Ckck... Ini 20 Ponsel Nokia Paling Wah dan Paling Cupu

Nokia, satu nama yang dulunya sangat besar di dunia ponsel internasional. Berbagai model dari ponsel sampai ponsel pintar dibuat sedemikian rupa oleh insinyur - insinyur Nokia guna menjadi yang terdepan di dunia ponsel. 

Di Indonesia, nama Nokia sangat populer khususnya di era awal 2000an. Tidak salah rasanya jika dengan mengenang kembali model - model ponsel Nokia kita dapat sekaligus sedikit bernostalgia. Berikut ini 20 ponsel Nokia baik yang terbaik maupun terburuk. 


Nokia Cityman - 1987

Ponsel ini merupakan ponsel pertama Nokia yang tersedia dalam dua tipe berdasarkan frekuensinya yaitu 450 dan 900. Disebut sebagai ponsel berdesain sederhana namun mewah dan diinginkan banyak orang pada masanya. Melalui ponsel ini pula Nokia berkembang menjadi perusahaan besar pada tahun 1988 dengan menguasai 15% dari pasar ponsel dunia.




Nokia 5110 - 1998

Ponsel ini merupakan salah satu ponsel sejuta umat yang diproduksi oleh Nokia khususnya di Inggris. Satu keunggulan utamanya adalah baterai yang awet. Adanya game Snake serta panel depan yang bisa dilepas dan diganti dengan panel pengganti yang lebih menarik juga menambah popularitas ponsel ini.




Nokia 3650 - 2002

Merupakan ponsel pintar pertama dengan sistem operasi Symbian S60 yang tergolong merajai masanya. Dengan kamera VGA yang mampu memotret gambar serta merekam video di layar warna yang cukup jernih pada saat itu. Memori internal sebesar 3.4MB sudah cukup besar pada saat itu namun satu hal yang menarik banyak kritik adalah keypad yang berbentuk membulat dari ponsel ini.




Nokia N90 - 2005

Satu seri ponsel Nokia yang terbilang revolusioner. Diluncurkan bersamaan dengan dua tipe lain dalam rangka mengenalkan N Series dari Nokia pada tahun 2005. Dua tipe lainnya adalah N70 dan N91. Seri N90 merupakan yang paling populer dari dua yang lain. Dianggap sebagai awal mula penggabungan antara komputer dan ponsel pada saat itu. Meskipun lebih merujuk pada alat perekam video yang ditambahi keypad ponsel, tidak bisa dipungkiri bahwa N90 merupakan cikal bakal dari Experia Z1s serta Note 3s di masa sekarang.




Nokia 6810 - 2004

Desain adalah satu hal yang akan ditinggalkan oleh Nokia begitu saja ketika fungsi lebih diutamakan. Nokia 6810 merupakan satu contohnya ketika fungsionalitas keypad full qwerty yang mempermudah pengetikan dalam berbagai tujuan namun dibalut desain lipat yang aneh. Bahkan fitur Blackberry email juga didukung oleh Nokia ini dibalik desain yang konyol.




Nokia N93 - 2007

Ponsel multimedia merupakan satu sebutan pas untuk N93. Merujuk pada desain camcorder atau kamera perekam mini dengan kemampuan zoom 3x yang menjadikan kamera ponsel ini terbaik di masanya. Fitur canggih seperti Wi-Fi serta koneksi 3G juga mendongkrak penjualan seri Nokia N93.




Nokia N95 - 2007

Pada saat peluncurannya, Nokia N95 merupakan ponsel pintar paling canggih dengan berbagai fitur unggulannya. Kamera 5MP, GPS, desain sliding-phone, serta Flash browser menjadikan N95 sangat pantas bahkan untuk dikategorikan sebagai salah satu ponsel pintar terbaik sepanjang masa.




Nokia 9110 Communicator - 1998

Ditujukan lebih kepada para eksekutif kantoran yang membutuhkan akses mudah untuk email serta fax, ponsel ini mempunyai ukuran bontot yang ketika dibuka akan semakin bontot. Mempunyai keypad full qwerty dibalik desain bontotnya, layar yang hanya satu warna saat tu menjadi satu kelemahan mendasar dari Nokia 9110 Communicator.




Nokia 3210 - 1999

Seri ini merupakan salah satu ponsel yang mampunyai ukuran cukup kecil serta tergolong tahan banting dan sangat dapat diandalkan. Lebih dari 160 juta orang di dunia pernah memiliki ponsel ini jadi tidak terlalu berlebihan jika Nokia 3210 disebut sebagai salah satu ponsel legendaris Nokia sepanjang masa.




Nokia 8110 - 1996

Meraih kepopuleran dari seri film The Matrix, Nokia 8110 yang dijual bebas di pasar ponsel justru tidak membawa fitur ikonik yang terlihat di film ketika digunakan Keanu Reeves dan kawan - kawan. Alasan sederhana itulah yang membuat tipe ini tidak begitu berhasil di pasar ponsel.




