Ini 9 Jurusan Paling Populer di Tahun 90'an

Kuliah menjadi mimpi besar bagi anak-anak muda baik dulu maupun sekarang. Di tahun 90'an, semangat anak muda untuk melanjutkan sekolahnya ke bangku sekolah begitu tinggi. Sama seperti sekarang, tujuan mereka meraih pendidikan setinggi mungkin adalah untuk mendapat pekerjaan sebaik mungkin demi mendapat kehidupan yang layak di masa depan. Nah, penasaran nggak sih sama jurusan kuliah apa yang menjadi pilihan banyak anak muda di tahun 90'an? Cari tahu di sini yuk!



Kedokteran


Sudah nggak heran sih kalau bidang yang satu ini jadi favorit. Sampai sekarang juga masih banyak yang berebut buat masuk ke kedokteran. Banyak orang beranggapan bahwa dengan masuk ke jurusan ini berarti kamu sudah memiliki masa depan yang cerah.


Sastra


Di tahun 90'an, sastra banyak diminati oleh anak muda. Di awal tahun 2000'an bidang ini juga semakin diminati karena pengaruh salah satu film fenomenal berjudul Ada Apa Dengan Cinta, ingat kan?


Hukum


Selain kedokteran, orang tua menganggap kuliah di jurusan hukum akan menjamin masa depan anaknya. Mereka sudah menyiapkan anaknya menjadi notaris atau pengacara setelah lulus dari jurusan yang satu ini.


Akuntansi


Berurusan dengan uang dan angka tampaknya menjadi hal yang menyenangkan bagi mahasiswa 90'an. Jurusan ini mengandalkan ketelitian dan kemampuan berhitung di atas rata-rata.


Teknik mesin


Anak-anak cowok di tahun 90'an biasanya akan merasa keren kalau bisa masuk ke jurusan yang satu ini, jurusan yang cowok banget.


Pertanian


Seperti si Doel, anak-anak tahun 90'an banyak mengincar jurusan pertanian. Mungkin ini juga disebabkan wilayah Indonesia yang sebagian besar dimanfaatkan untuk bertani.


Ekonomi


Tidak jauh berbeda dari akuntansi, bidang yang satu ini mengajak kamu untuk berurusan dengan uang dan angka. Tapi jurusan ilmu ekonomi memiliki kajian yang jauh lebih luas.


Komunikasi


Sampai sekarang, komunikasi juga masih menjadi incaran banyak anak muda yang akan masuk ke universitas. Mungkin karena bidang ilmu yang satu ini memiliki ladang profesi yang luas ya.


Teknologi Informasi


Pada pertengahan hingga akhir tahun 90'an guru-guru TIK mulai banyak dibutuhkan oleh sekolah-sekolah. Jadilah anak muda menyerbu jurusan yang satu ini. Lagipula waktu itu kan tidak banyak orang yang menguasai bidang teknologi informasi sehingga memberi peluang bekerja yang lebih besar.

Adelina Mayang

Scroll To Top