[Berguna] 15 Trik Untuk Mendekteksi Seseorang yang Sedang Berbohong

Hampir semua orang di dunia ini pernah ngelakuin perbuatan ngga terpuji satu ini. Bohong. Yang bikin Pizna heran ni ya, siapa sih diantara kamu yang suka diboongin? Pizna yakin ngga ada deh. Tapi anehnya banyak orang suka berbohong sama orang lain, dan biasanya hal ini dia lakuin untuk menutupi kesalahan atau kekurangan yang ada pada dirinya. Kalau kamu udah mulai curiga sama tingkah laku temen, sahabat, sodara atau pacar yang tercium aroma-aroma kebohongan, Pizna kasih buat kamu 15 trik buat mendeteksi kebohongan yang bisa kamu praktekkin.



1. Seseorang yang sedang berbohong biasanya ngga terlalu ekspresif. Lengan, tangan dan kaki akan cenderung sering bergerak seperti tidak nyaman atau seolah ingin melindungi diri dan membuka sedikit ruang.

2. Pembohong akan menghindari kontak mata. Mata akan cenderung berputar putar atau bergerak ke kiri dan kanan. Bila bergerak ke kanan, itu tandanya seseorang sedang berpikir mencari alasan.

3. Mengeluarkan gerakan seperti: tangan yang menyentuh wajah, leher dan mulut. Menyentuh, menggaruk hidung atau bagian belakang telinga. Jarang sekali seorang pembohong yang membusungkan dada.

4. Menunjukkan emosi gerak tubuh atau ekspresi dan kata-kata dengan timing yang tidak pas. Contoh: sesorang mengatakan, "wah bagus banget!" saat menerima hadiah dan kemudian tersenyum setelah mengatakan itu, bukannya berbarengan dengan saat ia mengatakan pernyataan bahagia. Maka bisa dipastika ia ngga bener-bener menyukainya.

5. Gesture atau ekspresi yang ngga sesuai dengan pernyataan yang diucapkan. Misalnya: bilang "ngga apa-apa kok" tapi sambil cemberut.



6. Pembohong banyak berpikir dalam membuat pernyataannya. Beda sama orang jujur atau ngga bersalah yang selalu kasih pernyataan spontan.

7. Seseorang yang bersalah akan cenderung defensif (membela diri). Berbeda dengan orang yang tidak bersalah karena mereka akan cenderung ofensif.

8. Pembohong akan menunjukkan ketidaknyamanan saat berhadapan dengan orang yang menuduhnya. Biasanya ditandai dengan memalingkan kepala atau tubuh yang bergerak ke arah berlawanan.

9. Seorang pembohong mungkin secara ngga sadar bakal menempatkan benda-benda seperti buku, cangkir kopi, dll di antara mereka dan kamu untuk menjaga jarak.

10. Kebanyakan pembohong akan menggunakan lagi kata-katamu untuk menjawab pertanyaan. Ketika ditanya, "Kamu habis jalan sama cewek lain ya barusan?" Jawaban seorang pembohong adalah, "Enggak, aku ngga jalan sama cewek lain kok barusan."



11. Seorang pembohong terkadang menghindari mengatakan kebohongan dengan sebuah pernyataan langsung. Mereka biasanya akan membuat jawaban tersirat dan berbelit-belit dan bukannya dengan tegas menyangkal.

12. Orang yang bersalah berbicara lebih banyak dari biasanya. Merka suka menambahkan rincian atau detail yang sebenarnya nggak perlu untuk meyakinkanmu. Soalnya mereka nggak ngerasa nyaman sama keadaan diam atau jeda dalam percakapan.

13. Pembohong berbicara dengan nada yang monoton

14. Kalimat yang dikeluarkan dari pernyataan yang mengandung sebuah kebohongan biasanya kacau. Tata bahasanya ngawur dan mungkin akan terjadi banyak ralat. "Eh salah ding", "bukan gitu". "aduh gimana sih" nah itu biasanya keluar dari mulut pembohong.

15. Pupil mata melebar, gugup , gemetar sehingga nada suara yang dikeluarkan mungkin cenderung menunjukkan keraguan.



Coba praktekin tips-tips di atas ke orang-orang di sekitarmu. Coba liat siapa yang selama ini ternyata nggak jujur sama kamu.

Satrio Rizki Dharma

Scroll To Top