Karakter fiksi yang udah kamu kenal ini diinspirasi dari tokoh nyata

Kebenaran kadang bisa lebih aneh ketimbang fiksi. Begitu kata pepatah. Mungkin belum banyak kamu tahu kalau sebagian tokoh fiksi ternama diambil dari orang yang memang benar-benar ada. Para pembuat bisa mendapat inspirasi dari mana saja, televisi, surat kabar, buku bahkan hal-hal yang mereka temui sehari-hari. Berikut kisah mereka

1. Tintin

Tokoh detektif berambut jambul Tintin sudah ada sejak 1929. Ada yang mengatakan tokoh ini diinspirasi oleh seorang bocah pramuka bernama Palle Huld. Beberapa juga mengatakan kalau tokohnya terinspirasi dari seorang petualang muda bernama Robert Sexe.

2. Ebenezer Scrooge

Dia adalah tokoh kikir yang terkenal dari novel karangan Charles Dickens yang juga sudah difilmkan yaitu "A Christmas Carol". Tokoh ini diambil dari seorang politikus kikir yang hidup di abad 18 bernama John Elwes. Konon karena saking tidak ingin kehilangan hartanya, ia rela hidup seperti orang miskin.

3. Severus Snape

JK Rowling mengaku mendapat inspirasi tokoh profesor galak yang mengajar kelas kimia di seri Harry Potter ini dari guru kimianya semasa sekolah yang bernama John Nettleship. Konon John tidak tahu dirinya jadi inspirasi tokoh ini hingga akhirnya filmnya rilis dan ia menonton bersama istri dan anak-anaknya.

4. Dirty Harry

Dave Toschi, seorang inspektur kepolisian San Francisco jadi terkenal setelah mengepalai penyelidikan terhadap kasus pembunuhan "Zodiac". Selain diangkat menjadi film, detektif Toschi juga menjadi inspirasi tokoh detektif ternama yang difilmkan tahun 1971 yaitu Mr. "Dirty" Harry Callahan.

5. Dorian Gray

"Picture of Dorian Gray" adalah judul novel terkenal dari penulis Oscar Wilde. Ceritanya tentang seorang pria tampan yang menjual jiwanya pada setan untuk mempertahankan ketampanannya. Tokoh ini diambil dari seorang penyair yang memiliki kedekatan dengan Oscar Wilde, Hubungan antar keduanya renggang, setelah John mengetahui dirinya dijadikan inspirasi tokoh dengan tabiat yang kurang menyenangkan.

6. Norman Bates

Kalau kamu penggemar film klasik Alfred Hitchcock, kamu tentunya ngga asing sama tokoh penjahat ini. Kebengisannya ternyata ngga berasal dari imajinasi Hitchcock melainkan terinspirasi dari seorang penjahat keji bernama Ed Gein. Ed Gein tercatat pernah membunuh banyak wanita di Wisconsin tahun 1951.

7. Indiana Jones

Siapa ngga kenal tokoh arkeolog sekaligus petualang yang gemar nyari harta karun dan peninggalan kuno bersejarah ini. Berbagai teori bermunculan mengenai siapa tokoh yang menginspirasinya, namun yang paling terkenal adalah Hiram Bingham III. Bingham adalah seorang profesor ilmu sejarah Amerika Latin di Yale University tahun 1907-1915. Orang inilah yang berhasil menemukan kembali reruntuhan Machu Picchu.

8. James Bond

Agen rahasia flamboyan Inggris bernomor kode 007 ini juga terinspirasi dari seorang tokoh nyata. Ian Fleming mendapat gambaran karakternya dari seorang mata-mata Inggris pada perang dunia II bernama Yeo-Thomas, Ia adalah mata-mata ulung yang bertugas untuk 3 kali misi rahasia dibawah perintah langsung dari presiden Churchill

9. Zorro

Joaquin Murrieta seorang tokoh asal Meksiko, jadi inspirasi ksatria bertopeng kita yang terkenal ini. Murrieta diceritakan telah menemukan tambang emas di California sebelum keluarganya diserang dan dibunuh oleh para penambang Amerika. Dia tidak dapat menemukan keadilan melalui sistem hukum, ia balas lalu memutuskan dendam. Ia membentuk geng untuk membalas dendam pada orang-orang yang telah menyerang keluarganya dan merampok banyak bank.

10. Sherlock Holmes

Detektif paling terkenal di dunia ini inspirasinya berasal dari seorang dosen di Universitas Edinburgh di Skotlandia pada abad ke-19 bernama Dr. Joseph Bell. Ia adalah kenalan Sir Arthur Conan Doyle sang pengarang Sherlock, Bell ahli dalam forensik karena ia juga seorang dokter. Bell juga terkenal karena mampu mengamati seorang pria dan langsung menyimpulkan hal-hal yang tidak diketahui orang banyak.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top