13 Mitos Konyol yang Kita Lakukan Waktu Masih Kecil

Waktu kecil dulu, ada banyak mitos yang sering kita lakukan karena kita mempercayainya. Jika dipikir-pikir, mitos-mitos tersebut ternyata sangat konyol dan tidak masuk akal. Bisa jadi semua hal tersebut cuma diciptakan dari generasi ke generasi agar anak-anak mau menurut pada orang tua.

Nah, mitos konyol apa sajakah yang kita lakukan waktu masih kecil? Yuk simak daftarnya di Pizna! Kamu bisa menambahkan mitos-mitos lain di daerah asalmu melalui komen. :D


1. Kalau nyapu nggak bersih, suami/ istrinya brewokan

Nyapumu ga bersih? Siap-siap jadi istirku.

Saat kita menyapu dulu, ortu pasti sering mengingatkan kita bisa dapat suami/istri brewokan kalau lantainya masih kotor. Padahal debu dan brewok nggak ada hubungannya kan?


2. Kalau nunjuk kuburan, harus nggigit jari



Menunjuk-nunjuk sesuatu memang tidak pantas dilakukan anak-anak. Apalagi menunjuk kuburan. Oleh karena itu, biasanya anak kecil disuruh gigit jari kalau nunjuk kuburan. Mungkin maksudnya biar kapok dan nggak nunjuk-nunjuk lagi.


3. Kalau ada pesawat lewat, minta duit

"Pak Pilot! Minta uangnyaaa!"

Ini mitos yang sering dilakukan anak kecil bersama teman-teman mainnya. Tak heran jika ada pesawat lewat, banyak anak yang suka heboh teriak-teriak minta duit. Mungkin dikiranya mau ada hujan duit!


4. Kalau di dalam rumah, jangan buka payung


Waktu kecil dulu, kalau kita membuka payung untuk main-main dalam rumah pasti akan kena marah ortu. Alasannya kita bisa cepat meninggal kalau melakukan hal ini. Aneh kan?

5. Nggak boleh pura-pura nangis, nanti ibunya meninggal


Pura-pura menangis bak bintang sinetron cukup menyenangkan buat anak kecil yang galau. Namun kita pasti ditegur saat melakukan hal ini karena orang bilang ibu kita bisa cepat meninggal kalau pura-pura nangis. Seram juga ya!

6. Nggak boleh buang nasi, soalnya di tiap butir nasi ada perinya


Ini dia mitos yang sering didengar waktu kita makan dulu. Ortu biasa mengingatkan kalau di tiap butir nasi ada peri di dalamnya. Mereka bisa menangis kalau makanan kita tidak habis. Mungkin maksud mitos ini agar kita nggak buang-buang makanan ya...

7. Nggak boleh duduk di depan pintu, nanti dilangkahin setan dan seret jodoh


Duduk di depan pintu merupakan aktivitas terlarang bagi anak-anak dan remaja. Menurut banyak orang, aktivitas ini bisa membuat setan berlalu-lalang di depan pintu dan membuat kita seret jodoh. Buat para jones, jangan-jangan dulu kalian sering duduk depan pintu ya? :p

8. Nggak boleh duduk di atas bantal, nanti bisulan


Bantal untuk kepala tentu tidak sopan untuk diduduki. Oleh karena itu, ada mitos yang memperingatkan kalau duduk di atas bantal bisa membuat bisulan. Apa kamu pernah mencobanya?


9. Nggak boleh bersiul malam-malam, nanti setan datang


Waktu mulai bisa bersiul saat kecil dulu, pasti ortu memperingatkan kita untuk tidak bersiul malam-malam. Alasannya karena setan-setan bisa terpanggil untuk datang karena siulan kita. Coba deh praktekkan di malam Jumat Kliwon. Siapa tahun Suzanna datang!


10. Kalau gigi bawah copot, buang ke genteng


Gigi bawah yang putus harus dibuang ke genteng, sementara gigi atas yang putus harus dibuang ke tanah. Itulah mitos yang dipercaya anak-anak saat gigi susu mereka mulai copot. Konon cara ini bisa membuat gigi baru cepat tumbuh.


11. Kalau foto bertiga, orang yang di tengah meninggal duluan


Mitos foto bertiga masih dipercaya banyak orang hingga saat ini. Banyak yang bilang kalau orang yang berada di tengah saat foto bertiga pasti akan meninggal duluan. Cara ini bisa kamu coba pada musuhmu (bercanda loh...).


12. Jangan main waktu hujan panas, nanti diculik wewe gombel


Hujan panas adalah saat hujan turun di waktu cuaca panas dan matahari terang benderang. Saat hujan panas sedang turun, biasanya anak kecil dilarang bermain di luar rumah karena mereka bisa diculik wewe gombel.


13. Jangan mukul-mukul benda/bikin berisik dalam rumah, nanti hutang ortu makin banyak


Memukul-mukul benda atau dalam bahasa Jawa disebut klothekan adalah hal yang tabu bagi anak kecil untuk dilakukan di dalam rumah. Biasanya ortu akan marah karena hal ini konon bisa menambah hutang mereka. Mungkin mereka sebal kalau kita bising ya?

Manakah mitos yang pernah kamu lakukan?

Scroll To Top