7 Film Tentang Perbudakan yang Inspiratif dan Wajib Ditonton

Perbudakan menjadi topik kemanusiaan yang tidak pernah habis untuk diperbincangkan. Dari jaman dahulu kala sampai sekarang masih saja ada masalah perbudakan yang bisa dibahas. Padahal seperti kita tahu bahwa perbudakan adalah salah satu jenis pelanggaran hak asasi manusia. Seperti apa sih sebenarnya perbudakan di dunia ini? Cari tahu lewat film-film berikut ini yuk!



12 Years A Slave


Film yang dibintangi oleh Lupita Nyong'o dan Chiwetel Ejiofor ini mengangkat tema perbudakan dan rasialisme. Film ini menceritakan penculikan seorang pria kulit hitam bernama Solomon Northup untuk kemudian dijadikan budak sampai 12 tahun lamanya. Dari film ini kamu bisa melihat bagaimana pedihnya kehidupan budak yang harus bekerja sekaligus disiksa.


The Railway Man


Film perbudakan yang satu ini diangkat dari sebuah buku autobiografi dengan judul yang sama karya Eric Lomax. Dalam film ini diceritakan mengenai perbudakan bangsa Jepang pada masa perang dunia kedua terhadap orang-orang Inggris. Lomax merupakan perwira angkatan darat Inggris yang kemudian ditangkap oleh tentara Jepang dan dijadikan budak.


Jermal


Film Indonesia yang satu ini mengangkat kisah eksploitasi anak yang terjadi di jermal yang terletak di tengah perairan laut Indonesia. Jermal adalah sebuah pangkalan nelayan yang dibuat panggung di tengah-tengah laut. Film ini disutradarai oleh Ravi Bharwani dan dibintangi oleh anak-anak berbakat Indonesia.


Belle


Film yang ditulis oleh Misan Sagay dan disutradari oleh Amma Asante ini menceritakan seorang putri ras campuran bernama Dido Elizabeth Belle. Dalam film ini lagi-lagi dibahas mengenai rasialisme dan perbudakan. Lewat film ini kamu bisa tahu bagaimana perjuangan untuk mengakhiri perbudakan.


Django Unchained


Dibintangi oleh Jamie Foxx, Christoph Waltz, dan Leonardo DiCaprio, film ini bercerita tentang seorang koboi bernama Django yang memiliki petualangan untuk bebas dari perbudakan. Film ini menyajikan kisah koboi yang lain dari biasanya. Dipadu dengan tema perbudakan yang kejam, film ini bisa menjadi tontonan yang menarik di akhir pekan.


Amistad


Film yang dirilis tahun 1997 ini menceritakan tentang perjalanan sebuah kapal Spanyol yang mengangkut orang-orang Afrika untuk kemudian dijadikan budak secara illegal. Di tengah perjalanan ada salah satu orang kulit hitam yang kemudian melakukan pemberontakan untuk melepaskan dirinya. Sayangnya, kapal ini kemudian ditangkap oleh angkatan laut Amerika Serikat dan orang-orang Afrika ini kemudian diadili.


Jamila dan Sang Presiden


Dibintangi oleh Atiqa Hasiholan dan disutradarai oleh Ratna Sarumpaet, film ini mengangkat tema perbudakan seksual. Atiqa berperan sebagai Jamila, seorang pekerja seks komersial yang kemudian dipenjara karena membunuh seorang menteri. Sebelumnya cerita ini pernah diangkat dalam sebuah pementasan drama berjudul Pelacur dan Sang Presiden.


Adelina Mayang

Scroll To Top