11 Fakta Real Madrid Lebih Hebat dari Barcelona

Barcelona versus Real Madrid, siapa yang lebih hebat? Tak perlu dipertanyakan lagi, rivalitas keduanya memang benar-benar panas. Tak hanya di Spanyol, rivalitas antar suporter Madrid dan Barcelona terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kira-kira, siapa yang lebih hebat? Setelah mengumpulkan fakta dan melakukan analisa, Pizna menyimpulkan bahwa Madrid lebih superior dari Barcelona. Berikut alasannya:


1. Madrid mengumpulkan lebih banyak trofi di Liga Spanyol



"Jas merah, jangan lupakan sejarah". Bagaimanapun sejarah berperan penting dalam menentukan kehebatan sebuah klub sepakbola. Hingga artikel ini ditulis, Real Madrid sudah memenangkan 32 trofi La Liga. Rekor ini jelas unggul jauh dari Barcelona yang baru memenangkan 22 trofi. Seandainya Barcelona terus menerus memenangkan La Liga selama sembilan tahun ke depan, mereka masih belum bisa mengalahkan rekor Real Madrid ini.


2. Madrid lebih unggul di kompetisi internasional



Dilihat dari karir mereka di kompetisi Eropa, Madrid jelas lebih unggul secara statistik. Real Madrid memenangkan kompetisi tertinggi Eropa, Liga Champions sebanyak 10 kali. Bandingkan dengan Barcelona yang baru empat kali. Yang lebih impresif lagi, Madrid pernah memenangkan kompetisi ini (saat itu masih bernama Piala Champions) sebanyak lima kali berturut-turut, dari tahun 1956 hingga 1960. Tak hanya itu, total keseluruhan trofi yang dimenangkan di kompetisi internasional (Liga Champions, Piala Super Eropa, FIFA Club World Cup, Piala UEFA, dan Piala Winners) juga lebih banyak dipegang Madrid, dengan perbandingan 17-14.


3. Madrid lebih kuat secara finansial


Menurut survei yang dilakukan oleh majalah Forbes, Madrid saat ini adalah tim sepakbola dengan nilai kekayaan paling tinggi. Total kekayaan Madrid ditaksir mencapai 3,4 milyar US Dollar, unggul dari Barcelona yang duduk di peringkat kedua dengan taksiran kekayaan 3,2 milyar US Dollar.


4. Madrid memiliki pemain termahal dunia


Hal ini erat kaitannya dengan poin nomor 3. Dua pemain termahal dunia saat ini, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo merupakan bagian dari Real Madrid. Bale memiliki nilai transfer 100 juta Euro, sedangkan Ronaldo memiliki nilai transfer 94 juta Euro. Tak hanya itu, sebelum Bale, Madrid juga beberapa kali memecahkan nilai transfer dunia, antara lain ketika membeli Cristiano Ronaldo (tahun 2009), Zinedine Zidane (2001), dan Luis Figo (2000).


5. Madrid memecahkan lebih banyak rekor di La Liga

Selain jumlah trofi terbanyak di Liga Spanyol, Real Madrid juga memegang berbagai rekor fantastis di La Liga, lebih banyak daripada Barcelona. Di antaranya adalah jumlah gol terbanyak yang dicetak dalam satu musim (121 gol, musim 2011-2012), jumlah poin terbanyak sepanjang masa (4.110), rekor tidak pernah kalah dalam satu musim (1931-32), tiga kali memenangkan 100% partai kandang dalam satu musim (Barcelona hanya mampu memenangkannya selama dua musim), dan masih banyak lagi rekor fantastis lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak saja klasemen sepanjang masa La Liga berikut:




6. Pemain Madrid lebih dipercaya untuk memimpin timnas Spanyol





Jangan salah, pemain Real Madrid lebih banyak dipercaya menjadi kapten timnas Spanyol daripada pemain Barcelona. Bukti nyatanya, lihat saja tabel di atas. 5 dari 7 pemain yang dipercaya sebagai kapten Spanyol dari masa ke masa adalah pemain Real Madrid (Jose Antonio Camacho, Emilio Butragueno, Fernando Hierro, Raul Gonzalez, Iker Casillas). Dari daftar tersebut, hanya ada satu pemain Barcelona yang dipercaya sebagai kapten resmi timnas Spanyol, yaitu Andoni Zubizarreta.


