[KAGUM] 5 Pegunungan Vulkanik Bersejarah di Jepang

Jepang berkontribusi 10% dari jumlah gunung api tersebar diseluruh dunia. Fakta ini tentu saja tidak mengherankan, karena 70% wilayah Jepang memang tertutup pegunungan. Nah, inilah daftar 5 pegunungan vulkanik yang paling bersejarah di jepang.

1. Gunung Fuji


Gunung Fuji dikunjungi oleh lebih dari jutaan orang serta ratusan ribu orang bertekad untuk mendaki Gunung Fuji sampai puncak. Menurut legenda, Gunung Fuji terbentuk sekitar 10,000 tahun yang lalu. Kamu dapat memandang gunung Fuji melalui Tenjo-Yama Park dimana terdapat sebuah cable car yang akan membawamu sampai ke Fuji Viewing Platform. 

2. Gunung Aso


Dikenal juga sebagai Aso-San, San berarti gunung, merupakan tempat dari 5 puncak gunung berapi yang terpisah letaknya. Salah satu dari antara 5 gunung berapi tersebut, terdapat Gunung Nakadake yang masih aktif dan merupakan daya tarik utama dari tempat tersebut. 

3. Gunung Unzen 


Berlokasi di dekat kota Shimabara, Pulau Kyushu, merupakan letak kelompok gunung berapi Unzen ini. Sebuah taman nasional telah didirikan pada tahun 1934 serta desa kecil pun mulai bermunculan untuk menampung para pengunjung. Kamu dapat menaiki 4,459 kaki sampai ke puncak untuk menikmati pemandangan. Untuk mempersingkat perjalanan, kamu juga bisa pergi ke Gunung Myoken terlebih dahulu, yang bisa dicapai hanya dalam waktu 3 menit saja dengan naik gondola dari Nita Pass. 

4. Gunung Sakurajima


Dari jajaran gunung di wilaya Sakurajima, Gunung Minami-Dake adalah yang paling aktif. Abu vulkanik yang dihasilkan oleh gunung tersebut seringsekali terhembus sampai ke penduduk. Seringkali pengunjung tidak diizinkan untuk naik ke tepi kawah karena kondisinya yang berbahaya. Sebaliknya, para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah tersebut dari Yunohira Lookout.

5. Gunung Asama


Gunung ini berlokasi di pulau utama Jepang Honshu, dan berdiri 2,568 meter di atas permukaan laut, serta dapat dilihat sangat menjulang tinggi melalui kota Karuizawa. Gunung Asama mulai terkenal namanya semenjak letusan pada tahun 1783 yang menewaskan hingga 1,500 orang. Pada tahun 2009, gunung ini juga baru saja meletus yang mengirimkan abu cukup tebal hingga ke Tokyo. Meskipun masih aktif, Gunung Asama tetap menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi selama di Jepang. Kamu bisa bermain ski di lereng dan juga berendam di air panas alam selama di daerah Gunung Asama.

[Megan Faustine]


Scroll To Top