22 Jalan Terdahsyat di Dunia

Setiap negara pasti memiliki jalan untuk menghubungkan area satu dengan lainnya. Disini, kita tidak akan membahas jalan tol biasa yang sangat membosankan, melainkan sebuah jalan yang melintasi pemandangan-pemandangan memukau di sepanjang jalan. Wah, apa saja ya jalan-jalan tersebut? Cekidot!!

1. Highway 1, Big Sur


Jalan tol yang satu ini sangat terkenal karena melewati beberapa garis pantai di California, Amerika Serikat. Jalan tol tersebut dibangun pada bagian tebing-tebing dari Big Sur. Tidak hanya itu saja, setelah melewati tebing serta garis pantai, kamu akan melewati hutan yang terdiri dari kayu bewarna merah di perbukitan sungai Big Sur. 

2. Furka Pass


Berlokasi di Switzerland, jalanan ini terletak di ketinggian 2429meter dari permukaan laut. Jalan tersebut merupakan sebuah jalan yang menghubungkan pegunungan Swiss Alpenia serta Gletsch, Valais dan juga Realp. Furka Pass ini pernah ditayangkan pada film James Bond yang berjudul Goldfinger. Bagi kamu yang nge-fans dengan James Bond pasti mengetahuinya!

3. The Atlantic Road


Jalanan ini dibuat untuk menghubungkan beberapa pulau-pulau kecil. Berlokasi di Norway, jembatan ini patut dikagumi karena teknik pembangunannya yang begitu mengagumkan serta bentuknya yang memang indah.

4.White Rim Road, Canyonlands National Park


Berlokasi di perbukitan Canyon di Utah, kamu akan dihibur dengan pemandangan yang sangat wow sekali disekitarnya. Namun, untuk melewati jalanan ini kamu diwajibkan memiliki mobil cukup kuat untuk melewati medan yang penuh pasir serta cuaca yang seringkali tidak mendukung.

5. Tianmen Mountain Road, Hunan


Jalanan yang memiliki panjang 11 kilometer ini memiliki total 99 belokan yang akan menuntunmu ke arah puncak bukit dan akan membawamu menuju goa Tianmen, sebuah lubang alami yang dihasilkan dari gunung tersebut.

6. Seven Mile Bridge


Ini adalah sebuah jembatan yang sangat terkenal di Florida Keys, Amerika Serikat. Jembatan tersebut menghubungkan Knight’s Key dengan Little Duck Key pada bagian area Keys dibawah. Jembatan tersebut juga dapat dikatakan sebagai sebuah jalan tol diatas laut.

7. Chapman’s Peak Drive, Cape Town


Ternyata, Afrika Selatan juga memiliki jalan yang begitu mengagumkan dengan 114 lekukan dengan panjang jalan 9 kilometer. Lokasinya pun tak kalah keren, yaitu tepat didepan garis pantai di atas perbukitan Chapman’s Peak. Pada saat berkendara melintasi jalan, kamu bisa berhenti sejenak untuk turun dari kendaraan dan mengabadikan pemandangan yang menawan. 

8. Stelvio Pass, Eastern Alps


Pada ketinggian 9,045 kaki, jalan di pegunungan ini merupakan yang paling tinggi di dunia dan melewati bagian Timur pegunungan Alpenio. Jalan tersebut juga dinobatkan sebagai “Jalanan paling hebat diseluruh dunia” oleh British Automotive.

9. Col de Turini


Masih berlokasi di gunung Alpenia, Col de Truini sangat terkenal dengan Monte Carlo Rally yang diadakan pada jalan yang penuh dengan belokan curam tersebut. Jalan mengagumkan ini juga telah diperkenalkan sebanyak 3x di Tour de France

10. Guoliang Tunnel Road


Ini adalah jalanan menakjubkan kedua dari negara China. Dibangun di bagian tepi perbukitan serta memasuki lorong-lorong bukit, jalan ini terletak di pegunungan Taihang. Kamu pasti terheran-heran bagaimana cara untuk membangun sebuah jalan yang dapat menembus area perbukitan seperti ini.

