13 SMA Paling Berprestasi di Indonesia versi Pizna

Siapa bilang anak SMA sekarang identik dengan hal-hal negatif? Masih banyak kok remaja berseragam putih abu-abu yang mampu mencetak prestasi membanggakan di tingkat nasional, bahkan internasional.

Nah, SMA-SMA mana aja sih yang sering melahirkan siswa-siswa berprestasi? Inilah topik yang kali ini akan dibahas dalam artikel Pizna berikut ini. Kira-kira, SMA-mu masuk ke dalam daftar ini nggak ya?


SMAN 3 Bandung


Kota Kembang ini memiliki satu sekolah terbaik di Indonesia, yaitu SMAN 3 Bandung. Trus, saking banyaknya anak SMA 3 Bandung yang kuliah di ITB sampai ada jokes yang bilang kalo anak SMA 3 Bandung tuh cuma “pindah kelas” aja di ITB . Gimana enggak jadi pinter, SMA ini kan berada di Bandung yang memiliki cuaca adem maka gak heran kalo sekolah di sini jadi nyaman buat belajar.

Uniknya, gedung sekolah ini merupakan gedung tua yang dibangun pada zaman pemerintahan Hindia Belanda (tahun 1916), dirancang oleh arsitek Charles Prosper Wolff Schoemaker. Dulu nya sih, bangunan ini berfungsi sebagai gedung Hoogere Burgerschool (HBS) yaitu sekolah menengah untuk bangsa Belanda dan kalangan ningrat Indonesia (sekolah setaraf gabungan SMP (MULO) dan SMA (AMS) dengan masa studi 5 tahun). Tapi kalo sekarang mah, ga cuma golongan ningrat aja yang boleh sekolah disana ya.

Berdiri sejak tahun 1953 SMA Negeri 3 Bandung dikenal dengan sebutan SMA Belitung karena berlokasi di jalan Belitung No. 8 Bandung. Sekolah ini merupakan SMA Negeri unggulan pertama di Bandung.


SMA N 8 Jakarta


Siapa sih anak Jakarta yang gak tahu sekolah ini? Sudah pastilah yaa anak SMA 8 Jakarta emang dikenal gaul dan pinter, rata-rata lulusannya aja kuliah kalo gak di UI ya ITB. Prestasi anak-anak 8 pun banyak banget. Tahu Nicholas Saputra dan Indra Herlambang enggak? Mereka lulusan sini lho.

SMAN 8 Jakarta beralamat di Jalan Taman Bukitduri Tebet Jakarta Selatan. SMA ini dikenal juga dengan nama SMANDEL, adalah salah satu dari SMA Negeri di DKI Jakarta yang berpredikat sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Tau enggak, dua tahun berturut-turut, yaitu dari tahun 2005 sampai 2006 SMA ini meraih predikat sebagai SMA dengan Peringkat UAN terbaik SMA Negeri se-Jakarta. Awesome!



SMA Taruna Nusantara


Kalo anak-anak bilangnya Tarnus atau TN. Sekolah ini terkenal banget sama disiplinnya yang tinggi, bahkan katanya semi-militer gitu karena sekolah ini termasuk yang pertama kali pakai sistem asrama. Nggak cuma itu, untuk masuk ke SMA ini juga sulit banget. Seleksinya ketat dan menyeluruh.

Salah satu lulusan dari sini itu Agus Harimuti Yudhoyono alias anaknya Pak SBY.

Prestasi Internasional yang pernah mereka dapat tuh antara lain medali emas Olimpiade Fisika di Mongolia oleh Ahmad Andhiki.


Man Insan Cendekia


Ga cuma SMA aja yang bagus ya. Salah satu MAN ini bahkan tercatat sebagai salah satu sekolah unggulan di Indonesia.

Trus, apa dong  bedanya MAN dengan SMA?

Sekolah MAN alias Madrasah Aliyah Negeri itu setara dengan SMA hanya aja sekolahnya berbasis Madrasah. Iya, ujian nasional dan materi yang dipelajarin juga sama kok . Hanya saja, nilai-nilai agama akan lebih diperdalam lagi kalau sekolah di sini.

