Ini 9 Penyandang Cacat yang Sukses Jadi Atlet

Kelebihan yang dimiliki oleh seorang atlet adalah tubuh ideal dan otot yang kekar. Kekuatan seorang atlet terletak pada otot-otot tangan dan kaki mereka, gerakan mereka yang lincah, dan semangat yang tinggi. Tapi apa jadinya jika ada pelari yang tidak memiliki kaki? Apa jadinya jika ada perenang tanpa tangan? Ini bukan di dunia mimpi, bukan dongeng, dan bukan rekayasa. Orang-orang ini membuktikan pada dunia bahwa mereka bisa berprestasi di bidang olahraga meskipun dengan keterbatasan fisik. Siapa saja mereka?



Oscar Pistorius


Pria dari Afrika Selatan ini kehilangan kedua kakinya karena harus diamputasi. Tapi bukan berarti kehilangan kaki membuat pria ini meredam semangatnya untuk terus berlari. Dengan kaki buatan, Oscar terus mengikuti perlombaan lari dan beberapa di antaranya menghasilkan medali emas.


Kelly Cartwright


Gadis cantik ini adalah seorang pelari asal Australia yang hanya memiliki satu kaki. Kaki kanan Kelly harus diamputasi karena penyakit kanker yang dideritanya ketika remaja. Bukan hanya olahraga lari, Kelly juga berprestasi di bidang lompat jauh.


Heroic Hugh Herr


Hugh Herr adalah seorang pendaki gunung yang istimewa. Ya, istimewa karena ia mendaki gunung bukan dengan kakinya sendiri melainkan dengan kaki buatan. Hugh Herr kehilangan kakinya karena sebuah kecelakaan ketika ia masih remaja.


Zach Hodskins


Hodskins membuktikan bahwa untuk bermain basket tak perlu memiliki dua tangan yang sempurna. Hanya dengan satu tangan, Hodskins membuktikan kelihaiannya dalam bermain basket. Remaja dari Georgia ini menjadikan kekurangannya sebagai motivasi untuk berprestasi lebih baik lagi.


Antony Robles


Siapa bilang penyandang cacat itu lemah dan tidak bisa melindungi dirinya sendiri? Lihat saja Antony Robles. Jangan sekali-kali cari gara-gara dengannya karena pria yang lahir tanpa kaki kanan ini adalah juara gulat kelas berat.


Matthew Cowdrey


Cowdrey lahir dengan tangan kiri yang tidak sempurna. Namun keterbatasannya ini justru membuat Cowdrey semakin semangat untuk menjadi perenang berprestasi dari Australia. Terbukti ia telah beberapa kali meraih medali emas di bidang olahraga renang.


Scott Schroeder


Penyelam yang satu ini memiliki sirip khusus yang berbeda dari penyelam biasa. Ini karena Scott telah kehilangan kakinya karena bencana pengeboman yang terjadi di Afganistan. Tapi meskipun dengan kaki buatan dan sirip khusus, Scott tetap semangat untuk berenang menjelajahi keindahan bawah laut.


Aimee Mullins


Selain aktif berolahraga dan menjadi seorang atlet, Aimee Mullins juga dikenal sebagai model untuk salah satu produk dengan merk ternama di dunia. Meskipun terlahir tanpa kaki, Aimee Mullins nyatanya mampu menunjukkan kepada dunia bahwa ia kuat dan selalu bersemangat.


Maddison Elliott


Gadis manis yang satu ini divonis menderita cerebral palsy di usia 4 tahun. Penyakit ini membuat bagian kanan tubuhnya tidak bisa berfungsi normal. Tapi kekurangan ini tidak membuat semangatnya padam, Elliott tetap aktif berenang dan kini menjadi atlet renang mewakili Australia.

Adelina Mayang

Scroll To Top