Iklan-Iklan Unik yang Mendukung Gerakan Anti Korupsi

Wah, sebentar lagi pada 9 Desember akan diperingati sebagai hari anti korupsi sedunia nih guys. Pengen tau iklan-iklan unik dan inspiratif dari seluruh dunia yang dibuat untuk mendukung gerakan anti korupsi? Yuk langsung kita cek aja di bawah ini.


Money soap


Nah, iklan di atas menjelaskan tentang bagaimana menciptakan kesadaran masalah korupsi di Lithuania dengan anggaran kecil dan cara yang tidak biasa.

Dan solusinya adalah mereka mengganti sabun yang biasa digunakan di toilet umum (Seperti toilet di perusahaan, instansi pemerintahan, dan semua toilet umum lainnya) menjadi sabun uang. Dan kemudian menulis sebuah pesan di toilet tersebut dengan bacaan "Jaga tangan kamu agar tetap bersih. Jangan memberi atau menerima suap".
Wah unik sekali ya guys?


Tangan di depan beda dengan tangan di belakang


Yah, inilah fakta yang memang sedang terjadi di seluruh bagian dunia saat ini. Orang-orang yang lantang mengatakan "Say no to corruption" di depan publik, namun ternyata dibelakang publik berkata lain. Iklan ini menunjukkan kepada kita bagaimana tangan yang diangkat itu menolak korupsi secara lantang, tapi tangan yang dibelakang menadah uang. Menyedihkan.


Lawan Korupsi


Nah, ini adalah iklan yang dibuat oleh pelajar di Filipina. Dalam iklan ini menggambarkan seorang pemburu yang melawan naga hanya dengan bersenjatakan tombak. Seperti itulah kenyataan yang kita hadapi sekarang. Kita seperti pemburu itu yang hanya memiliki tombak untuk melawan naga yang sangat kuat.


Suap


Nah, pasti sudah pada tau kan makna dari gambar iklan di atas? Yup, itu adalah korupsi secara diam-diam. Ilustrasinya seperti ini, di hadapan publik kamu hanya mengaku menandatangani kontrak/perjanjian/kesepakatan atau apa pun itu. Namun dibalik itu semua, kamu juga menerima kucuran dana karena dibalik perjanjian yang kamu sepakati ternyata ada perjanjian lain yang akan mengorbankan kepentingan orang banyak.


Korupsi menghisap darah


Iklan di atas menggambarkan bagaimana dampak sebuah korupsi yang dilakukan. Siapa pun pelakunya baik itu pemerintah, pengusaha, hingga karyawan, pasti akan mengorbankan orang lain karena perbuatannya. Itulah mengapa korupsi menjadi sangat kejam, karena ia mengambil hak orang lain, merampas darah orang lain yang menimbulkan penderitaan berkepanjangan.


Hukuman untuk koruptor


Nah, meskipun kamu tidak tau artinya. Tapi iklan di atas jelas menghimbau kita untuk tidak melakukan korupsi. Kenapa? Karena Tuhan akan menghukum kamu, khususnya bagi umat muslim pasti sudah tau hukuman yang akan diberikan di akhirat. Ya, tangan kamu akan dipotong karena mengambil sesuatu yang bukan hak kamu. Tapi sayangnya, meskipun banyak tau namun banyak yang pura-pura tidak tahu dan menghalalkan korupsi.


Korupsi sama saja dengan meminum darah orang lain


Yah, melakukan korupsi sama saja dengan menjadikan darah orang lain sebagai minuman sehari-hari sang koruptor. Kenapa begitu? Ya karena kamu mengambil hak-hak mereka, yang untuk mendapatkannya mereka harus bekerja keras dan tanpa rasa bersalah kamu mengambilnya. Ini sama saja kamu meminum darah mereka dan menjadikan mereka korban dari haus harta kamu.


Korupsi sama saja dengan pembunuhan masal


Mungkin lebih baik kamu menghabisi nyawa satu orang secara langsung dibandingkan melakukan korupsi. Kenapa? Karena dengan melakukan korupsi sama saja kamu menghabisi banyak nyawa sekaligus, meskipun tidak mengakibatkan kematian secara langsung namun menyebabkan penderitaan berkepanjangan yang disengaja.


Dibelakang ada sesuatu


Lihatlah gambar di atas bagaimana ketaatan dan kepatuhan orang tersebut jika dilihat dari depan. Tapi tunggu dulu, apa itu yang ada dibelakangnya?


Ayo lawan korupsi bersama-sama


Jadi, tunggu apa lagi? mari kita bersatu untuk memberantas korupsi, dimulai dari diri sendiri dulu ya guys.

Oleh: Desy L

Scroll To Top