Sekolah yang berdiri di atas lahan hampir enam hektare itu tidak hanya fokus membuat anak kaya akan ilmu. Lebih dari itu, Insan Cendekia juga menanamkan akhlak mulia dan nilai keagamaan.

Dan gak cuma di Tangerang, MAN Insan Cendekia juga ada di Gorontalo. Tahu gak siapa yang buat MAN ini? Pendirinya adalah Prof. Dr. -Ing. B. J. Habibie.

Siswa dari MAN Insan Cendekia juga pernah mewakili Indonesia  dalam acara International Model United Nations 2013. Siswa itu adalah Gilang Al Ghifari Lukman.

Dalam acara yang diadakan Institut Hubungan Internasional Moskow (MGIMO) itu, Gilang berhasil menyabet penghargaan sebagai peserta terbaik di 2nd Committee General Assembly.

MAN Insan Cendekia Tangerang beralamat di Jalan Cendekia BSD Sektor XI Tangerang Selatan.


SMA N 3 Semarang


Ini adalah salah satu sekolah yang jadi pelopor sekolah taraf Internasional di Indonesia, gak heran Depdiknas pernah jadiin sekolah ini sebagai sekolah terbaik di Indonesia.

Dan sekolah ini pun dah lama ada sejak tahun 1877, lebih tua dari SMAN 3 Bandung yaa..

SMA ini ga kalah men dengan SMA-SMA yang lain. Ga tanggung-tanggung, beberapa kompetisi tingkat internasional berhasil mereka takhlukkan.

Pada kompetisi International Science Project Olympiad (ISPRO) 2013 yang berlangsung di Jakarta, Alice Fajri dan Primananda Rahmalida berhasil menyabet Mendali Emas.

Tak mau kalah, Muhammad Muchlas dan Fadhil Imam K juga menjuarai Kejuaraan International Informatics Project Competition (Infomatrix) 2013 di Rumania, kali ini juga berhasil menggondol Mendali Emas.

Selain itu, ada Taufiq dan  Naufa, siswa SMA N 3 Semarang delegasi dari Indonesia yang berlaga di  Kejuaraan ICT Olimpiad E-Biko 2013 di Turki. Mereka mendapatkan Mendali Perak.

Beberapa alumni dari SMA N 3 Semarang juga melegenda loh. Contohnya seperti Sri Mulyani yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Wow, wanita yang pernah dianugerahi sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006  oleh Emerging Markets ini pernah sekolah di SMA N 3 Semarang.

Selain itu, kalo kamu rajin mengikuti acara wisata kuliner di televisi, pasti ga asing dengan Pak Bondan Winarno. Iya, beliau adalah alumnus dari SMA N 3 Semarang juga.

Pengen sekolah disini? Gampang, tinggal ikutin prosedur penerimaan siswa baru nya di Jalan Pemuda 149 Semarang ya.


 SMA N 1 Teladan


Resminya sih namanya SMAN 1 Yogyakarta, cuma orang-orang Jogja sana sering nyebutnya SMA 1 Teladan.. dah pasti karena murid-muridnya teladan semua. Gak beda jauh sama SMAN 3 Bandung, sekolah ini sudah ada pertama kali dibuat tahun 1957 dan  sudah ada lebih lama sejak jaman masa penjajahan Belanda.

Flash back nih, SMA Negeri 1 Yogyakarta enggak muncul begitu saja. Dulu, nama SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA A Yogyakarta. Di jaman Belanda, nama SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah Algemeene Middelbare School afdeeling A.

SMA Negeri 1 Yogyakarta sudah berdiri selama rentang tiga zaman, antara masa penjajahan, revolusi fisik, dan era kemerdekaan. Intinya mah, udah mengalami asam garam kehidupan tuh hhe

Di SMA Negeri 1 Yogyakarta, ada 3 macam program pembelajaran, yaitu Program Reguler, Program Akselerasi, dan Cambridge International Class.

Program reguler memiliki 9 kelas yang terdiri dari 8 kelas  IPA dan 1 kelas IPS. Mulai tahun 2013 penjurusan dilakukan pada kelas 10. Prosedur pendaftaran menggunakan sistem online (RTO) dengan NEM sebagai acuan.

