Film-film yang Menggambarkan Anak Kuliahan Tahun 90'an

Seandainya saja punya Doraemon, pasti gampang ya kalau mau bernostalgia melihat keadaan di tahun 90'an. Sayangnya Doraemon hanya punya Nobita dan sepertinya tidak bisa kita pinjam. Tapi jangan khawatir, lewat menonton film kita masih bisa kok kembali ke tahun 90'an. Ada beberapa film yang menceritakan kehidupan anak kuliahan di tahun 90'an. Ini dia mereka.



Good Will Hunting


Film  tahun 1997 ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Will yang bekerja sebagai tukang sapu di sebuah universitas. Tidak disangka ternyata Will bisa memecahkan teori matematika dari salah satu profesor yang ada di universitas tersebut. Sang profesor pun membantu Will untuk memanfaatkan bakat besarnya itu. Banyak hal yang harus profesor dan Will hadapi karena Will ternyata memiliki catatan hitam atas tingkah lakunya yang tidak begitu baik.


Anak Mami Sudah Besar


Film yang menjadi salah satu bagian dari seri Lupus ini dirilis tahun 1990 dan menceritakan kehidupan Lupus setelah lulus SMA dan hendak mencari universitas. Sayangnya di film ini Lupus diceritakan tidak diterima di universitas negeri. Ibu Lupus kemudian ingin menjual perhiasan untuk memasukan Lupus ke universitas swasta tapi dilarang oleh Lupus. Pokoknya film ini menceritakan petualangan Lupus untuk melanjutkan cita-citanya sekolah.


Catatan Si Boy IV


Siapa yang tidak kenal dengan film Catatan Si Boy? Film yang disutradarari oleh Nasri Cheppy ini menceritakan kisah Boy yang sedang berlibur ke Indonesia dari sekolahnya di Amerika. Meskipun tidak banyak menceritakan kehidupan di kampus, film ini tetap menjadi cerminan bagaimana anak muda di masa 90'an bergaul, mulai dari persahabatan sampai kisah percintaan.


Kuch Kuch Hota Hai


Ini adalah salah satu judul film India yang paling fenomenal. Sampai sekarang pun pasti masih ada yang ingat film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji ini. Menceritakan tentang cinta segitiga antara tiga sahabat di kampus, film ini menunjukkan gambaran kegiatan anak-anak kuliahan di India pada masa itu. Film ini dirilis tahun 1998 dan masih hits saja sampai sekarang. Film ini tidak secara keseluruhan menceritakan kehidupan anak kuliahan, hanya sebagian saja karena bagian lainnya menceritakan percintaan antara Rahul dan Anjeli ketika dewasa.


I Know What You Did Last Summer


Dengan mengusung genre horor, film yang satu ini memberikan gambaran pada kita tentang kehidupan anak kuliahan dan gaya bergaul mereka. Film yang dirilis tahun 1997 ini menceritakan tentang sekelompok remaja yang baru saja lulus SMA yang kemudian menabrak dan membunuh seorang lelaki saat merayakan liburan kelulusan. Ketika sudah masuk ke kampus, hari-hari mereka menjadi mencekam dan penuh ancaman. Selain dilihat dari ceritanya, gaya fashion para pemainnya juga sangat asyik untuk ditiru lho.


Dawson's Creek


Kalau yang satu ini, memang bukan film sih, tapi sangat populer di kalangan mahasiswa dan remaja tahun 90'an. Serial TV yang dibintangi Katie Holmes dan James Van Der Beek ini terdiri dari 6 season. Bercerita tentang persahabatan dan percintaan yang sering terjadi di kalangan anak muda. Sama seperti film sebelumnya, selain jalan cerita yang ditunggu-tunggu gaya fashion para pemainnya juga menjadi hal yang menarik untuk disimak dan ditiru.


Si Doel Anak Sekolahan


Sama seperti Dawson's Creek judul yang satu ini adalah sebuah serial TV, hanya saja kalau yang ini asli Indonesia yang episode pertamanya rilis pada tahun 1994. Bercerita tentang Doel, anak laki-laki keturunan betawi asli, yang berhasil menjadi mahasiswa di sebuah universitas. Film ini menggambarkan kehidupan mahasiswa tahun 90'an yang orang tuanya hidup pas-pasan dan diwarnai dengan kisah cinta segitiga yang menarik untuk disimak.

Adelina Mayang

Scroll To Top