[HEBOH] 12 Acara Kuis Terfavorit Tahun 90-an yang Selalu Ditunggu

Beragam acara kuis fenomenal ditampilkan di layar kaca pada tahun 90-an. Kuis-kuis tersebut menarik minat masyarakat Indonesia karena formatnya interaktif dan dibawakan oleh host yang khas. Selain itu, menonton kuis di tahun 90-an juga dapat menambah wawasan baru melalui konten yang informatif dan berbobot.

Apa saja 12 acara kuis terfavorit tahun 90-an yang selalu ditunggu para pemirsa dalam negeri? Simak daftarnya dibawah ini, siapa tahu kamu ingin menontonnya lagi lewat rekaman-rekaman jadul di YouTube.

1. Berpacu Dalam Melodi


Berpacu Dalam Melodi dalam melodi adalah acara kuis legendaris di Indonesia. Acara ini ditayangkan pada tahun 1988 hingga 1998 di TVRI dan dibawakan oleh Koes Hendratmo. Kuis ini berisi pertanyaan-pertanyaan tebak lagu nostalgia tahun 50an hingga 80-an.

2. Keluarga Lifebouy


Kuis Keluarga Lifebouy sangat populer di Indonesia karena pada tahun 90-an hampir semua orang menggunakan sabun Lifebuoy. Kuis ini dibawakan oleh Cathy Bonn di RCTI dan sangat terkenal dengan segmen Tebak Gambar yang seru.

3. Kata Berkait


Kata Berkait tayang di RCTI pada tahun 1995 hingga 2001. Kuis tebak kata ini dibawakan oleh Nico Siahaan.setiap hari Senin hingga Jumat.

4. Tak Tik Boom


Tak Tik Boom adalah acara adu pengetahuan dan strategi yang diciptakan berdasarkan ide Ani Sumadi. Acara ini dibawakan Dede Yusuf di RCTI pada tahun 1990 hingga 2010.

5. Apa Ini Apa Itu


Apa Ini Apa Itu adalah acara kuis yang berisi tebak kata, tebak gambar, tebak lagu, tebak tokoh dan pertanyaan seputar TV dan film. Acara ini tayang tahun 90-an hingga 2000 awal di RCTI. Sempat dibawakan oleh Elmo kemudian digantikan oleh Jeffry Waworuntu.

6. Piramida


Kuis Piramida dibawakan oleh Ronny Sianturi dan tayang pada tahun 1995 hingga 2000 akhir. Acara ini ditayangkan kembali di RCTI dengan tajuk Piramida Baru pada tahun 2001 hingga 2003.

7. Aksara Bermakna


Aksara Bermakna adalah acara kuis dengan konsep matriks segi enam berisi inisial huruf yang harus ditebak oleh 2 orang kontestan. Acara ciptaan Ani Sumadi ini dibawakan oleh Kepra pada dekade 90-an.

8. Jari-Jari


Jari-Jari adalah kuis interaktif via telepon dengan pemirsa di rumah. Kuis ini dibawakan oleh Pepeng pada tahun 90-an dan identik dengan kata kunci JARI-JARI yang harus diucapkan tiap penelepon.

9. Siapa Dia?


Kuis Siapa Dia ditayangkan pada tahun 1992 hingga 1998. Acara yang dibawakan oleh Alm. Aom Kusman ini menghadirkan 4 panel kontestan yang harus menebak profesi tamu misterius.

10. Famili 100


Famili 100 adalah acara kuis tahun 90-an yang berhasil memukau pemirsa dengan 2.500 episode. Acara yang dibawakan oleh Sonny Tulung ini tayang pada tahun 1996 hingga 1998.

11. Kuis Dang Dut 


Kuis Dang Dut adalah kuis tebak lagu dangdut yang dibawakan oleh Jaja Miharja pada tahun 90-an. Kuis ini identik dengan semboyan: APAAN TUH?!

12. Who Wants To Be A Millionaire


Who Wants To Be A Millionaire diadaptasi dari acara di Inggris yang tayang sejak tahun 1998. Acara yang dibawakan Tantowi Yahya ini menawarkan hadiah uang yang terus bertambah apabila kontestan berhasil bertahan di kursi panas.

Scroll To Top