Trus,  buat kamu yang ngerasa udah jago banget trus mau cepet-cepet jadi mahasiswa, kamu bisa akses Program Akselerasi.

Program akselerasi merupakan program percepatan, jadi jenjang SMA yang biasanya 3 tahun, bisa ditempuh dalam waktu 2 tahun belajar.
1 tahun ajaran program akselerasi cuma 8 bulan, jadi per semesternya Cuma 4 bulan. Irit waktu irit biaya kan?

Gimana caranya tuh ikutan program akselerasi di SMA N 1 Teladan?

Pertama, kamu harus diterima dahulu di SMA Negeri 1 Yogyakarta melalui RTO, kemudian mengajukan pendaftaran akselerasi. Tes penerimaan program akselerasi meliputi tes akademik, psikotes, wawancara. Siswa yang diterima merupakan siswa dengan IQ very superior diatas 130. Berapapun siswa yang lolos seleksi akan dilayani, meskipun yang lolos hanya 2 orang, gitu.

Selain itu, yang lebih keren, SMA N 1 Yogyakarta punya Cambridge International Class juga.

Program ini ditujukan bagi siswa yang akan mengambil ujian internasional; Cambridge International Examination (CIE). Sebagai Cambridge Center, SMA N 1 Yogyakarta memfasilitasi siswa agar mendapatkan bimbingan lebih. CIE dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun ajaran. Keren ya?

Soal prestasi? Jangan tanya deh. SMA N 1 Yogyakarta kan emang basecamp-nya anak-anak berprestasi. Baru-baru ini, SMA Negeri 1 Yogyakarta menjadi juara umum di ajang Toyota Eco Youth tahun 2014 atas nama Reza dan Mariza Salsabila yang diselenggarakan di Jakarta tanggal 30 April 2014.

Di bidang penelitian, Amelia Nugrahaningrum dan Krisnanto Wibowo memperoleh Medali Emas  dalam kompetisi Ispro 2013 di Jakarta.

Selain itu, dalam OSN tahun 2012 di Jakarta SMAN 1 Yogyakarta berhasil meraih dua medali emas bidang Kebumian atas nama Aditya Hirawan dan Adnan Hendrawan,  satu medali perak bidang Ekonomi atas nama Karunia Damayanti, dua medali perunggu bidang Matematika atas nama Galih Pradipta W dan bidang Kimia atas nama Wibisono Sulistyo.


SMAN 4 Denpasar


Bukan cuma pulaunya yang indah buat liburan, SMAN 4 Denpasar ini pun jadi salah satu sekolah terbaik se-Indonesia.

Sistem pembelajaran di SMAN 4 Denpasar ini agak ketat memang, wajar kan kalau alumnus nya banyak yang bertaburan di beberapa universitas favorit dalam negeri.

Jadi, kegiatan belajar mengajar di SMA N 4 Denpasar diadakan dari hari Senin hingga Sabtu. Dari hari Senin hingga Rabu, diadakan pemantapan sore (Pemsor) yang dilaksanakan dari pukul 15.00 hingga pukul 18.00. Wih, sore banget ya.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler dan klub diadakan pada hari Kamis hingga Sabtu.

Menyandang label Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), SMAN 4 Denpasar terus berupaya untuk mencapai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hasilnya, sekolah di bawah kepemimpinan Drs. Wayan Rika, M.Pd. ini setiap saat menghasilkan siswa-siswa berprestasi.

Di kancah nasional, siswa-siswi SMAN 4 Denpasar mampu menorehkan juara I dalam Kontes Inovator Muda 5 yang digelar Coremap LIPI, 6 November 2010 lalu. Di tingkat Provinsi Bali, siswa-siswi Foursma juga berjaya. Dalam Kompetisi Matematika tingkat SMA yang digelar Jurusan Matematika Universitas Udayana, 5 November 2010 meraih juara I dan II.

Demikian juga dalam ajang UMC Universitas Mahasaraswati Mathematic Competition pada 24 Oktober 2010 , siswa-siswi SMAN 4 juga meraih juara I, II dan III. Dalam lomba monolog dan kording serangkaian bulan bahasa yang digelar Disdikpora Kota Denpasar, siswa SMAN 4 Denpasar di bawah binaan Ida Ayu Nyoman Swamini, M.Pd. dan pembina Ekskul Jurnalistik Nyoman Suarta mampu meraih juara I (monolog) dan juara III kording.