7. Madrid lebih dicintai oleh warga Spanyol

Wajar, karena Barcelona mendeklarasikan diri sebagai tim dari Catalan, suatu daerah yang bahkan memiliki bahasa sendiri dan beberapa kali sempat ingin merdeka dari Spanyol. Daerah ini dikenal sebagai tempat kaum pemberontak yang sempat memicu revolusi besar-besaran di Spanyol.

Berdasarkan polling yang dilakukan oleh Centro de Investigaciones Sociol√≥gicas, 32% dari penduduk Spanyol mendukung Real Madrid, sedangkan Barcelona hanya didukung oleh 25% warga Spanyol. Di sosial media, persaingan keduanya hampir seimbang. Madrid unggul di Twitter dengan total follower 13,9 juta, sedangkan Barcelona ada di angka 13,5 juta. Walaupun demikan El Barca unggul di Facebook, di mana mereka memiliki 80 juta fans, sedangkan Madrid berada di angka 79 juta fans.


8. Real Madrid lebih seimbang sebagai tim, memiliki pertahanan yang lebih solid


Dari segi penyerangan, baik di zaman dulu sampai sekarang, Madrid dan Barcelona sama-sama hebatnya. Madrid punya striker legendaris seperti Hugo Sanchez, Butragueno, di Stefano, dan Raul; sedangkan di Barcelona ada Cesar Rodriguez, Kubala, Stoichkov, Eto'o, dan Kluivert. Namun dari segi pertahanan, Madrid lebih unggul. Defender-defender Madrid seperti Fernando Hierro, Manuel Sanchis, Roberto Carlos, dan Antonio Camacho lebih terkenal dan memenangkan lebih banyak trofi dibandingkan defender-defender Barcelona seperti Carles Puyol, Sergi Barjuan, Gallego, atau Miguel Angel Nadal.


9. Madrid memenangkan lebih banyak pertandingan di El Clasico


Nah, yang ini sudah jelas. Dari duel langsung, Madrid menang lebih banyak daripada Barcelona. Berdasarkan statistika terakhir, Madrid memenangkan 93 pertandingan, sedangkan Barcelona baru memenangkan 89 kali dari total 229 partai.
.

10. Rekor kemenangan El Clasico terbesar dipegang oleh Real Madrid


Tak hanya dari jumlah partai, rekor kemenangan terbesar El Clasico juga dipegang oleh Real Madrid. Mereka mencatatkan skor fantastis, mengalahkan Barcelona dengan skor 11-1 dalam pertandingan Copa del Rey tahun 1943. Tak hanya itu, Madrid juga mencatat rekor kemenangan El Clasico terbesar di La Liga ketika mengalahkan rivalnya dengan skor 8-2 di tahun 1935. Dari pihak lawan, rekor kemenangan terbesar yang dicetak oleh Barcelona "hanya" selisih 5 gol.


11. Madrid unggul di klasemen sementara saat ini dan tampil lebih impresif




Ok, stop ngomongin sejarah. Kita bicara saat ini. Jika meninjau penampilan dalam dua musim terakhir, Madrid jelas unggul dari Barcelona. Tahun lalu mereka tampil impresif dengan memenangkan Liga Champions. Tahun ini, mereka memuncaki La Liga dan sudah mencatatkan 20 kemenangan berturut-turut di tahun 2014. Dari statistika saat ini, jelas Madrid bisa dibilang lebih hebat dari Barcelona.


Nah, itu tadi ulasan dari Pizna. Sekedar informasi, tim redaksi Pizna bukanlah fans Real Madrid. Artikel ini dibuat berdasarkan statistika, data, angka, dan fakta yang sudah benar-benar tersaji. Yang jelas, keduanya sama-sama tim yang hebat dan berkelas.

Nah, kalau kamu setuju, atau mau mengkritisi artikel ini, silakan ungkapkan di kolom komentar. Mari kita berdebat secara sehat :)

Menurut kamu, mana yang lebih hebat, Real Madrid atau Barcelona?


Scroll To Top