[W.O.W] 16 Karya Manusia yang Memukau

Setelah kamu melihat berbagai karya alam yang begitu memukau disini, sekarang saatnya kamu melihat berbagai karya hasil manusia yang tak kalah menakjubkan. Inilah daftar 16 karya manusia yang wajib kamu lihat dan masukkan dalam list jalan-jalanmu berikutnya!

1. Montserrat Monastery, Catalonia, Spain


Ditempat ini, kamu akan menyaksikan pemandangan spektakular dari pegunungan Catalunya. Selain itu, arsitekturnya yang indah membuat pengalamanmu semakin berkesan. Kamu akan belajar banyak sejarah serta mendengar banyak cerita setiap kali mengunjungi tempat tersebut.

2. Mont Saint Michel, France


Dari kejauhan, kamu akan melihat sebuah bangunan yang tampak seperti istana dari seberang danau. Mont Saint Michel ini merupakan sebuah pulau yang terletak di Normandy, Perancis. 

3. Al Khazneh 


Dikenal juga sebagai “The Treasury” yang terletak di Petra, Jordan. Tempat ini merupakan salah satu kuil yang terbentuk secara alami melalui ukiran batu berpasir dari tangan manusia.

4.Cliff Palace, Mesa Verde National Park


Terdapat lebih dari 150 ruangan ditempat ini, Cliff Palace adalah salah satu tebing terbesar ditaman tersebut. Jika kamu tur mengelilingya, kamu akan mendaki 120 tangga yang tidak rata. Total perjalanan adalah 400meter pulang pergi.

5. Potala Palace, Chengguan, Tibet


Ini adalah kediaman dari tokoh besar dunia, yaitu Dalai Lama sampai beliau melarikan diri selama pemberontakan di Tibet tahun 1959. Sekarang, istana tersebut menjadi sebuah museum dan salah satu situs warisan di dunia.

6. Leshan Giant Buddha, China


Patung ini memiliki ketinggian 71 meter dan dibangun selama zaman Dinasti Tang. Leshan Giant Buddha tersebut diukir dari tebing pada pinggir pertemuan sungai Minjiang, Dadu, serta Qingyi.

7. Angkor Wat, Cambodia


Candi tersebut terletak 6 kilometer dari Siem Reap. Pintu masuk serta keluar hanya dapat diakses dari gerbang sebelah barat saja. Dibangun pada abad ke 12, perkiraan pembangunan candi tersebut kira-kira 30 tahun lamanya, dan tempat ini memang didedikasikan untuk agama Hindu.

8. Bet Giyorgis Church in Lalibela, Ethiopia


Gereja ini diukir dari bebatuan vulkanik padat merah pada abad ke 12. Disini, akan terdapat dimensi parit sebesar 25 x 25 x 30 meter, serta terdapat kolam pembaptisan kecil diluar gereja.

9. Chandi Bori Well Abhaneri, India


Abhaneri sebetulnya terletak di distrik Dausa negara Rajasthan di India. Berada diseberang Harshat Mata Temple, tempat tersebut dibangun pada tahun 800 AD. 

10. The Alhambra, Granada, Spain


Alhambra sendiri memiliki arti “Red Castle”. Diberi nama Alhambra karena dindingnya yang bewarna kemerahan. Kamu dapat menemukan The Alhambra di atas bukit Al-Sabika, tepi kiri sungai Darro. 

11. Bagan Temples, Myanmar


Terdapat beberapa kuil serta candi disini, diantaranya Kuil Ananda, Kuil That Byin Nyu, Kuil Dhammayan Gyi, Kuil Htilo Minlo, dan lain sebagainya. Semua berada dalam 1 lokasi yang berdekatan. Sehingga, pemandangan yang bisa dilihat pun akan sangat memukau, apalagi jika kamu memandang dari atas perbukitan.

12. Pyramids of Teotihuacan, Mexico

Reruntuhan situs arkeologi ini adalah salah satu tempat paling mengagumkan di Meksiko. Berlokasi sekitar 50 km dari Mesiko Utara, tempat ini merupakan sebuah tempat yang ideal bagi kamu yang suka sejarah serta antropologi.

13. Wooden Churches of Kizhi Island, Rusia


Gereja ini terdiri dari menara jam segi delapan, serta terbuat dari kayu-kayuan. Disini, para arsitektur kayu sangat berani sekali menciptakan sebuah model arsitektur visioner yang sangat unik. Serta, seluruh model dibuat selaras dengan pemandangan disekitarnya.

14. Suspended Temple of Mount Hengshan, China


Kuil ini dibangun pada sebuah tebing dengan ketinggian 246 kaki dari tanah. Dibangun pada 1,500 tahun lalu, tempat tersebut terletak diantara pegunungan. Bagaimana ya para arsitektur membangun hal seperti ini pada ribuan tahun lalu?

15. Shibam Mud House, Hadhramaut, Yemen


Dikelilingi oleh dinding berbenteng, Shibam adalah salah satu kota tertua serta terbaik. Struktur menara disini sangat rapi sehingga masyarakat memberikan julukan sebagai “Gurun Manhattan”

16. Cave Monastery, Vardzia, Georgia


Digali dari batuan padat, Vardzia terlihat seperti salah satu elemen didalam film Lord of the Rings. Nyatanya, tempat ini adalah sebuah gua sekaligus biara yang dibangun oleh bangsa Georgia di Kaukasus untuk Ratu mereka, yaitu Tamar.

[Megan Faustine]


Scroll To Top