10 Jenis Ikan Paus yang Saat Ini Sudah Hampir Punah

Sebenarnya paus bukanlah sejenis ikan. Ada yang ukuran tubuhnya sangat besar sekali. Paus adalah jenis hewan mamalia. Jenis paus sendiri dibagi menjadi dua yaitu paus golongan belin dan bergigi. Banyak yang keberadaannya terancam punah karena di buru oleh manusia. Ada yang memburunya untuk diambil dagingnya, minyaknya dan lainnya. Lagi-lagi karena keserakahan manusia

Paus Biru (Balaenoptera musculus)



Diyakini hewan ini adalah makluk paling besar di bumi, panjangnya bisa mencapai 33 meter lebih dan beratnya bisa mencapai 181 ton lebih. Populasi terbanyak ada di Antartika. Paus biru memiliki tubuh besar, kecepatan berenang dan kekuatan yang besar. Berkat kelebihannya itu paus biru hampir tidak memiliki predator. Namun beberapa kasus di Semenanjung Baja California beberapa paus biru diserang oleh paus pembunuh dan mengalami banyak luka. Mendadak laut menjadi merah nih...
Paus biru menggunakan suaranya untuk berkomunikasi dan mendeteksi mangsanya.

Paus Kepala Busur (Balaena mysticetus)



Paus ini memiliki umur yang panjang, mulut terbesar di dunia dan tidak memiliki sirip punggung. Tidak seperti lainnya, paus ini tidak bermigrasi untuk mencari makan atau bereproduksi. Disebut juga paus Greenland atau paus Arktik karena seumur hidupnya hanya tinggal di perairan Arktik atau sub-Arktik. Wihh betah bener tinggal di sana.


Paus Western Grey (Esrichtiius robustus)


Pada abad ke-18 paus ini sudah dinyatakan punah, namun pada tahun 2010 dinyatakan kenampakannya di lepas pantai Israel, Laut Mediterania. Ciri-ciri yang mencolok pada fisiknya yaitu adanya bintik-bitik putih pada tubuhnya yang sangat gelap. Disebut paus setan karena perilakunya ketika diburu.
Ternyata setan gak hanya ada di darat tapi juga ada di laut. Tapi yang ini wujudnya berupa ikan.
Paus Beluga (Delphinapterus leucas)


Disebut juga paus putih karena warna tubuhnya yang berwarna putih. Paus yang satu ini sedikit mirip dengan lumba-lumba ya. Memiliki panjang 5 meter dan bisa mendengar suara kisaran 1,2 hingga 120 kHz. Sering diburu oleh manusia dan hewan lainnya sehingga populasinya akan semakin menurun. Sekarang ini hanya beberapa kelompok Eskimo yang diperbolehkan memburu Beluga.
Uniknya lagi Beluga dapat melihat ke dalam air dan di luar, namun penglihatannya lebih tajam di dalam air karena matanya didesain untuk melihat di dalam air. 
Paus Pemburu (Orca orcinus)

Waktu kecil aku mengira pola putih yang ada di kepalanya itu adalah matanya. Coba kalian amati lagi deh, matanya ada di dekat pola putih itu dan warnanya adalah hitam.
Paus Pemburu berhasil mematahkan rantai makanan puncak yang tadinya dipegang oleh Hiu Putih. Karena pernah tertanggap kamera Paus Pemburu berhasil mengalahkan Hiu Putih dewasa dan memakannya. Ini menandakan Paus Pemburu adalah predator puncak. Wiiihhh serem juga ya...

Sama dengan halnya lumba-lumba, paus ini sangat bersahat dnegan manusia dan sering dijadikan hewan pertunjukan. Makanannya adalah semua hewan, makanya paus ini sering menabrak kapal karena menganggap benda itu adalah paus lain. Wah bikin kapal jadi oleng aja nih
Yang unik dari paus ini yaitu ketika persedian makanan habis para paus dewasa akan mengajarkan anaknya untuk berburu. 
Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae)



Paus Bungkuk dapat ditemukan diseluruh samudra di dunia. Terdapat 5 jenis paus bungkuk yang baru tercatat. Hobi paus ini adalah muncul dipermukaan sambil salto-salto gitu... kayak gambar di atas. Paus bungkuk bisa bernyanyi juga loh, entah untuk apa paus ini mengeluarkan suara itu. Durasi mengeluarkan suara sekitar 10 sampai 20 menit dalam satu jam. Mungkin untuk berkomunikasi antar kelompok atau untuk menarik pasangannya.


Paus Sperma (Physeter macrocephalus)


Ciri khas dari paus ini adalah bentuk kepalanya yang besar, bagi pejantan ukuran kepalanya bisa mencapai sepertiga dari ukuran panjang badannya.
Paus sperma sering diburu karena didalam kepalanya terdapat sejenis minyak yang disebut zat spermatic. Zat ini diburu untuk digunakan sebagal bahan parfum, salep, lilin dan pelumas. Para ilmuwan sendiri belum tahu pasti apa kegunaan zat ini bagi Paus Sperma. Ternyata paus ini sudah diburu sejak abad 18 hingga sekarang. Populer banget ya dikalangan manusia

Di Indonesia sendiri tepatnya di Lamatera, pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur, para warganya maish melakukan perburuan paus sperma. Namun sebelum melakukan perburuan mereka harus melakukan serangkaian upacara untuk meminta restu dari nenek moyang. Mereka diperbolehkan memburu karena masih menggunakan peralatan tradisional.


Paus Sikat Atlantik Utara (Eubalaena japonica)


Populasi dalam keadaan kritis, saat ini hanya ada sekitar 300 di dunia. Paus ini adalah jenis paus yang paling terancam di bumi. Terdapat dua populasi yaitu di Laut Bering bagian tenggara dan timur pasifik utara. Hanya sedikit data yang bisa didapatkan mengingat sangat sulit untuk menemuinya.


Paus Narwhal (Monodon monoceros) 


Termasuk hewan paling langka dan paling sering diburu. Mereka diburu untuk diambil tanduknya uang unik itu. Tanduk Narwhal ini sanagt unik, terdapat 10 juta saraf yang berfungsi sebagai pendeteksi perubahan suhu, kadar garam, dan tekanan. Sama seperti paus lainnya Narwhal menggunakan suaran untuk berkomunikasi, yang unik adalah masing-masing individu memiliki suara yang berbeda guna membedakan satu sama lain.
Masing-masing individu mampu mengenali satu sama lain loh, baik di dalam kelompok maupun di luar kelompok.
Paus Sikat Selatan (Eubalaena australis)


Tubuhnya bisa dikenali dengan adanya bintik putih pada kepalanya dan beberapa bercak putih di perutnya. Panjangnya bisa mencapai 18 meter dan berat 100 ton. Bentuk fisiknya menyerupai paus kepala busur namun tubuhnya banyak ditempeli cyamids yaitu sejenis kutu. Ternyata gak cuma manusia yang bisa terserang kutu, ikan paus pun bisa kena juga loh.
Usia kehamilannya mencapai 12 bulan dan usianya bisa mencapa 70 tahun.
Kenapa Paus Itu Tidak Boleh dibunuh?

Karena kotoran paus dapat mengurangi karbondioksida dalam laut. Ternyata kotoran paus mengandung zat besi, yang merupakan makanan utama fitoplankton. Nah fitoplankton inilah yang berfungsi menyerap karbondioksida.

Oleh: Rusli Asmiyatun

Scroll To Top