Yuk, Hormati Hak Asasi Manusia dengan Melakukan Hal-hal Sepele Ini

Hak asasi manusia adalah isu penting yang harus dijunjung tinggi. Ini adalah sebuah kewajiban bukan pilihan. Menghargai hak asasi manusia bukanlah sebuah permainan yang ketika kamu bosan maka tidak akan kamu lakukan. Nggak susah kok, menghargai hak asasi manusia bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai saja dari yang mudah seperti berikut ini.



Jangan serobot antrian


Menunggu antrian mungkin bukan hal yang menyenangkan. Tapi ingat ya jangan sekali-sekali memutuskan untuk menyerobot antrian demi mendapat giliran yang lebih cepat. Ya, meskipun orang-orang di depanmu tidak marah tapi jangan pernah melakukannya karena ini sama saja dengan tidak menghargai hak-hak orang yang sudah lebih dulu datang.


Berteman dengan mereka yang beda agama


Memilih agama adalah hak bagi semua orang. Jangan hanya mau berteman pada mereka yang seagama saja. Hargailah perbedaan dan ingatkan teman-temanmu untuk beribadah, dengan begini kamu sudah sangat menghargai salah satu hak dasar mereka.


Kendalikan emosi


Jangan mudah terpancing emosi, setiap orang memiliki urusan masing-masing dan pemikiran masing-masing. Cobalah untuk mengendalikan diri ketika ada hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi di sekitar kita. Coba kalau semua orang bisa mengendalikan emosi dengan baik, pasti tidak ada perkelahian, tawuran, atau apalah itu yang menjurus pada kekerasan.


Beramal


Setiap orang memiliki hak untuk hidup layak hanya saja keadaan yang memaksa dan menjauhkan mereka dari hidup yang layak. Coba deh mulai sekarang sedikit menyisihkan uang jajanmu untuk membantu sesama kita yang kurang beruntung. Kamu bisa juga beramal dengan menyumbangkan barang-barangmu ke panti asuhan.


Donor darah


Ada yang bilang bahwa setetes darahmu adalah kehidupan bagi mereka. Ini bener banget. Jangan sekalipun menganggap donor darah adalah kegiatan yang sepele. Kita tahu kan kalau setiap orang punya hak untuk bertahan hidup jadi selama kamu bisa membantu mengapa tidak? Donorkan darahmu secara rutin supaya kamu bisa membantu memberi kehidupan bagi teman-teman yang membutuhkan.


Hargai perbedaan pendapat


Sepertinya kita semua tahu bahwa setiap orang di dunia ini memiliki hak untuk berpendapat dan tidak ada alasan yang tepat bagi kita untuk tidak menghargai pendapat itu. Setiap ada dalam sebuah forum, cobalah untuk mengerti dan menghormati pendapat orang lain. Kamu juga tidak mau kan kalau pendapatmu tidak dihargai?


Setia dengan pasangan


Nah ini nih yang tampaknya masih sering dipermainkan oleh anak muda. Jangan sekalipun menyakiti hati pasanganmu dengan selingkuh. Setiap orang memiliki hak untuk hidup bahagia dan jangan pernah mempermainkan hati mereka. Jadi, jangan pernah main-main ya dengan yang namanya hati karena sekalinya sakit, sakitnya tuh di sini!


Merawat barang pinjaman


Namanya juga meminjam, berarti kamu bertanggung jawab untuk menjaganya baik-baik. Jangan lupa juga kalau kamu bertanggung jawab untuk mengembalikannya kepada si pemilik. Misalnya buku bacaan atau baju, jangan merampas hak milik orang lain ya.

Adelina Mayang

Scroll To Top