Ini Dia Film-film Inspiratif tentang Penyandang Cacat

Bersyukurlah ketika kita dikaruniai jiwa yang sehat dan anggota tubuh yang lengkap. Cobalah melihat sekitar, banyak teman-teman kita yang tidak beruntung karena cacat fisik atau cacat mental. Ini menjadi tugas kita yang lebih beruntung dari mereka untuk membantu dan ikut menyemangati. Kisah dan perjalanan hidup penyandang cacat pun juga bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi kita. Tak jarang pula kisah inspiratif ini diringkas dalam sebuah film. Ini dia 9 judul film inspiratif yang bercerita tentang kisah hidup penyandang cacat.



Front of the Class


Film yang dirilis tahun 2008 ini menampilkan kisah nyata dari Brad Cohen. Brad Cohen adalah pemuda yang didiagnosis mengalami tourette syndrome. Film ini menceritakan semangat Brad untuk menjadi guru yang hebat meskipun ia memiliki kekurangan.


Ocean Heaven


Film drama yang dibintangi oleh Jet Li ini menceritakan tentang seorang ayah yang menderita kanker hati stadium akhir dan anaknya yang autis. Sang ayah berusaha keras untuk mendidik anaknya agar bisa hidup mandiri ketika ia meninggal nanti.


I am Sam


Siap-siap untuk banjir air mata ya ketika nonton film ini. Di sini diceritakan perjuangan seorang ayah yang mengalami keterbelakangan mental dan harus menjadi orang tua tunggal bagi anak perempuannya. Film yang dibintangi oleh Sean Penn dan Dakota Fanning ini menunjukkan betapa beratnya perjuangan ayah yang keterbelakangan mental untuk mempertahankan hak asuh sang anak.


My Left Foot


Film ini diluncurkan pada tahun 1989 dan menampilkan kisah nyata dari Christy Brown. Ia adalah penderita cerebral palsy yang membuatnya tidak bisa menggerakkan semua bagian tubuhnya kecuali kaki kiri. Namun karena kemauan yang kuat dan semangat yang tinggi, Brown akhirnya bisa menjadi penulis sekaligus pelukis yang produktif.


Black


Film India yang satu ini bukan tentang joget dan cinta-cintaan tapi tentang kasih sayang orang tua kepada putrinya yang mengalami kebutaan. Dibintangi oleh Amitabh Bachchan dan Rani Mukerji film ini menggambarkan perjuangan orang tua untuk menuntun dan memberi semangat putrinya yang harus terisolasi di dunia gelap karena tak bisa melihat.


Temple Grandin


Disutradarai oleh Mick Jackson, film ini menceritakan tentang seorang pemuda autis yang memiliki kelebihan khusus. Ia mampu membuat perubahan di peternakan dengan menerapkan metode yang baru dan lebih manusiawi untuk memperlakukan hewan-hewan ternaknya.


Ayah Mengapa Aku Berbeda?


Film yang dibintangi oleh Dinda Hauw sebagai Angel ini menceritakan tentang seorang gadis yang tuna rungu. Diceritakan Angel adalah gadis yang cerdas dan berbakat dalam bidang musik khususnya bermain piano. Dalam film ini, Angel menginspirasi para tuna rungu lainnya bahwa kekurangan bukanlah suatu penghalang untuk berprestasi.


The Butterfly Circus


Dirilis tahun 2009 dan disutradarai Joshua Weigel, film The Butterfly Circus menceritakan tentang rombongan sirkus yang kemudian bertemu dengan seorang pria cacat. Pria ini tidak memiliki anggota badan yang lengkap namun banyak pelajaran hidup yang didapat darinya.


The Intouchables


Intouchables menceritakan persahabatan antara seorang pria kaya raya bernama Philip dan pria berkulit hitam yang emosinya tidak stabil bernama Driss. Hubungan pertemanan dua pria ini disajikan secara unik dan menyentuh hati. Film ini ingin menyampaikan pesan bahwa penyandang cacat bisa beraktivitas layaknya orang normal, mereka bukannya orang sakit yang tidak bisa apa-apa.

Adelina Mayang

Scroll To Top