Group Band 90'an yang Berhasil Mewarnai Indonesia


Sebenernya banyak banget ya band-band yang ada di Indonesia pada tahun 90'an, tapi saya nggak akan menyebutkan semuanya karena pastinya bakalan panjang banget.

Di bawah ini adalah band-band dari tahun 90'an yang berhasil mewarnai wajah musik Indonesia, dan beberapa yang sebutkan ini masih tetap eksis sampe sekarang, bahkan menjadi legend lho guys. Wah, karya-karya mereka memang nggak ada matinya.


Boomerang


Wah, pastinya sudah nggak asing lagi dong dengan Boomerang? Ya, Boomerang adalah band aliran hard rock yang terbentuk pada tahun 1991.
Albumnya antara lain: Boomerang, K.O, disharmoni, hits maker, segitiga, suara jalanan, dan banyak lagi lainnya.


Slank


Meskipun Slank terbentuk pada tahun1983, tapi karyanya memang mewarnai sepanjang jalan yang dilaluinya, termasuk juga tahun 1990-an. Itulah kenapa saya memasukkannya di sini.

Pasti pada tahu donk sama band Slank? Ya, memang benar kalau Slank nggak ada matinya. Saya juga salah satu fansnya meskipun nggak fanatik amat. Lagu-lagu Slank masih tetap berjaya hingga saat ini dan sepertinya memang nggak pernah lekang oleh waktu ya?

Albumnya antara lain: Suit-suit aka gadis sexy, kampungan, piss, generasi biru, minoritas, lagi sedih, tujuh, mata hati reformasi dan lain-lain.


Five minutes


Nah, ini juga band yang mewarnai wajah musik Indonesia pada tahun 1994 tapi tetap eksis ya. Lagu-lagunya antara lain: Selamat tinggal, aku tergoda, sumpah mati, salah apa, hampa, takkan rela, dan lain-lain.


Edane


Edane adalah salah satu band aliran heavy metal Indonesia yang terbentuk pada tahun 1991 dengan fans yang bertahan hingga saat ini.
Lagu-lagunya antara lain: Evolusi, the best, masihkah ada senyum, menang atau tergilas,life, liarkan rasa, ikuti, dan lain-lain.


Flanella


Ini adalah salah satu band aliran pop yang terbentuk pada tahun 1998 dan masih bertahan hingga sekarang.
Lagu-lagunya antara lain: Cinta abadi yang terluka, bila engkau, bulan, dinda, dan lain-lain.


Gigi


Band Gigi yang di vokalisin sama Armand Maulana ini terbentuk pada tahun 1994. Band beraliran pop/rock ini masih tetap eksis lho sampe sekarang.
Albumnya antara lain: Angan, dunia, 3/4-1996, kilas balik, untuk semua umur, the besr of Gigi, dan lain-lain.


Burgerkill


Siapa fans metalcore yang nggak kenal band yang satu ini? karena semakin hari Burgerkill memang semakin menunjukkan taringnya di dunia musik aliran metal, bukan saja di Indonesia tapi juga dalam kancah internasional.

Burgerkill merupakan satu-satunya band Asia yang diundang di festival SOUNDWAVE, konser rock terbesar di Australia pada tahun 2009 dan pada 2013 Burgerkill juga meraih penghargaan Metal Hammer Golden Gods di London, menyingkirkan para musisi metal dunia lainnya.

Teman-teman saya yang dari luar negeri seperti Perancis juga sangat ngefans dengan band ini. Band yang terbentuk pada tahun 1995 ini memang sukses mengudara.
Albumnya antara lain: Dua sisi, berkarat, beyond coma and despair, dan venomous.


Superman is dead


Band aliran punk rock yang terbentuk pada tahun 1995 ini juga sukses menggaet banyak fans baik di dalam maupun luar negeri. Banyaknya baju Superman is dead yang dijual menunjukkan kalau band ini memang digemari. Menurut saya sih.

Albumnya antara lain: Kuta rock city, the hangover decade, black market love, angels and the outsider, dan the early years,blood, sweat, and tears.


Tipe X


Penggemar musik ska pasti tau dong sama band ini? Ya, band yang dibentuk pada tahun1995 ini memang tidak kehilangan fansnya meskipun waktu berganti.
Albumnya antara lain: Ska phobia, mereka tak pernah mengerti, super surprise, discography hitam putih, dan lain-lain.


Sheila On 7


Nah, band aliran pop yang terbentuk pada tahun 1996 ini lagu-lagunya memang masih melekat di hati penggemarnya walaupun band ini tidak seeksis dulu lagi.

Albumnya antara lain: Sheila On 7, kisah klasik untuk masa depan, anugerah terindah yang pernah kumiliki, pejantan tangguh, dan lain-lain.


Shaggydog


Band aliran reggae/jazz yang terbentuk pada tahun 1999 ini juga masih mewarnai musik Indonesia hingga hari ini. Albumnya antara lain: Bersama, hot dogz, dan lain-lain.

Oleh: Desy L

Scroll To Top