[AMAZING!] Pernah nggak kamu liat formasi awan kayak gini?

Suatu saat kamu lagi jalan-jalan keluar dan mandangin langit, eh nggak sengaja ngeliat formasi awan yang bentuknya aneh. Biasanya sih refleknya kamu langsung ambil smartphone, potret awannya terus upload deh di instagram atau path. Tapi tahukah kamu kalau mungkin aja beberapa formasi awan yang pernah kamu liat itu tergolong langka. Berikut ada 10 foto dari kumpulan formasi awan yang langka, siapa tau kamu pernah ngeliat salah satunya atau bahkan semuanya!

1. Nacreous

Awan nacreous bersinar terang di dataran tinggi melalui sinar matahari hingga dua jam setelah matahari terbenam atau sebelum fajar. Warna-warni luar biasa cerah dan gerakan lambat dari awan yang berada cukup rendah ini akan memberikanmu sensasi pemandangan yang luar biasa.

2. Mammatus

Bentuknya cukup lucu karena keliatan seperti kantong-kantong. Biasanya awan ini terbentuk setelah badai buruk berakhir.

3. Altocumulus Castelanus

Kadang disebut juga awan ubur-ubur karena bentuknya yang memang kayak ubur-ubur. Bagian seperti tentakelnya dibentuk dari tetes-tetes air hujan yang sudah menguap.

4. Noctilucent

Ini awan yang tergolong amat langka. Awan noctilucent akan nampak bercahaya karena mereka merefleksikan sinar matahari dari sisi bumi yang lain. Hal tersebut membuat mereka nampak bercahaya di malam hari.

5. Awan Jamur

Awan ini bentuknya memang mirip seperti ledakan yang ditimbulkan dari sebuah bom nuklir. Nggak heran beberapa orang suka mengkaitkan awan ini dengan nuklir. Namun keberadaan awan ini ditimbulkan oleh sebab alami kayak letusan gunung misalnya.

6. Cirrus Kelvin-Helmholtz

Penampilannya sangat khas, tipis dan meliuk-liuk. Awan ini tergolong langka karena kemunculannnya yang sangat singkat.

7. Lenticular

Sering disebut juga altocumulus. Awan ini biasanya letaknya sangat tinggi dan membentuk formasi seperti gelombang-gelombang kayak spiral.

8. Awan Bergulung

Awan yang bentuknya lumayan seram ini biasanya muncul sebagai pertanda akan terjadinya badai cukup hebat.

9. Shelf

Awan ini biasanya sering nampak seperti sebuah semburat yang bergerak

10. Stratocumulus

Ini mungkin beberapa kali pernah kamu liat di angkasa. Awan ini mendapatkan bentuk bergaris-garis karena sapuan dari angin.

Scroll To Top