Dan, ga cuma itu, tahun 2013 adalah tahun prestasi bagi SMAN 4 Denpasar  juga loh.

Dari 10 besar peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi tingkat nasional, lima predikat itu jatuh ke tangan SMAN 4 Denpasar. Mereka yang berprestasi adalah Ni Kadek Vani Apriyanti di peringkat 1, Made Hyang Wikananda di peringkat 4, Luh Putu Lindayani di  peringkat 5, Putu Siska Apriliyani di peringkat 8 dan Putu Indri Widiani di peringkat 10. Tak hanya itu, nilai rata-rata sekolah ini tercatat nomor satu di Bali dan nomor dua untuk tingkat nasional. Keren banget kan?

Kamu bisa menemukan SMAN 4 Denpasar di  Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar.


SMAN 3 Yogyakarta


Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Yogyakarta yang oleh banyak kalangan lebih dikenal dengan nama PADMANABA atau SMA 3 B, merupakan sekolah menengah tertua di Yogyakarta.

SMA Negeri 3 Yogyakarta ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda loh. Bahkan, sekolah ini telah ada sejak tahun 1918, karena sebuah dokumen menunjukkan bahwa pada tanggal 5 Juli 1938, sekolah ini merayakan ulang tahunnya yang ke-20.

 Sampai dengan pecahnya Perang Dunia II (Desember 1941), sekolah ini dikenal dengan nama AMS (Algemeene Middelbare School) afdeling B. Saat itu, sekolah ini hanya diisi oleh mereka dari golongan elite pribumi. Percaya deh kalau udah tua banget.

Di usianya yang ga muda ini, banyak sekali torehan prestasi yang telah diukir oleh SMA ini. Salah satunya dalam Asian Physics Olympiad (APhO) 2010 di Taiwan, Indonesia berhasil meraih Medali Emas Bidang Fisika atas nama Ahmad Ataka Awalur Rizqi. Selain itu, SMA N 3 Yogyakarta juga mendapatkan medali perak Bidang Komputer atas nama Mirza Widihananta dan Medali Perunggu Bidang Astronomi atas nama Mirna Jatiningrum dalam Olimpiade Sains Nasional 2009.


SMA N 5 SURABAYA


Ini nih sekolahnya arek-arek Surabaya. Yup, siapa lagi kalau bukan SMA N 5 Surabaya, yang juga dikenal dengan nama Smalabaya.
SMA Negeri 5 Surabaya menjadi salah satu Sekolah Adiwiyata juga lho di Surabaya.
Sekolah ini berlokasi di pusat kota Surabaya, tepatnya Jalan Kusumabangsa no. 21


SMAN 3 Malang


SMA Negeri 3 Malang atau lebih dikenal dengan nama SMANTI atau BHAWIKARSU adalah salah satu SMA unggulan yang terletak di Jl. Sultan Agung Utara no. 7, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Sama dengan SMA unggulan lainnya, SMA N 3 Malang juga memiliki Program Kelas Akselerasi. Program ini sudah berjalan sejak lama, sudah sejak tahun 2002.

Program ini dimaksudkan untuk percepatan belajar khusus yang merupakan layanan pendidikan bagi siswa yang memiliki bakat istimewa dan kecerdasan luar biasa.

Trus, kurikulumnya gimana dong kalo program akselerasi?
Nah, kurikulum yang digunakan dalam program percepatan ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang juga mengacu pada kurikulum adaptasi Cambridge, dengan masa belajar 2 tahun.
Selain itu, SMAN 3 Malang juga telah ditetapkan sebagai salah satu Center of Cambridge International Examintation (COCIE) di Indoneisa mulai tahun 2005 sehingga dapat menyelenggarakan ujian bertaraf Internasional Cambridge International Examination (CIE). Secara garis besar, ujian ini dibagi menjadi dua, yaitu:

1. LEVEL IGCSE (International General Certificate on Secondary Education) atau setara dengan O-Level (setingkat kelas IX s.d. kelas XI)
2. ADVANCED LEVEL (A-Level) (setingkat kelas XI s.d. Kelas XII)

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Internasional (sertifikasi) yang diadakan oleh University of Cambridge International Examination, SMAN 3 Malang menyelenggarakan program Success for Cambridge (SFC) yang dirancang dalam bentuk pemberian pendalaman materi kepada siswa dengan berbasis penelitian (research based learning). Mata pelajaran yang wajib menjadi perhatian siswa SMA 3 Malang adalah ESL (English as a Second Language), Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan TIK.

