Ini Dia 10 Ikon FIksi Remaja Indonesia Tahun 80-90an yang Paling Gaul

Banyak ikon fiksi gaul yang jadi idola remaja tahun 80-90an. Ikon-ikon tersebut mampu menginspirasi  para remaja saat itu, baik dalam gaya fashion maupun hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. 

Nah, siapa saja ikon fiksi remaja Indonesia tahun 80-90an yang paling gaul? Yuk simak daftarnya di bawah ini untuk bernostalgia dan mengingat betapa gaulnya gaya remaja dulu!


1. Satria Bergitar/ Rhoma Irama


Pada tahun 80an, popularitas Rhoma Irama meroket karena perannya sebagai Satria Bergitar. Gaya Rhoma Irama sebagai raja Dangdut yang pandai berdakwah menjadi idola remaja pada saat itu. Banyak lagu Rhoma Irama yang masih sering ditayangkan di TV hingga saat ini.


2. Lupus


Lupus adalah ikon fiksi ciptaan Hilman Hariwijaya. Gayanya yang cuek dengan rambut jambul dan permen karetnya menjadi inspirasi mode remaja tahun 80-90an. Lupus dipopulerkan lewat novel, film, dan sinetron yang laris manis di pasaran.


3. Olga si Sepatu Roda


Olga adalah cewek energik yang kocak dan pandai bersepatu roda. Ikon fiksi ini juga merupakan ciptaan Hilman Hariwijaya. Novel dan sinetron Olga Sepatu Roda mampu meningkatkan minat remaja tahun 80-90an untuk menggemari olahraga sepatu roda.


4. Si Boy


Si Boy adalah ikon fiksi dalam film Catatan Si Boy yang pertama kali dirilis pada tahun 1987. Si Boy yang ganteng dan disukai banyak cewek ini menjadi inspirasi bagi para remaja cowok untuk tampil keren sepertinya. Film Catatan Si Boy terus di re-make hingga saat ini karena kesuksesannya di pasaran.


5. Si Doel


Tokoh Si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah cerminan anak Betawi yang rajin dan mau berusaha keras untuk sukses. Sifatnya yang bersahaja menjadi panutan positif bagi remaja tahun 90-an. Hebatnya, ia juga ditaksir 2 cewek cantik bernamah Sarah dan Zaenab. Hayo, kalau jadi Si Doel kamu pilih Sarah atau Zaenab?


6. Imung


Imung adalah tokoh detektif yang keren dalam novel legendaris karya Arswendo Atmowiloto. Karakter Imung yang cerdas menjadi idola para remaja di tahun 80-90an dan memotivasi mereka untuk berpikir kritis seperti detektif.


7. Ali Topan


Ali Topan adalah tokoh fiksi yang populer tahun 80-an lewat film Ali Topan Anak Jalanan. Sifatnya yang badung dan cerdas mempunyai daya tarik tersendiri. Gaya Ali Topan yang cuek menjadi inspirasi bagi para remaja pada masanya.


8. Deni Manusia Ikan


Deni Manusia Ikan adalah tokoh fiksi dari komik dengan judul serupa yang pertama kali diterbitkan di Indonesia lewat majalah Bobo. Deni mampu bernafas di dalam air dan berbicara dengan ikan. Sifatnya yang suka menolong dan petualangannya yang seru sangat digemari para remaja di tahun 80-90an.


9. Midun


Midun adalah tokoh utama dalam sinetron Sengsara Membawa Nikmat. Ia menjadi idola para remaja karena sifatnya baik hati, rajin mengaji, dan pandai pencak silat. Pokoknya jarang ada cowok seperti Midun deh!


10. Naga Bonar


Naga Bonar adalah tokoh utama dalam film dengan judul serupa yang dirilis pada tahun 1987. Film dengan setting di jaman perjuangan kemerdekaan Indonesia ini mampu menampilkan Naga Bonar sebagai sosok yang kharismatik. Film yang luar biasa sukses ini dirilis ulang pada tahun 2007 dan 2008.

Siapakah ikon fiksi yang pernah jadi idolamu atau idola orang tuamu dulu?

Scroll To Top