[DID Y'KNOW] 12 Fakta Tentang TITANIC yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Saat ini, kebanyakan dari kita lebih mengetahui tentang Titanic dari film keluaran tahun 1998 yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Sementara, kita mungkin ingat seberapapun tragisnya film ini, kita bahkan tidak menyalakan lilin untuk mengenang tragedi yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata ini.

Titanic sangat amat nyata, dan ada banyak hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang apa yang sebenarnya terjadi pada malam ia tenggelam ke dasar laut.

1. Ada seorang pria Jepang yang selamat dari tragedi tersebut. Tapi ketika dia kembali ke Jepang, dia merasa malu, dan mengatakan bahwa dia harusnya tenggelam saja dengan kapal itu.

2. Salah satu momen paling emosional dalam film Titanic adalah ketika anggota kelompok musik melanjutkan bermain musik untuk menenangkan penumpang. Dan ini BENAR-BENAR terjadi. Mereka memainkan alat musiknya selama beberapa jam setelah kapal menabrak gunung es.

3. Andai saja gunung es-nya terlihat 30 detik sebelumnya, dan kapten kapal diberitahu, kecelakaan tersebut dapat dihindari.

4. Milton Hershey a.k.a. pria di balik salah satu perusahaan pabrik cokelat tersukses sepanjang masa, punya tiket untuk naik Titanic, namun dia mengganti rencananya.

5. Empat cerobong asap Titanic yang sangat terkenal itu, cerobong asap yang keempat tidak berfungsi sama sekali! Cerobong tersebut benar-benar dibuat hanya untuk hiasan saja.

6. Lebih dari setengah dari sekoci di kapal tidak terisi penuh sesuai kapasitas maksimal.

Jika penuh, lebih banyak nyawa akan terselamatkan...

7. Hanya satu kapal laut dalam sejarah yang telah tenggelam gara-gara gunung es: Titanic.

8. Sebenarnya ada pelatihan singkat untuk simulasi penggunaan sekoci sehari sebelum kapal tenggelam. Pelatihan ini memungkinkan penumpang untuk benar-benar mempraktikkan apa yang harus dilakukan ketika emergensi. Namun, pelatihan ini dibatalkan.

9. Gunung es terkenal yang telah membuat Titanic 'bertekuk lutut' telah mengapung sejak tahun 1000 sebelum masehi.

10. Budget film James Cameron, Titanic, sebenarnya lebih tinggi daripada budget yang dikeluarkan untuk membangun kapal Titanic yang sesungguhnya di dunia nyata.

Wow, Hollywood. Wow.

11. Koki kapal merupakan salah satu penumpang yang selamat, dan keselamatannya adalah berkat banyaknya minuman keras yang dia minum tepat sebelum dia tenggelam dalam air, yang mana tetap menjaga suhu tubuhnya dalam air yang dingin.

12. The Californian, kapal lain yang berada di Atlantik malam itu, tidak terlalu jauh dari Titanic. Namun komunikasi dengan mereka tertunda, dan mereka tidak dapat menyelamatkan banyak penumpang.


Penulis: Esmeraldah Prasetya

Scroll To Top