Ini Nih Festival Tradisional Yang Ada di Spanyol (Go Spain)

Kamu ingin ke Spanyol? Atau berencana untuk datang ke Spanyol? Well, pastinya nggak seru dong kalau sampe di sana ternyata yang dilihat bakal sama aja dengan di sini.

Ingin merasakan sensasi yang Wow banget dari Spanyol? Kamu harus menghadiri festival tradisional yang ada di Spanyol ini, dijamin ini bakalan jadi pengalaman yang nggak akan kamu lupain. Gimana sih serunya festival di Spanyol yang selalu dihadiri ribuan orang itu? Simak di bawah ini, guys!


Semana Santa


Semana Santa adalah nama dalam bahasa Spanyol untuk menyebutkan Paskah. Anggota jemaat di sana akan mengarak kendaraan hias yang sudah dihiasi ke dalam katedral kota.

Jadi, Semana Santa adalah sebuah pekan yang dibuka menjelang minggu paskah guys. Semana Santa berlangsung selama sepuluh hari. Kota-kota yang paling terkenal dengan festival Semana Santa ini adalah Malaga dan dan Seville, tapi kota-kota lain seperti Castilla-Leon Valladolid dan Leon juga tak kalah menariknya.


San Fermin (Pamplona Bull Run)


Festival ini berlangsung selama satu minggu pada awal Juli. Festival ini berlangsung di ibukota wilayah Navarra, dekat Negara Basque, di utara Spanyol. Pamplona Bull Run adalah pertunjukan adu banteng, lomba lari dengan banteng dan segala hal yang berbau dengan banteng lainnya yang akan diadakan selama seminggu, yang di mulai sejak jam 08:00 pagi. Mau tau kelanjutan festival ini? Silahkan datang ke Spanyol pada bulan Juli.


Tomatina Tomato Fight


Seperti namanya, ini adalah festival di mana ribuan orang berkumpul di jalan-jalan kota untuk melemparkan tomat satu sama lain. Festival ini memang agak tidak penting, tapi sepertinya seru juga untuk dicoba saat kamu ke Spanyol.

Festival ini berlangsung pada hari rabu ke empat setiap bulan Agustus, di kota kecil bernama Buñol, sekitar 1 jam dari Valencia.


Las Fallas


Ini adalah sebuah festival di mana setiap daerah akan membuat boneka raksasa yang kemudian dibakar dengan disaksikan oleh seluruh kota. Biasanya boneka menggambarkan sebuah sindiran, tapi ya nggak selalu begitu. Tapi tidak semua boneka yang dibuat akan berakhir dibakar guys, karena boneka terbaik akan dibawa ke museum di Valencia.

Festival ini diadakan menjelang 5 hari sebelum Hari Saint Joseph pada 19 Maret dan berlangsung di kota Valencia, di Costa Blanca.
Well, ini seperti festival parade Ogoh-ogoh di Bali ya? di mana Ogoh-ogoh diarak keliling kampung kemudian dibakar.


Feria de Sevilla


Festival ini berlangsung setelah 2 minggu festival Semana Santa dilakukan. Festival ini akan mempertunjukan segala sesuatu dari Andalusia yang terkenal. Seperti adu banteng, pacu kuda, anggur terbaik dan banyak lainnya. Orang-orang lokal biasanya akan menghabiskan banyak uang hanya untuk menyewa tenda untuk teman-teman dan keluarga mereka yang ingin ikut menikmati pesta mereka.

Pesta berlangsung selama hampir 24 jam dalam sehari dengan diiringi parade kuda, musik tradisional, serta budaya Spanyol lainnya.


Carnival


Karnaval di Spanyol sangat bervariasi, tapi Tenerife menempati peringkat kedua dalam hal pemborosan setelah Rio de Janeiro, Brazil.

Festival ini paling terkenal di Tenerife dan Cadiz, meskipun memiliki tradisi yang kuat di seluruh distrik Gay Chueca di Madrid dan di Sitges, dekat Barcelona.
Karnaval ini dilangsungkan pada saat karnaval tradisional, beberapa hari sebelum puasa.


Natal dan Tahun Baru


Well, ini berlangsung seperti perayaan Natal dan tahun baru di negara lain, yang dilaksanakan di seluruh kota. Tapi pastinya setiap Negara memiliki tradisinya sendiri, begitu juga di Spanyol.


Cristiano y Moros


Ini adalah festival untuk mempertunjukkan kembalinya kekuasaan Kristen. Acara ini paling populer di Alicante, tetapi sangat populer di kota di kota-kota Spanyol bagian selatan.  Festival ini diadakan sekali dalam setahun di banyak kota. Kamu bisa melihat berbagai macam kostum dari tradisional sampe modern ala Spanyol. Untuk tanggalnya silahkan cek di web Spanyol guys, hehe.


Semana Grande


Semana Grande adalah festival umum seperti halnya Feria de Sevila, namun sedikit kurang tradisional. Daya tarik dari Semana Grande adalah diadakannya konser-konser besar dari musik rock, pop, jazz, hingga klasik. Untuk kamu pecinta musik, ini adalah festival yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berada di Spanyol.

Selama festival ini dilangsungkan, maka setiap malam akan ada kompetisi kembang api internasional. Seperti halnya festival besar di Spanyol, di sana juga akan ada adu banteng, pesta kuliner dan ketinggalan juga boneka besarnya. Festival ini diadakan pada minggu ke tiga di bulan Agustus di Bilbao.


Tamborrada, San Sebastian


Ini adalah festival paling berisik yang pernah ada di Spanyol. Karena dalam festival ini orang-orang akan berpartisipasi turun ke jalan dan menabuh drum. Mereka akan mengadakan pawai sepanjang malam, dan semua orang boleh berpartisipasi.

Festival ini diadakan selama 24 jam mulai malam 19 Januari, dan perlu dicatat kalau festival dimulai pada tengah malam di San Sebastian, Negara Basque.

Oleh: Desy Lestari

Scroll To Top