SMA kebanggaan kota apel ini juga harum akan prestasi lho. Beberapa waktu yang lalu, Nanda Adi Kurniawan dan Izzah Wahidiah Ruhmah meraih satu medali emas dan satu medali perunggu dalam OSN KEBUMIAN. Selain itu, Moh. Miftahul Fahmi dan Hikari Arif Iman juga meraih medali emas dan penghargaan The Best Theory  serta medali perak dalam OSN bidang Astronomi.


SMA Kristen 1 Penabur Jakarta 


Ini nih, SMA swasta ga mau kalah dong. Ini menandakan kalo ga cuma SMA Negeri aja yang patut dibanggakan. Fyi nih, SMAK 1 dianggap sebagai salah satu sekolah menengah atas yang paling bergengsi di Indonesia.

 SMAK 1 adalah satu dari sekitar 62 sekolah di Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang dikelola oleh Yayasan BPK PENABUR.

Sekolah ini menempatkan penekanan yang kuat pada sains dan matematika, seperti dapat dilihat dari kurikulum yang ketat yang menggabungkan kedua standar sekolah menengah atas dan pelajaran-pelajaran tingkat lanjut. SMAK 1 sangat dihormati dalam kancah pendidikan lokal maupun internasional atas prestasi siswa-siswinya dalam kompetisi-kompetisi, baik tingkat nasional (misal Olimpiade Sains Nasional) dan tingkat internasional.

SMA ini beralamat di   di Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 4, Jakarta Barat


SMA Labschool Jakarta 


SMA keren ini merupakan sekolah menengah atas swasta yang berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur.

Kok, namanya unik ya? Iya, karena dulu sekolah ini didirikan dengan maksud sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan gitu.

Trus, mulai tahun pelajaran 2003-2004, SMA ini membuka program sertifikasi internasional melalui kerjasama dengan Centre for International Education of Universitas Al Azhar Indonesia (CIE of UAI) sebagai centre international examination dari Cambridge University. Program yang ditawarkan adalah Program Sertifikasi Internasional dan Penilaian Pendidikan A/AS Level yang merupakan kombinasi dari program A Level dan program AS Level.

Nah, program A Level ini sudah mendapatkan pengakuan akademik dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Inggris, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Keren banget kan? SMA ini juga SMA nya sutradara dan aktor kebanggan Indonesia lho, siapa lagi kalo bukan Garin Nugroho dan Herjunot Ali. 


SMA Kolese Kanisius Jakarta



 SMA ini adalah lembaga pendidikan bernapaskan iman Katolik yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1927 oleh seorang rohaniwan Yesuit, Pater Dr. J. Kurris SJ, sebagai direktur Kolese Kanisius yang pertama. 

Sampai saat ini, SMA Kanisius Jakarta dikenal sebagai lembaga pendidikan khusus laki-laki. Yang cewek ga boleh masuk sini yaa.

Nama Kanisius diambil dari santo pelindung sekolah, SantoPetrus Kanisius.  Sekolah yang memiliki semangat dasar 3C: Competence, Compassion, dan Conscience ini dikenal sebagai salah satu sekolah yang memiliki larangan ketat dalam menyontek. 

Selain itu, sekolah ini juga meraih nilai UN tertinggi lho di Ujian Nasional 2012 silam.


Itu  tadi 13 SMA unggulan di Indonesia versi PIZNA. Kalo kamu punya referensi mengenai SMA unggulan atau SMA yang punya banyak prestasi lainnya bisa tinggalin comment di bawah ya. Nanti, akan kami update deh. Mari kita angkat citra positif anak-anak SMA Indonesia, bukan hanya citra negatif-nya saja :)

=======================================================================
Kamu berminat masuk UGM atau UI? Ingin kesempatan masuk ke kedua universitas tersebut meningkat RATUSAN kali lipat?

