Inilah Mereka 9 Tokoh Pejuang HAM di Indonesia

Sadar atau tidak, kita hidup di tengah-tengah masyarakat yang sebagian besar masih kurang bisa menghargai hak asasi manusia atau HAM. Padahal HAM ini adalah isu penting yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Percaya deh, kalau masyarakat sadar akan pentingnya HAM dan menjunjung tinggi HAM pasti tidak akan ada kejahatan dan kekejaman di dunia ini. Tapi Indonesia begitu beruntung, karena memiliki tokoh-tokoh dengan keberanian besar untuk selalu memperjuangkan HAM. Ini dia mereka!



Muchtar Pakpahan


Pria kelahiran Sumatera Utara ini dikenal sebagai pejuang reformasi dan tokoh buruh Indonesia. Profesinya sebagai advokat membuat Muchtar Pakpahan dengan leluasa bisa membantu membela rakyat kecil melalui konsultasi hukum gratis. Pria yang hobi menyanyi ini kemudian dikenal sebagai pembela buruh dan rakyat kecil. Muchtar Pakpahan kemudian  menjadi aktivis perburuhan yang banyak memperjuangkan hak buruh kecil.


Taufik Basari


Taufik Basari memiliki dua gelar dari Universitas Indonesia sebagai sarjana hukum dan sarjaa filsafat. Kini ia dikenal sebagai advokat dan aktivis hak asasi manusia. Pria ini telah mendirikan lembaga bantuan hukum masyarakat sebagai sarana baginya untuk memperjuangkan HAM.


Asmara Nababan


Pria asal Tapanuli Utara ini merupakan mantan sekretaris jenderal komisi nasional hak asasi manusia atau Komnas HAM. Asmara Nababan dikenal sebagai sosok yang berani mengungkapkan kebenaran demi menegakkan keadilan. Kiprahnya selama memperjuangkan HAM patut dijadikan contoh karena beliau selalu konsisten bahkan ketika sakit kanker paru-paru dan akhirnya meninggal dunia.


Munir Said Thalib


Siapa tidak mengenal Munir? Pria yang dibunuh dengan racun arsenik dalam perjalanannya ke Belanda ini merupakan seorang aktivis dan pejuang HAM di Indonesia. Munir berusaha memperjuangkan HAM dengan mendirikan komisi untuk orang hilang dan korban kekerasan yang sering disebut KontraS.


Abdul Hakim Garuda Nusantara


Abdul Hakim dikenal aktif bekerja di bidang advokasi dan hak asasi manusia. Pria kelahiran Pekalongan ini sempat menjadi ketua Komnas HAM pada periode tahun 2002-2007. Sebelum menjadi ketua Komnas HAM, Abdul hakim dikenal sebagai aktivis organisasi non pemerintah.


Yap Thiam Hien


Yap Thiem Hien adalah tokoh legenda penegakan HAM di Indonesia. Dari namanya bisa ditebak kalau pria ini adalah keturunan Tionghoa. Beliau lahir di Aceh dan mendedikasikan dirinya sebagai pejuang keadilan dan HAM. Beliau wafat pada tahun 1989 dan namanya dijadikan sebagai nama penghargaan yang diberikan kepada mereka yang memperjuangkan HAM.


Ade Rostina Sitompul


Wanita tangguh ini dikenal sebagai pejuang HAM bagi Tapol PKI, pemuda Aceh, Timor Timur, juga Papua selama terjadi serangan militer pada orde baru, Ade Rostina kemudian mendapatkan penghargaan atas perjuangannya. Pada tahun 1995 Ade menerima penghargaan Yam Thiam Hien award dan pada tahun 2009 Ade menerima penghargaan dari pemerintah Timor Leste. Ade kemudian meninggal dunia pada tahun 2011.


Maria Catarina Sumarsih


Wanita yang pemberani ini dikenal sebagai pejuang HAM ketika ia menuntut keadilan atas kematian putranya. Maria juga dikenal aktif melakukan orasi untuk menyuarakan penegakan HAM di Indonesia. Selain itu, Maria juga membantu korban pelanggaran HAM di Indonesia agar selalu kuat dan tidak menyerah dalam memperjuangkan keadilan.


Ignatius Sandyawan Sumardi


Sandyawan merupakan pria kelahiran Sulawesi Selatan yang bekerja sebagai pengajar, biarawan, dan aktif menjadi aktivis. Sandyawan pernah bergabung dalam tim relawan penanganan korban kerusuhan peristiwa 27 Juli 1996. Pria ini juga turut memperjuangkan HAM dengan mengungkap fakta-fakta kejadian dalam peristiwa kerusuhan Mei 1998.

Adelina Mayang

Scroll To Top