6 Cara untuk Menunjukkan pada Diri Sendiri bahwa Anda Benar-benar Pantas Dicintai

Apakah Anda pernah merasa bahwa Anda tak layak dicintai? Agar dicintai, Anda tak perlu menurunkan berat badan, mengurangi frekuensi marah, atau memaksakan diri untuk menyelesaikan kuliah. Anda berhak dicintai apa adanya.

Sudah waktunya untuk jatuh cinta pada manusia luar biasa seperti Anda. Cinta bukan hanya perasaan, ia juga merupakan kata kerja... suatu tindakan yang Anda lakukan, sesuatu yang Anda tunjukkan. Berikut ini adalah enam langkah untuk menunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda layak untuk dicintai!

1. Kejutkan diri sendiri dengan mencari tahu betapa luar biasa Anda sebenarnya



Setiap hari, kita menjadi diri kita sendiri. Kita tidak tahu bagaimana rasanya menjadi orang lain yang melihat kita, berbicara dengan kita, dan tergantung pada kita.

Penasaran dan ingin tahu lebih banyak? Tanyakan pada beberapa teman terdekat atau keluarga Anda, apa yang mereka hargai dari Anda. Ini tidak berarti Anda harus bergantung pada pendapat orang lain, atau menjalani hidup Anda untuk menyenangkan orang lain. Tapi kenapa tidak memanfaatkan pendapat dari orang-orang yang mengenal Anda dengan baik?

Mungkin Anda akan terkejut saat mengetahui bahwa Anda telah menginspirasi orang lain dengan bersikap apa adanya. Sesungguhnya Anda memang lebih berharga dari yang Anda sangka.

2. Menatap ke dalam masa lalu dan masa kini



Saat masih kanak-kanak, kita adalah pribadi yang polos dan bebas dari rasa bersalah. Bebas dari segala macam stres dan kekhawatiran.

Keluarkan foto lama Anda dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, Anda dapat memilih foto saat berusia 5, 12, dan 18 tahun. Amati setiap foto selama lima menit. Lihatlah mata Anda. Lihatlah wajah Anda. Apakah Anda tersenyum atau menunjukkan emosi lainnya? Lihatlah diri Anda dulu dengan kelembutan, dengan cara yang sama saat Anda melihat seorang anak yang Anda sayangi.

Anda yang dulu dan sekarang adalah orang yang sama. Saat ini Anda berhak memperoleh cinta, kedamaian, dan penerimaan yang sama seperti dulu. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda tak perlu menjadi orang lain. Anda hanya perlu menjadi diri sendiri.

3. Bepergian dengan diri sendiri pada momen spesial




Coba habiskan satu hari penuh dengan diri sendiri. Bersikaplah egois selama satu hari. Lakukan saja hal-hal yang Anda inginkan.

Bagaimana cara menunjukkan pada orang-orang terkasih bahwa Anda menghargai mereka? Anda menghabiskan waktu dengan mereka. Jadi, satu-satunya cara untuk merasa nyaman dengan diri Anda adalah menghabiskan waktu sendiri.

Anda perlu waktu untuk sendiri. Kita tidak benar-benar menjadi diri kita yang sebenarnya saat bersama orang lain. Ini adalah kesempatan untuk melepaskan topeng basa-basi dan mengamati pikiran, perasaan, serta keinginan diri sendiri.

Apa pun bisa dilakukan. Anda bisa membaca di tempat tidur sampai siang. Atau mungkin makan pizza sambil menonton televisi. Bisa juga pergi ke toko buku sampai berjam-jam. Pokoknya lakukan apa pun yang ingin dilakukan.

Egoislah untuk hari ini. Besok akan segara datang, dan Anda dapat kembali melakukan berbagai macam hal untuk orang lain. Jadi buatlah hari ini sebagai hari khusus untuk diri sendiri? Nikmatilah.

4. Tinjau ulang hal-hal yang telah dilalui dan mengubah hidup Anda


Buat daftar perjuangan tersulit yang telah Anda hadapi. Apakah Anda telah melalui masa kecil yang tidak menyenangkan? Apakah Anda pernah mengalami perceraian? Atau Anda pernah mengalami kekerasan di sekolah?

Dahulu saat kita mengalami masalah, mungkin kita merasa sendirian dan tidak dicintai. Namun setelah masalah itu selesai, kita bisa memandangnya sebagai suatu berkah. Masalah telah membentuk kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Orang-orang yang luar biasa biasanya pernah mengalami tragedi besar yang mendewasakan mereka.

Luangkan waktu beberapa menit untuk mendalami daftar yang telah Anda tulis. Mungkin Anda akan heran betapa banyak masalah yang telah berhasil Anda hadapi. Dengan merasa bersyukur akan hal itu, Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat.

5. Ubah perspektif Anda 180 derajat


Kita semua memiliki pemikiran buruk tentang diri sendiri. Alih-alih berusaha menghilangkan pemikiran itu, mengapa kita tidak mengubahnya menjadi sesuatu yang positif?

Apakah Anda pemalu dan tidak nyaman berada dalam kelompok? Tidak perlu khawatir, orang yang introvert biasanya memiliki pemikiran  yang kritis dan empati yang besar. Atau Anda mengalami kesulitan dalam mengatur organisasi? Tenang saja, kurangnya struktur justru akan mengarahkan Anda pada kreativitas yang lebih besar. Perspektif yang tepat akan mengubah kelemahan Anda menjadi kelebihan.

6. Memerhatikan gairah hidup Anda



Apa hal yang membuat Anda antusias? Temukan gairah hidup Anda. Sungguh rugi jika Anda melalui hidup hanya dengan melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai.

Kapan terakhir kali Anda merasa sangat bersemangat untuk melakukan sesuatu? Apakah Anda memiliki mimpi yang rencananya akan diwujudkan "suatu hari nanti"? Coba lakukan hal-hal yang Anda sukai. Ambil satu langkah lebih dekat pada mimpi Anda. Tak perlu lama menunggu. Lakukan sekarang juga hal-hal yang ingin Anda lakukan.

Scroll To Top