Kami memiliki 3 produk revolusioner:

Jurus Ampuh Masuk (JAMU) UGM
Jurus Ampuh Masuk (JAMU) UI
Kitab Hitam Kuliah di Jogja




Apa isinya?

Jurus Ampuh Masuk UGM (JAMU UGM)


Adalah ebook yang berisi tentang tips-tips AMPUH masuk UGM. Total berisi ratusanhalaman, ebook ini juga dilengkapi oleh  wawancara para pelajar yang berhasil menembus ujian masuk UGM. Mereka akan memberi rahasia trik-trik sakti untuk lulus ujian masuk UGM. Trik-trik rahasianya sangat eksklusif, belum ada di mana pun.


Jurus Ampuh Masuk UI (JAMU UI) 


Adalah ebook yang berisi tentang panduan komplit masuk UI. Sama seperti JAMU UGM, dalam JAMU UI juga diulas tentang cara-cara AMPUH masuk UI, langsung dari narasumbernya. Ada RATUSAN mahasiswa UI yang diinterview dalam pembuatan ebook ini. Dilengkapi juga dengan video yang berisi tips-tips dan trik rahasia masuk UI yang sangat EKSKLUSIF.

Kitab Hitam Kuliah di Jogja



Mengupas tentang rahasia cara masuk kuliah di 20 universitas di Yogyakarta. Tidak hanya itu, ada juga panduan-panduan lengkap dan eksklusif buat kamu yang berminat kuliah di Jogja. Mulai dari cara cari kos yang aman, cara bergaul dengan masyarakat Jogja, cara mencari tempat makan yang hemat dan murah; serta masih banyak panduan lainnya. Wajib dibaca buat kamu yang mau lanjut kuliah ke Jogja.

BONUS: 


Kumpulan soal-soal masuk SBMPTN, Psikotes, beserta pembahasannya. Lengkap senilai 200 ribu rupiah!

Baca buku ini, peluangmu masuk UGM/UI akan meningkat RATUSAN kali lipat. Dijamin!


Berapa harganya?

Harga masing-masing ebook adalah 97 ribu. Namun, khusus untuk memperingati ulang tahun Inspira di bulan Oktober, kami memberikan diskon khusus hanya untuk 1.000 pembeli pertama.

Ya, masing-masing ebook bisa kamu dapatkan dengan harga 25 ribu rupiah!

Jamu UGM: 25 ribu
Jamu UI: 25 ribu
Kitab Hitam Kuliah di Jogja: 25 ribu

Ada lagi, kalau kamu membeli ketiga buku tersebut, kami akan memberikan diskon spesial. Paket JAMU UGM+JAMU UI+KITAB HITAM KULIAH DI JOGJA bisa kamu dapatkan hanya dengan harga 50 RIBU RUPIAH.

Paket Lengkap JAMU UGM + JAMU UI + KITAB HITAM KULIAH DI JOGJA
50 ribu

Tidak punya rekening bank? Jangan khawatir, ebook ini bisa kamu bayar dengan cara transfer pulsa

Buruan beli, diskon spesial ini hanya tersedia untuk 1000 orang pertama.


KENAPA LAGI HARUS BELI SEKARANG?


Karena saat ini kami mengadakan promo "September Ceria". Beli produk Inspira Book setiap minggunya (Periode 15 Sept '15 - 15 Januari '16) kamu akan mendapatkan :
  • Kesempatan mengikuti undian 1 Paket Liburan Singapore (diundi setiap minggu)
  • Kesempatan mengikuti undian 1 Paspor setiap harinya
  • Kesempatan memenangkan undian Coaching Clinic senilai 1,6 juta
  • 20 DVD JKLN Seri Exotic Countries
Banyak yang sudah memenangkan hadiah di periode pertama. Kali ini, giliranmu!



Segera dapatkan, jangan sampai sainganmu merebut peluang ini!

Klik tombol berikut untuk melakukan pembelian:



SMS/WA: 0819-0370-0573

LINE: @inspirabook


official.inspirabook@gmail.com · www.kuliahabroad.com

Jl. Langenarjan Lor No. 12 Yogyakarta

Telp: 0274-411862

Scroll To Top