Nokia 3310 - 2000

Sejumlah 130 juta unit dar Nokia 3310 terjual dengan mudah dan cepat di pasar ponsel. Ponsel ini sangat populer di kalangan penggila pesan singkat dengan kemampuan mengirim pesan dengan total 459 karakter sekali kirim. Ponsel yang kadang diasosiasikan dengan batu bata karena ketangguhannya ini memang satu dari beberapa seri yang membesarkan nama Nokia.




Nokia 6310 - 2002

Meskipun desain tampilan luarnya sangat polos yang mengusung bentuk candybar, ponsel ini menyasar kalangan bisnis dengan fitur seperti Bluetooth serta perekam suara yang terbilang baru pada saat itu. Versi update dari seri ini tersedia satu tahun kemudian dengan nama 6310i.




Nokia 7650 - 2001

Merupakan seri paling pertama dari ponsel masa depan Nokia dengan menjadi ponsel pertama Nokia yang dilengkapi dengan kamera serta didukung oleh sistem operasi Symbian S60. Adanya kamera di ponsel ini merupakan lompatan besar Nokia yang pada akhirnya mampu memproduksi beberapa ponsel kamera terbaik. Penggunaan sistem operasi Symbian S60 juga merupakan hal besar karena menjadi dasar dari berbagai ponsel pintar Nokia di masa depan.




Nokia 7110 - 1999

Seri pertama dari ponsel Series 40 dari Nokia yang mengangkat tema media-phone. WAP browser, akses email, serta keypad yang lebih mudah untuk dioperasikan merupakan kunci keberhasilan pnsel ini pada masanya meski hanya dibekali layar monokrom dengan ukuran 95x95 pixel.




Nokia 8210 - 1999

Mengusung desain yang cukup kecil serta bobot yang ringan, hanya 79gram, ponsel ini juga mendukung fitur penggantian cover yang membuatnya bisa lebih bergaya. Satu fitur luar biasa pada saat itu adalah koneksi inframerah yang menjadi dasar dari konektifitas Bluetooth pada ponsel.




Nokia 7600 - 2004

Ponsel ini merupakan satu bukti bahwa tren berubah sangat cepat namun justru bisa menjebak jika tidak dipilih dengan berhati - hati. Dengan desain teardrop yang justru membuat ponsel ini sulit dipakai serta fitur yang terkesan dikebiri untuk level ponsel 3G, ponsel ini populer secara negatif.




Nokia 8800 - 2005

Ponsel premium dari Nokia ini mempunyai desain slider yang sudah disempurnakan sehingga pergeserannya lebih halus. Cover yang terbuat dari stainles steel menunjukkan sisi premium dari ponsel ini. Layar anti gores juga menjadi fitur unggulan ponsel ini meski satu kelemahannya adalah baterai yang sangat boros yang bahkan beberapa kali proses charging dibutuhkan dalam satu hari.




Nokia 808 Pureview - 2008

Ide brilian dari ponsel ini adalah adanya kamera 41MP yang mampu menghasilkan foto dan video terbaik dari ponsel. Sayangnya, penggunaan sistem operasi Symbian 3 serta harga yang mahal pada saat itu yaitu 500 Poundsterling membuat Nokia 808 Pureview gagal sukses di pasar ponsel dunia.




Nokia Lumia 1020 - 2013

Lima tahun dari seri 808 Pureview, Nokia kembali menggunakan kamera 41MP dalam ponselnya bertipe Lumia 1020. Dengan dukungan sistem operasi Windows Phone yang cukup menjanjikan, seri ini bisa dibilang merupakan ponsel terakhir dibawah bendera Nokia. Kedepannya, ahli - ahli dari Nokia akan menyumbangkan keahlian - keahliannya dalam membuat ponsel - ponsel dibawah nama Microsoft.




Nokia 7280 - 2004

Satu hal yang pantas dirindukan pengguna ponsel dari Nokia adalah masa - masa dimana desain dari Ponsel Nokia sangat unik. Satu contoh adalah Nokia 7280 yang meski menyasar segmen ponsel fashion dengan desain uniknya, sisi fungsionalitasnya jauh dari cukup. Ukuran ponsel yang terlalu kecil berimbas pada segala hal didalamnya yang juga menjadi terlalu kecil termasuk layar serta tombol - tombol yang ada.




Disamping adanya model - model ponsel yang sempat melegenda dari Nokia, nama besarnya terbukti tidak mampu bertahan dari gempuran nama - nama baru seperti Apple, Samsung, serta Sony yang sudah beralih pada segmen ponsel pintar saat ini. Namun, tetap saja Nokia sangat pantas untuk disebut sebagai satu pionir dunia ponsel baik dalam hal desain maupun teknologi.



oleh Denal Sukma Dewa (@e_Nald)

Scroll To Top