11. Denali Highway


Jalanan ini merupakan jalan pertama untuk membuka akses ke Denali National Park. Secara total, jalan bebas hambatan tersebut memiliki panjang 217 kilometer.

12. Karakoram Highway


Fungsi dari jalan tersebut adalah untuk menghubungkan negara China denngan Pakistan. Pembangunan jalan yang sangat sulit karena terletak di area bukit tersebut membuat jalanan ini sering dikatakan sebagai keajaiban dunia yang kedelapan.

13. Great Ocean Road


Jalanan ini melintasi kota Torquay serta Warrnambool di daerah Victoria. Berlokasi di dekat garis pantai, kamu bisa menghirup udara sejuk selama di kendaraan  dan melihat berbagai pemandangan indah selama melintasi jembatan tersebut.

14. Sani Pass, KwaZulu-Natal


Lagi-lagi terdapat jembatan di Afrika Selatan yang berhasil masuk nominasi. Kendaraan yang melintas dijalan tersebut wajib kendaraan beroda empat. Dengan panjang jalan 9 kilometer, kamu harus seseorang yang benar-benar pintar dalam mengemudi untuk melewati lintasan jaaln tersebut. Pasalnya, kondisi udara yang tidak baik sering menjadi kendala ketika melintasi jalan tersebut, sehingga bisa membahayakan keselamatan diri kita pribadi.

15. Ruta 40


Jalanan ini adalah jalan terpanjang di kota Argentina serta merupakan salah satu jalan terbesar diseluruh dunia. Jalan tersebut terbentang luas sepanjang 5,000 kilometer dan melintasi 20 taman nasional, 18 sungai utama, serta berada diketinggian 5,000 meter diatas permukaan laut di kota Abra del Acay, Salta.

16. Going to the Sun Road, Glacier National Park


Memiliki 2 cabang jalanan yang diaspal, jalan tersebut melewati hampir setiap daerah didalam taman. Kamu bisa berhenti di beberapa spot serta mengambil gambar dengan pemandangan unik yang berbeda-beda. 

17. Dades Gorges, High Atlas


Terbentuk sejak berabad-abad yang lalu secara alami karena gerusan dari sungai Dades, tempat ini sekarang sangat populer untuk wisatawan yang mengunjungi wilayah Marroco. 

18. U.S. Route 550 “The Million Dollar Highway”


Berlokasi di Colorado, jalanan ini memiliki begitu banyak rintangan seperti tebing-tebing curam, jalanan sempit, dan jurang disekitarnya.

19. Trollstigen, Rauma


Dikenal sebagai jalan yang begitu sempit dengan banyak lekukan tajam menghiasi jalan, sejak tahun 2005 sampai 2012 akhirnya para arsitek melebarkan lekukan yang terlalu sempit tersebut. Bagi kamu yang memiliki kendaraan dengan panjang lebih dari 12.4 meter disarankan untuk tidak melintasi area ini, karena terlalu berbahaya. Ketika sampai pada meter ke 700, kamu bisa menepi sejenak dan melihat pemandangan airterjun Stigfossen yang terkenal

20. The Amalfi Coast


Lokasi ini dianggap sebagai sebuah tempat dengan pemandangan garis pantai sangat indah di Italia. Disini kamu bisa menyaksikan taman, warna air yang bergradasi unik, dan juga pegunungan hijau.

21. Transfăgărășan


Nah, pasti bingung kan cara membacanya? Hahahaha. Terletak di Romania, jalanan ini berliku diantara puncak tertinggi yaitu Moldoveanu serta puncak kedua, Negoiu. Tidak hanya itu saja, jalan tersebut menghubungkan Transylvania serta Wallachia, serta kota Sibiu dan pitesti.

22. Yungas Road 


Jalanan yang terakhir dikenal paling berbahaya di dunia ini. Konon, setiap tahun terdapat total 200 - 300 wisatawan yang tewas di kawasan tersebut. Terletak di Bolivia, jalan ini memang sangat sempit, tidak terdapat petunjuk jalan, dan jalanannya pun memang tidak aman. Disisi lain, pemandangan yang ditawarkan sepanjang perjalanan memang sangat indah dan memukau.

[Megan Faustine]


Scroll To Top