Kayak Gini Nih Arsitektur Bangunan Masa Depan

Penasaran gimana bentuk bangunan di masa depan? Mungkin sekarang kita bakal berdecak kagum dengan bentuknya yang aneh dan fitur bangunannya nya yang keren. Tapi suatu hari nanti percayalah bangunan itu bakalan kita temui di mana-mana. Simak beberapa diantara rancangan bangunan futuristik berikut ini.

1. Khan Shatyr
Bangunan ni menyerupai tenda transparan besar di tengah kota Astana, Kazakhstan. Khan Shatyr berfungsi sebagai pusat budaya dan tempat untuk interaksi sosial antara warga kota.

2. Nuragic & Contemporary Art Museum
Arsitek Zaha Hadid berhasil memenangkan tender dengan desain yang luar biasa ini. Bangunan yang nantinya akan dibangun di Cagliari, Italia ini luasnya mencakup 12.000 meter persegi!

3. Hangzhou Waves
Hangzhou Waves adalah desain dari sebuah hotel serta komplek perkantoran bintang lima di Hangzhou, Cina. Bentuk bangunannya menyerupai gelombang air. Desain bangunan ini sebenarnya terdiri dari dua bangunan yang saling melengkapi.

4. Crescent Moon Tower
Bangunan berbentuk bulan sabit ini adalah sebuah konsep desain untuk struktur di Za'abeel Park yang mewakili wajah modern Dubai. Rencananya bangunan ini akan memiliki perpustakaan, fasilitas konferensi, restoran dan pengamatan udara dek terbuka.

5. Songjiang Hotel
Hotel menakjubkan ini akan dibangun di sebuah lubang sungai di dasar gunung Tianmashan di Songjiang, Shanghai. Seperti yang bisa kamu lihat, Songjiang dirancang agar berada melekat tepat di lubang gunung tersebut.

6. Nexus Media Center
Bangunan dengan bentuk sangat aneh ini jadi desain konsep lain untuk negara Uni Emirat Arab. Nexus Media Center akan digunakan sebagai sebuah bangunan penyimpanan data, media center, ruang pameran, kantor, apartemen dan kebun.

7. Beijing International Airport
Beijing Capital International Airport adalah bandara internasional terbesar di dunia dengan desain yang menakjubkan. Bandara ini selesai pada tahun 2009 untuk melayani kebutuhan penerbangan dalam rangka Olimpiade. 

8. Gardens of the Bay
Menara-menara berbentuk tanaman dengan lampu-lampu yang menyala ini udah dibangun di perkotaan Singapura.

9. Lilypad
Dalam upaya untuk mempersiapkan masa depan yang melibatkan skenario kiamat perubahan iklim yang ekstrim, seorang seniman Belgia telah merancang ecopolis terapung yang diberi nama Lilypad. Bangunan ini berbentuk kubah mengapung yang mampu memuat 50 ribu orang ketika es di Kutub mencair dan terjadi banjir besar.

10. Dragonfly
Arsitek Vincent Cellebaut merancang konsep bangunan ini untuk pertanian vertikal di New York. Struktur yang terdiri dari 132 lantai akan berisi dua ruangan sentral yang memungkinkan untuk digunakan sebagai ruang kantor dan kegunaan sosial lainnya.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top