosok yang muncul adalah seorang wanita yang menampakkan diri di perpustakaan.

Hantu Mayat di Fakultas Kedokteran UGM


Kisah ini terjadi di Fakultas Kedoteran UGM, fakultas yang terkenal dengan mahiswa cerdasnya. Tetapi, hal mistis juga terjadi di sini. 

Peristiwa mistis  ini dialami seorang mahasiswa kedokteran yang akan ujian praktek untuk materi anatomi tubuh manusia.  Saat itu malam hari dan tiba-tiba mahasiswa itu didatangi seorang pria tua yang misterius dan memberikan sekumpulan kertas.  Rupanya, itu kertas yang berisi soal.

Keesokan harinya, ternyata soal yang diberikan oleh si pria tua itu merupakan soal ujian yang diujikan hari itu. Sama persis. Tetapi, betapa terkejutnya mahasiswa itu ketika mengerjakan soal ujian praktek. Ketika ia membuka penutup wajah mayat yang akan dibedah, ternyata dialah pria si "pembocor soal ujian".



Well, itu tadi sebagian cerita horor kampus-kampus di Jogja. Ada ironi kuat di sini. Kisah mistis justru terjadi di pusat-pusat intelektual maupun kampus religius. Ini sekaligus menjadi ujian khususnya mahasiswa. Dunia kampus mestinya mampu memberikan pola pikir yang tepat sehingga mahasiswa mampu bijak dalam bersikap tentang "masalah" konkrit dalam hidup.
Jangan sampai mahasiswa Indonesia hanya mampu menyelesaikan soal-soal ujian. Semoga.

Gimana dengan kampusmu? Apakah ada cerita-cerita horor serem? Share yuk pengalamanmu di kolom komentar di bawah artikel ini.

Scroll To Top